Rabu, Oktober 04, 2017

Tulisanku Di Web KEB : Tampil Keren Dengan Mix & Match Busana

Logo KEB


Salah satu komunitas blogger perempuan yang besar di Indonesia adalah Kumpulan Emak-emak Blogger. Terdiri dari para perempuan berstatus emak, walaupun ada juga yang belum berstatus itu. Kumpulan Emak-emak Blogger, atau yang akrab disebut dengan KEB, mengadakan kolaborasi blog buat seluruh anggotanya yang terbagi dalam beberapa kelompok berisi 7 orang peserta. Saya sendiri tergabung dalam grup Raisa yang di dalamnya ada 7 orang blogger dari berbagai kota dan latar belakang.


Member Grup Raisa
Ki-ka : Ery, Merida, Gifta, Winarni, Indira, Ima & Farida Nisa

Diketuai oleh Primastuti Satrianto/mak Ima (tamasyaku.com) dari Jogja. Selain itu ada mak Merida (meirida.me.id) dari Pekanbaru, mak Gifta (aftertwentyseven.com) dari Jakarta, mak Indira (diraindi.com) dari Surabaya, mak Farida Nisa (farida-nisa.blogspot.com) dari Jogja, dan mak Winarni (inart.web.id) yang juga dari Makassar. Sejak awal terbentuknya grup kami langsung berembuk tema yang akan dibahas untuk postingan grup kami saat giliran tiba nanti. Saya pun memilih tema Fashion. Sesuatu yang memang saya sukai. 

Baca juga : Tulisan #KEBloggingCollab-ku

Jadwal tulisan saya dipublish di web KEB adalah tanggal 3 Oktober 2017 kemarin,  setelah  sebelumnya mengirim draft dulu 3 hari sebelum jadwal  publish. Sembari menunggu itulah masa-masa penantian yang bikin  deg-degan "Ada yang perlu direvisi gak ya?" "Fotonya kebanyakan kali  ya?" atau "Bahasa yang saya pakai mungkin terlalu santai kali  ya?", pikiran-pikiran seperti itu yang selalu berkecamuk di otakku. Soalnya berdasarkan informasi dari seorang teman yang udah tayang tulisannya, ada banyak yang diedit dan tidak semua foto yang disetor dimuat dalam tulisan.

Akhirnya tanggal 3 Oktober pun tiba, harap-harap cemas saya menunggu dipublishnya tulisan itu. Dan pada pukul 10 lewat, Mak Ima muncul di grup WA umumin kalo web KEB udah publish skaligus menyertakan linknya. Buru-buru langsung saya klik, cek foto-fotonya lalu baca tulisannya. Alhamdulillah... Gak ada editan sama sekali! Senangnyaaa saya ๐Ÿ˜ƒ


So, lewat tulisan ini, kembali saya tayangkan artikel tersebut. Selamat membaca.

๐Ÿ’Ÿ



Seorang wanita sering kali merasa bingung saat hendak bepergian atau harus menghadiri sebuah undangan. Alasannya malah kadang dianggap tidak masuk akal, yakni "gak punya baju"! Hihi... Yang bener aja, masa' gak punya baju? Trus yang di lemari itu namanya apa? Nah lho... Hehe ๐Ÿ˜„

Padahal banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah "perasaan tidak punya" ini. Salah satunya dengan Mix & Match. Apa sebenarnya pengertian mix and match itu? Mix and match adalah menggabungkan dan memadukan beberapa pasang busana sehingga bisa didapatkan bermacam gaya berbusana. Itu terjemahan bebas dari Ery lho ya ๐Ÿ˜Š


Untuk yang simple, ini dia contoh mix and match busana a la Ery :



Pada foto di atas saya mengenakan blus yang sama, namun dengan bawahan yang berbeda-beda. Di foto sebelah kiri saya memakai celana rok berwarna abu-abu dengan jilbab berwarna orange dan dalaman jilbab berwarna abu-abu. Pada foto tengah, blus yang sama saya padukan dengan rok berwarna coklat tua dan jilbab berwarna kuning kunyit. Sedangkan di foto sebelah kanan, penampilan saya lebih casual dengan memakai jeans dan phasmina lilit berwarna biru muda.

