Rabu, November 22, 2017

Lezatnya Mango Cheese Drink Di Acara AFP GRAND DEMO


Sekarang ini lagi ngetrend orang pada minum mango smoothies ala Thailand. Yang dalam segelas isinya mangga yang dihaluskan, whippy cream dan potongan mangga di atasnya. Kalian pasti udah pernah makan.

Tapi kalo mango smoothies pake cream cheese, udah pernah coba belum?
Saya donk, udah! Hehe...
Bahan dasarnya tentu saja mangga, tapi kali ini dibuatnya dalam bentuk puree. Sebagai campurannya diberi Anchor Cream Cheese dan Anchor Whip Cream. Walopun ada cream cheese, rasanya enak dan gak eneq. Tekstur mangganya pun terasa lebih lembut. 

Mango smoothies yang diberi nama Mango Cheese Drink ini resepnya diciptakan oleh Chef Yus Adriana, Advisory Chef Pastry & Bakery Anchor Food Professionals. Beliau membuatnya langsung di hadapan kami, para blogger dan media di acara Press Conference Grand Demo With Chef Yus, Chef Petrus & Bu Achen (Ny. Liem). Acaranya berlangsung di Grand Clarion Hotel & Conventon Makassar, pada hari Kamis tanggal 16 November 2017 lalu.

Pembuatan Mango Cheese Drink

Grand Demo diadakan oleh Fonterra Brands Indonesia, produsen merk Anchor, melalui foodservice Anchor Food Professionals, setelah melihat semakin meningkatnya permintaan konsumen akan makanan yang inovatif, bernutrisi dan berkualitas tinggi, yang menjadikan Makassar semakin berkembang dan menjadi pusat kuliner Indonesia terkini. Grand Demo yang merupakan sebuah acara bergengsi di dunia kuliner, melibatkan chef terkemuka seperti Ny. Liem dan in-house Advisory Anchor Food Professionals.

Apa itu Fonterra?
Mungkin beberapa manteman bertanya, apa sih Fonterra itu? Apa hubungan dengan Anchor?
Sini yaa saya jelasin : Jika manteman pernah dengar susu Anchor atau tau bahan pembuatan kue yang menggunakan bahan susu atau krim dalam kemasan bertulis Anchor, itulah produk dari Fonterra. Selain itu ada juga produk susu Anlene, Anmum, Boneeto, dan sebagainya.

Fonterra yang berasal dari New Zealand adalah pemimpin global dalam nutrisi susu - pemasok bahan baku susu yang masuk ke Indonesia sejak tahun 1970an dan mengawali sejarahnya dalam memenuhi kebutuhan nutrisi susu berkualitas tinggi yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Kini lebih dari 41 juta kemasan Anlene, Anmum dan Boneeto telah dipasok untuk masyarakat Indonesia di tahun 2016.

Sedangkan industri makanan dan minuman nasional mencatat pertumbuhan sebesar 9,46% pada triwulan ketiga tahun 2017, sehingga memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Pertumbuhan ini menjadikan Makassar sebagai salah satu kota terkemuka untuk industri makanan dan minuman, sebuah kota yang dikenal sebagai salah satu surga kuliner Indonesia dengan sajian khas lokalnya namun juga menjadi daya tarik food enthusiast hingga selebriti untuk membuka bisnis kuliner. Tak heran jika Fonterra memilih Makassar sebagai salah satu kota pelaksanaan Grand Demo ini.

Tim AFP & para chef

Dalam acara Grand Demo yang dikemas dalam bentuk workshop ini, para chef berbagi kreasi menu terbaru dengan menggunakan produk Anchor. Chef Petrus Nugraha menyajikan Creamy Pasta Aglio dan Bread Lasagna Tuna Rica, Chef Yus menunjukkan keahliannya membuat Crunchy Pineapple Cake, Butterstick, Passion Mousse dan Kenari Tulle, sedangkan chef tamu, Ny. Liem beraksi dengan Cheese and Butter Cake, Cupcake Cream Cheese, Lapis Legit Keju Slice Anchor, Kastangel Telur Asin dan Roti Goreng Paha Ayam Keju Anchor.


Tapi sebelum kami saksikan Grand Demo-nya, kami para blogger dan media ikutan konferensi press dulu. Konferensi pers menghadirkan Bapak Sigit Wijanarko, Foodservice Director Fonterra Brands Indonesia, Andriani Ganeswari, Corporate Communication Managetr PT. Fonterra Brands Indonesia, Ny. Liem, Chef Profesional dan Risma Wicaksono, Chef dari Makassar dengan brand MamLala Kitchen.

