Faizah & Topi Favoritnya

Rabu, Februari 28, 2018

Aah... Gak terasa si bungsuku, Faizah, udah makin gede aja. Sekarang usianya udah 3 tahun 7 bulan. Segala tingkah lakunya sebagian besar sudah saya ceritakan lewat blog ini.

Alhamdulillah sejak kecil Faizah selalu sehat. Kalo pun sakit, yaa... Paling juga flu atau batuk dan sesekali demam. Mungkin itu karena faktor ASI yang selalu jadi nutrisi sehatnya yang dikonsumsi sampai 3 tahun. Jadi ya emang baru beberapa bulan ini Faizah berhenti ASI.

Baca juga : Faizah 3 Tahun

Selain itu, biar dia gak gampang terserang penyakit, saya sih gak terlalu membatasi gak boleh begini atau begitu, harus ini dan itu, seperti gak boleh minum air dingin, gak boleh jajan, atau harus makan nasi, minumnya harus air mineral, ya gak juga sih... Anak-anak yang terlalu banyak dilarang dan diatur, ketika besarnya nanti akan jadi anak yang lemah dan gak siap menghadapi perubahan.

Gak cuma itu sebenarnya. Sebelum usia Faizah 1 tahun, terutama waktu kepalanya masih gundul, setiap kali keluar rumah, saya selalu memakaikan dia topi. Bukan apanya, agak geli juga lihat ubun-ubunnya yang berkedut-kedut itu. Kata orang tua dulu, kalo ubun-ubun masih berkedut, bayi rentan masuk angin. Nah, dari pada beresiko mending mengantisipasi. Perlakuan saya ini sama juga ke Alifah dan Nadhif dulu.

Alifah & Nadhif semasa kecil
Faizah usia 4 bulan

Buat buibu muda nih penting banget untuk tau cara tips memilih topi buat bayi :

👒 Model
Pilih model topi bayi sesuai kebutuhannya. Jika dipakai di bawah terik matahari, sebaiknya model topi pet agar bayi tidak silau. Bisa juga memilih model yang lucu atau unik agar penampilan bayi lebih menarik.

👒 Bahan
Untuk penggunaan di malam hari, terutama apabila akan beraktivitas di luar rumah, sebaiknya pilih yang berbahan wool supaya kepala bayi tetap hangat. Sedangkan untuk siang hari gunakan yang berbahan katun, yang mampu menyerap keringat.

👒 Ukuran
Sesuaikan dengan lingkar kepala sang bayi. Jangan terlalu sempit karena bisa saja akan terasa sakit di kepalanya, apalagi jika topinya dikelilingi dengam karet.

👒 Warna
Biasanya sih bayi dominan diberi warna putih, tapi gak harus sih sebenarnya. Warna-warna yang cerah akan lebih menarik dan bisa merangsang indera penglihatan bayi. Kalo saya sih emang sukanya yang colorful biar bisa cocok dipakai dengan semua warna baju.

Dari beberapa topi yang Faizah punya, dia paling favorit sama yang bahan wool rajut warna hijau. Topi itu udah lamaaa banget, punya Alifah sejak kecil, lalu sempat dipinjamkan ke Khansa dan sekarang sudah balik ke Faizah. Yang menariknya karena topi itu dirajut sama Nenek Petta, neneknya Atu. Yup, ada nilai historis dari sebuah topi favorit Faizah ❤



Baca juga : My Favorite Hat

Oiya, beberapa manteman yang punya anak atau bayi laki-laki kadang bilang "anak cewek sih enak didandanin, banyak koleksi model bajunya" atau ada juga yang bilang "baju anak cowok sih modelnya itu-itu aja", padahal banyak banget baju bayi laki-laki atau anak laki-laki usia balita yang bisa dipadupadankan, termasuk dengan memakaikan topi sebagai bagian dari penampilan.

So, kalo anak kamu sukanya model topi seperti apa?