DIY : Talenan Decoupage

Senin, Februari 19, 2018

Hola!
Manteman ngapain aja saat long weekend dalam rangka Imlek atau Tahun Baru Cina kemarin? Mungkin ada yang pergi liburan ke luar kota, ada yang menghabiskan di mall, atau jangan-jangan ada yang tetap kerja di hari libur? Wow! Selalu semangat yaa ­čĺ¬

Saya sendiri mengisinya dengan membuat seni kerajinan tangan, yakni decoupage. Decoupage adalah salah satu seni kerajinan tangan yang paling saya sukai. Cara kerjanya hanya dengan menggunting dan mengelem. Gampang banget menurutku, makanya saya suka, hehe..

Seni decoupage sudah sejak lama ada, bahkan sejak abad ke-12 para petani di China banyak menggunakan tekhnik decoupage untuk menghias jendela, lentera, kota hadiah dan sebagainya. Hingga akhirnya berkembang hingga ke benua Eropa. Kata decoupage sendiri berasal dari bahasa Prancis, yaitu d├ęcouper yang berarti memotong.

Walopun seni decoupage ini sudah lama ada tapi masih banyak orang yang tau caranya. Saya udah berkali-kali ngajarin workshop cara membuat decoupage, juga pernah bikin tutorial cara pembuatannya dengan media botol. Beberapa bisa kamu baca di sini :


Nah, di postingan saya kali ini, saya akan mengular tutorial decoupage dengan media talenan. So, cekidot!

TALENAN DECOUPAGE

Bahan :
- Talenan kayu
- Tissue bergambar atau gambar hasil print di kertas tipis
- Lem Fox putih yang sudah dicampir air dengan perbandingan 2:1.
- Vernish/Clear
- Cat acrylic
- Tali rami

Bahan & Alat

Alat :
- Gunting
- Kuas
- Spon
- Kertas amplas halus

Cara membuat :

1. Jika talenan yang digunakan adalah yang berbahan tidak terlalu halus dan berserat, haluskan terlebih dahulu dengan kertas amplas halus.

2. Cat talenan secara merata lalu tunggu hingga kering. Sebenarnya cat ini hanya pilihan, kalopun gak mau talenannya dicat bisa juga.


3. Gunting gambar di kertas/tissue decoupage yang telah disesuaikan polanya dengan ukuran talenan.



4. Kupas lembaran kertas/tissue hingga tersisa bagian gambar.


5. Balur lem di talenan sesuai dengan letak dan ukuran kertas/tissue yang akan ditempel.

6. Tempel kertas/tissue di talenan yang telah dibaluri lem. Gunakan sponge dengan cara ditepuk-tepuk. Lakukan secara hati-hati agar kertas tidak mengkerut atau sobek. Setelah itu diamkan hingga mengering. Lakukan kembali hingga 2 kali.



7. Setelah lem mengering, beri vernish/clear di seluruh permukaan toples menggunakan kuas, baik di atas kertas decoupage maupun di area yang tidak tertutupi kertas decoupage. Keringkan sejenak lalu lakukan kembali hingga 2-3 kali.



8. Setelah vernish mengering, ikat tali rami di pegangan talenan sebagai pemanis.


Tadaaaa!!! Talenan decoupagenya selesai deh. Gampang banget kan cara buatnya? Kalo manteman mau diajar langsung oleh kami, yuk ikutin workshopnya dengan menghubungi :

HP/WA 08114107711
IG @emaronie.organizer