Ki-ka : Ibu Achen, Mbak Anes, MamLala, Pak Sigit & MC 

Bapak Sigit mengatakan, "Fonterra Brands Indonesia melihat potensi besar dalam bisnis foodservice Indonesia, terutama pelaku usaha kecil menengah di Makassar untuk berinovasi, beradaptasi dan mampu menghadapi tantangan pasar." Karena itulah Fonterra Brands Indonesia berkomitmen dalam mendukung industri ini dengan memberikan wawasan serta inovasi dan riset kelas dunia, salah satunya dengan mengadakan Grand Demo untuk meraih peluang di Makassar dan berbagi pengalaman terbaik dan resep terkini dengan para profesional industri kuliner. Apalagi saat ini masyarakat kelas menengah di Indonesia sudah menuntut sesuatu yang lebih bagus. Untuk itu ada 3 trend di AFP, yakni :

🍰 Quality atau kualitas
Kualitas suatu makanan atau minuman menentukan seseorang akan terus mengkonnsumsinya atau tidak.

🍰 Healthy atau kesehatan
Masyarakat sekarang sudah semakin peduli akan kesehatan. Mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan bahan yang sarat gizi  dan menyehatkan tentu jadi pilihan utama.

🍰 Impression atau presentasi
Semakin berkembangnya tekhnologi turut mempengaruhi dunia kuliner. Kebiasaan memotret makanan dan minuman sebelum dikonsumsi menjadi tantangan tersendiri bagi para chef untuk menampilkan makanan atau minuman yang terlihat cantik, menarik dan tentu saja menggugah selera.

Saya, masyarakat kelas menengah 😊

Sedangkan Ibu Andriani Ganeswari atau yang akrab disapa Mbak Anes, mengatakan, "Fonterra Brands Indonesia berkomitmen untuk memberikan kualitas tinggi bagi setiap produknya melalui prisip Trusted Goodness, dimana kami menjamin proses rantai pasokan mulai dari "rumput hingga ke gelas' (from grass to glass) berstandar kelas dunia." ditambahkan lagi bahwa komitmen tersebut yang memacu Fonterra untuk terus mendorong potensi industri makanan dan minuman Indonesia serta menginspirasi keluarga Indonesia hidup maksimal dengan nutrisi susu yang terpercaya demi Indonesia yang lebih sehat, kuat dan bahagia.

Adapun Ibu Achen dari Ny. Liem, chef profesional asal Bandung, membeberkan bahwa beliau sangat bangga bergabung dalam Anchor Food Professionals Grand Demo di Makassar dan ini merupakan kesempatan bagi beliau untuk bisa berbagi tips dan resep dengan para food professional. "Saya yakin para food professionals Makassar akan terus mengikuti trend kuliner baru untuk memperkuat posisi Makassar sebagai pusat kuliner di Indonesia Timur."

Bareng Ibu Achen & MamLala

Hal ini diiyakan oleh Risma Wicaksono atau yang biasa disapa MamLala, chef asal Makassar, founder komunitas Makassar Cooking Club, "Apa yang sedang hits di Jakarta, pasti akan segera diikuti di Makassar. Saat ini sedang ngetrend adalah soft cake, seperti Cheese Cake. Japanese Cheese Cake atau ada juga Soft Cake yang berpadu dengan Puff Pastry. Tapi dengan begitu, kue-kue tradisional pun tetap kuat mendominasi industri kuliner, karena akan selalu ada disajikan untuk acara-acara adat seperti pernikahan."


Blogger Makassar foto bareng Chef Yus & tim AFP

Setelah konferensi pers, kami pun menikmati Mango Cheese Drink seperti yang saya ceritakan di awal tulisan tadi. Selanjutnya kami lantas menuju ke ballroom untuk menyaksikan Grand Demo yang telah berlangsung sejak pagi. Tampak dari kejauhan, di atas panggung, Chef Petrus sedang membuat Bread Lasagna Tuna Rica, yang setelahnya hasilnya langsung dibagikan buat dicicipi oleh seluruh peserta yang hadir di ruangan, termasuk saya. Sebuah menu yang terbuat dari roti berisi ikan tuna dan keju dan di atasnya pun dilumuri keju mozzarella. Yum! Menu ini sehat banget dan cocok sebagai bekal untuk anak ke sekolah.

Suasana Grand Demo
Blogger Makassar di acara AFP Grand Demo

Well, terus terang aja, acara seperti ini adalah untuk yang pertama kalinya saya hadiri. Ternyata industri kuliner khusunya di Makassar, sangat berkembang denan aktif dan adaptif. Segala yang jadi ngetrend di luar sana, langsung bisa diserap dan diaplikasikan untuk dipasarakan dan dikonsumsi oleh masyarakat luas. Semoga aja Fonterra lebih sering mengadakan acara serupa 👌








Posting Komentar