Baca juga : Serupa Tapi Tak Sama

So, sebenarnya gak butuh banyak atasan dan bawahan untuk dikoleksi dalam lemari. Kamu hanya perlu 5 fashion items, yang kalo bisa dibilang “wajib" berikut ini :

1. Skinny Jeans
Skinny jeans cocok digunakan untuk atasan apapun, seperti kemeja, t-shirt, tunik, juga jaket. Modelnya yang ngepas di badan membuat siluet kaki menjadi jenjang sehingga tubuh tampak tinggi dan langsing.

Skinny jeans

2. Kemeja Putih
Kemeja berwarna putih cocok digunakan untuk segala kesempatan, baik formal maupun non formal. Bisa pula dipakai dengan bawahan apapun.

Kemeja putih

3. Gaun Hitam
Gaun hitam bisa jadi andalan untuk acara formal, baik yang panjang maupun yang pendek. Bisa dipadukan dengan outer ataupun hanya dengan aksesoris.

Gaun hitam yang dipadukan dengan long cardi

4. Blazer
Sebaiknya blazer berwarna netral ada di lemari kamu. Blazer cocok dipakai untuk menampilkan kesan formal. Pilih yang modelnya basic jika kamu tidak ingin mengoleksi banyak blazer.

Blazer hitam

5. Rok Span Hitam
Memakai pencil skirt atau yang biasa kita sebut dengan rok span akan membuat kita tampak lebih langsing. Rok span cocok dipadukan dengan atasan apapun, mulai dari blus, kemeja, bahkan crop tee.

*pic from blibli.com

Untuk me-mix and match-kan busana gak boleh  juga asal lho ya. Ada beberapa pakem berbusana yang tetap harus dipatuhi. Well, walaupun sekarang beberapa dari kita ada yang sudah tidak peduli akan hal itu dan berani memadukan sekenanya aja - a la Harajuku Style, tapi untuk tampilan yang lebih cantik, apalagi jika kamu sudah tidak berusia muda lagi, tentu kamu gak mau kan dibilang sebagai korban mode? Hihi...

Ini dia TIPS mix and match busana :

๐Ÿ’ Gunakan lebih banyak warna netral. Pasti dijamin aman.

๐Ÿ’ Gunakan hanya 1 motif (atau maksimal 2 motif senada jika memang perlu) dalam berbusana.

๐Ÿ’  Perhatikan kecocokan model atasan dengan bawahan. Jangan sampai kamu pakai model atas bawah sama-sama gombrang atau gede, misalnya.

๐Ÿ’  Sesuaikan busana itu untuk kamu pakai dalam acara apa. Apakah formal atau non formal.

Dari tips ini kita bisa simpulkan bahwa warna, motif, model dan waktu pemakaian merupakan hal yang perlu diperhatikan.

Selain itu ada yang paling penting dari pemakaian busana, yakni memperhatikan bentuk tubuh, apakah sesuai dengan busana yang akan dikenakan. Busana harusnya menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan. Bukan malah sebaliknya. Apalagi hanya karena ikutan trend, sehingga kita tidak peduli apakah cocok memakainya atau tidak, yang penting dianggap kekinian oleh orang lain.

Mix and match juga membantu kita mengatasi kebosanan dalam berbusana. Supaya gaya kita gak monoton gitu-gitu aja, dengan kreativitas memadupadankan busana maka penampilan kita akan terlihat berbeda setiap kali tampil di depan publik.

Baca juga : 1 Celana Untuk Semua Baju

Ini dia beberapa contoh mix & match dalam berbusana :

*pic from pinterest

Jadi, gak ada lagi kata "gak punya baju" ya! Semoga tulisan ini menginspirasi ๐Ÿ˜Š


*tulisan ini telah dimuat sebelumnya di website www.kumpulanemak2blogger.com sebagai trigger #KEBloggingCollab grup Raisa.

Selain itu, imi dia tulisan teman Grup Raisa lainnya :

1. Indira
Mix & Match Lifestyle Blogger

2. Gifta
Mix & Match Warna

3. Meirida
Tubuh Gemuk Tetap Bisa Tampil Keren

4. Inar
Tampil Keren Dengan Bermain Game Fashion

5. Ima
Tips Tampil Keren Dengan Mix & Match Saat Liburan

6. Farida 
Tampil Keren Dengan Batik





Posting Komentar