Kamis, Januari 11, 2018

Belajar Penulisan Blog

Akhirnya setelah berbulan-bulan vakum, Kelas Menulis MAM atau Makkunrai na Anging Mammiri hadir lagi.


Kelas Menulis diadakan pada hari Selasa tanggal 9 Januari 2018 di Kedai Kopi Papa Ong. Kali ini belajar tentang bagaimana Menulis Dalam Blog yang dipandu langsung oleh ketua komunitas Anging Mammiri, Nur Al Marwah Asrul atau yang biasa kami sapa Nunu. Ini adalah kali kedua saya menghadiri Kelas Menulis MAM yang dipandu oleh Nunu.

Baca juga : Kelas Menulis MAM di Makassar Terkini

Nunu saat memberikan materi

Diawal materinya, Nunu memaparkan bahwa ada 4 tujuan menulis, yaitu :
👍 Mendidik
👍 Menginformasi
👍 Menghibur
👍 Menginspirasi

Sedangkan tulisan yang menarik itu mempunyai unsur sebagai berikut :

📝 Bertutur dengan runut
Alur cerita dari sebuah tulisan harus rapi, tidak loncat-loncat agar tidak membuat pembacanya kebingungan.

📝 Bahasa sederhana
Sebaiknya menggunakan bahasa awam atau yang mudah dimengerti oleh pembaca dari semua kalangan. Jangan gunakan kata yang terlalu ilmiah atau yang tidak dimengerti oleh pembaca kecuali ada penjelasan dari kata tersebut.

📝 Fakta/ data
Jika kota membeberkan sesuatu dalam tulisan sebaiknya sertakan fakta atau data yang mendukung. Sebab jika tidak maka tulisan kita akan dianggap meragukan bahkan hanya akan dianggap hoax oleh pembacanya.

📝 Anekdot (lucu)
Menulis anekdot dalam tulisan semacam refreshing bagi pembaca. Tulisan kita menjadi lebih menarik, tidak kaku serta tidak membosankan pembaca.

📝 Be your self
Ini yang penting! Just be your self dalam menulis. Kita boleh mengagumi tulisan orang lain tapi jangan menirunya. Menulislah sesuai dengan gaya kita agar tulisan kita mempunyai ciri tersendiri.

Suasana Kelas Menulis MAM
*pic by Qiah

Pada Kelas Menulis ini dihadiri banyak wajah-wajah baru yang merupakan calon blogger, blogger baru, hingga blogger yang udah lama mandeg. Ketika sesi sharing dibuka, sebagian besar menyampaikan bahwa mereka masih agak kesulitan untuk memulai sebuah tulisan. Maka Nunu menjelaskan bahwa sebelum mulai menulis, kita harus membuat kerangka tulisan. Kerangka tulisan terdiri atas :

1. Menentukan Tema
Tema apa yang akan kita tulis? Misalnya traveling, yang bercerita tentang perjalanan kita saat liburan ke Bali, atau parenting, yang bercerita tentang pengalaman kita saat mengasuh anak usia balita.

2. Cara Penulisan/Alur Tulisan
Ada 3 jenis, yakni :
- Alur Kronologis
Bercerita dari awal hingga akhir kejadian. 
- Alur Bangunan
Seperti layaknya bangunan, menjelaskan dari luar bangunan lalu masuk ke dalam bangunan. Cerita dari garis besar lalu detail.
- Alur Logis
Terdiri dari :
• Sebab - Akibat
• Akibat - Sebab
• Umum - Khusus
• Khusus - Umum
• Pemecahan Masalah

3. Menyusun Pertanyaan
Buat beberapa pertanyaan terkait Tema yang akan kita tulis.

4. Menjawab Pertanyaan Tersebut Dalam Paragraf Pendek
Sehingga dari jawab tersebut kita sudah bisa mendapat cerita untuk ditulis di blog.

Baca juga : Menulis Tentang Apa Ya?

Koq saya kayak nyontek gitu ya? 😅
*pic by Qiah

Sudut pandang juga menentukan sebuah tulisan. Dalam melihat suatu hal, belum tentu akan lahir tulisan yang sama dari beberapa penulis atau blogger. Hal ini karena tidak semua orang mempunyai sudut pandang yang sama dalam melihat suatu hal atau kejadian. Sebagai contoh, saat mereview sebuah restoran, bisa saja  blogger A akan menulis tentang restaurannya secara garis besar, blogger B membahas mengenai arsitektural restoran dan blogger C mengangkat menu restoran. Tergantung sudut pandang mereka masing-masing tentang keunggulan restoran tersebut.

Sedangkan untuk penggunaan bahasa di blog, bahasa Indonesia baku tentu saja lebih bagus. Tapi itu sebenarnya tergantung dari penulisnya menggunakan bahasa gaya apa dalam menulis. Tetapi bagaimana pun gaya bahasanya tetap harus memperhatikan PUEBI atau Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia, seperti penggunaan huruf kapital di awal paragraf atau untuk nama, tempat dan lain-lain, menggunakan huruf miring untuk kata asing, menggunakan huruf tebal untuk menegaskan sesuatu, bisa membedakan kata sambung dengan kata depan.

Baca juga : Belajar (Lagi) Ejaan Yang Disempurnakan

Saya selalu senang ikut kelas menulis seperti ini

Well, dari materi yang disampaikan oleh Nunu ternyata gak susah kan untuk menulis di blog? Yang penting menurut saya sih adalah walaupun udah tau ilmunya tapi tetap harus diasah kemampuan menulisnya baik itu dengan perbanyak menulis atau mengikuti kelas menulis, karena selalu senang mengikuti sesi pembelajaran dan menerima ilmu adalah salah satu ciri orang sukses.
#tsaaah 😄

Kelas Menulis MAM


Posting Komentar