Senin, Januari 01, 2018

Refleksi 2017


Alhamdulillah udah 2018.
Tahun yang baru semoga membawa semangat baru untuk mencapai kesuksesan yang baru pula.

Lantas, apa saja yang udah dicapai di tahun 2017 lalu?

Yuk kita refleksi pencapaian emaronie.com di tahun 2017!

Profil saya sebagai blogger di Harian Fajar

🎉  Jumlah postingan lebih banyak dengan bermacam tema, konten dan review. Di tahun 2017 kemarin ada 163 postingan, sedangan 2016 hanya 132 blog post. Sepertinya ide tulisan lebih banyak mengalir di tahun 2017. Aah.. Kusenang!

🎉  Jumlah pembaca dan pengikut pun makin banyak. Jika pada awal ngeblog di tahun 2012 jumlah page view hanya puluhan perhari, maka di tahun 2017 meningkat menjadi kurang lebih 600 pembaca perhari. Jumlah itu terutama jika ada link postingan yang saya share di media sosial. Hingga saat ini jumlah keseluruhan page views saya sebanyak 240an ribu. Ayyey!! 👏👏👏

🎉 Jadi lebih terbuka dalam menulis segala hal. Eh, gak terbuka amat sih.. Kadang ada juga yang dituangkan dalam puisi atau semacam renungan, but well, it's kinda my feeling's expression 😁

🎉 Berkolaborasi dengan teman-teman blogger baik Makassar maupun daerah lainnya. Ada Sanneng Talks yang merupakan kolaborasiku dengan Qiah [qiahladkiya.com] dan Awie [fillyawie.com], ada pula KEB Collablog yang diinisiasi oleh komunitas Kumpulan Emak-emak Blogger yang kolaborasinya lebih luas dengan blogger dari daerah lain yang udah pada tinggi jam terbangnya di dunia blog dan bikin saya terpicu untuk bisa bikin konten sebagus mereka.

Bareng Awie dan Qiah, teman kolaborasi Sanneng Talks

🎉 Bikin label-label baru yang konten tulisannya dari cerita keseharianku yang sebagian besar lucu dan syaang kalo gak saya tulis di blog, yaitu #gagalpaham dan #kepoin. #gagalpaham sebagian besar bercerita tentang Faizah dan kata-kata ajaibnya, sedangkan #kepoin adalah hasil kekepoan saya terhadap segala hal, seperti profesi seseorang, kesukaan seseorang, dan sebagainya.

🎉 Orang-orang semakin mengenal saya sebagai blogger. Banyak undangan yang berdatangan untuk hadir meliput suatu acara atau perkenalan produk dan sebagainya.

Bersama Wawa, salah satu EO yang mengundang saya sebagai blogger du sebuah acara

🎉 Blog udah mulai banyak menghasilkan, tidak hanya berupa cash money tapi juga kadang diberi kompensasi berupa voucher belanja atau produk. Lumayan kan? Dari pada lu manyun 😜

🎉 Berawal dari blog, saya pun akhirnya bisa memanfaatkan media sosial lainnya sebagai sarana promosi produk, kegiatan atau yang lainnya, yang istilah kerennya sebagai buzzer.

Sebagai buzzer di acara pembukaan sebuah butik

🎉 Pertemanan dan kenalan di seputrar dunia blogging makin banyak. Gak hanya di sesama blogger Makassar, tapi juga dari Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Medan dan daerah lainnya.

Itulah sebagian besar pencapaian saya dalam dunia blogging di tahun 2017. Kalo kamu sendiri, gimana refleksi tahun 2017 mu?




Posting Komentar