Senin, Oktober 23, 2017

DIY : Memanfaatkan Botol Bekas Selai


Saya termasuk orang yang sangat sayang membuang benda yang kira-kira masih bisa terpakai, seperti kardus bekas susu, kaleng bekas biskuit, wadah plastik bekas mentega hingga botol kaca bekas selai.

Tadinya barang bekas itu teronggok begitu saja atau dipakai seadanya, seperti kardus yang dipakai untuk membungkus kado, wadah plastik dipake lagi untuk mentega sachet, dan sebagainya. Tidak ada yang saya percantik kemudian dipakai lagi. Jadi ceritanya dipakai begitu saja.

Tapi ketika saya membuat EMaronie Organizer, event organizer berbasis edukasi yang mengajarkan workshop handycraft dan sebagainya, otak kreatif saya pun makin terasah. Beberapa barang bekas itu ada yang saya percantik dulu lalu dipakai atau difungsikan untuk sesuatu yang gak pernah kepikiran sebelumnya. Seringnya sih saya berkreasi di saat weekend, jadi tetap produktif donk walaupun hari libur 😉


Salah satunya adalah botol bekas selai yang sering saya jadikan sebagai tempat menyimpan jarum pentul dan peniti. Ilmunya sudah pernah saya bagi dalam workshop yang saya adakan dan pernah juga saya jual di Jasmine Boutique, butik yang saya kelola. Untuk lebih jelasnya bisa kamu baca di postingan berikut ini :

• Weekend Creative - Membuat Glass Decoupage

Nah, mumpung di postingan #KEBcollablog edisi kali ini dari grupku, Grup Raisa, keluarin tema DIY, yang triggernya di tulis sama mbak Merida Merry di website Kumpulan Emak-emak Blogger yang berjudul Weekend Produktif Dengan Baju Bekas maka saya pun akan menuliskannya di blog emaronie.

JAR DECOUPAGE PIN CUSHION

Bahan :

- Botol bekas selai
- Tissue decoupage
- Kain perca secukupnya
- Dacron segenggam
- Lem fox putih
- Vernish/Clear
- Pita/Tali Rami

Alat :

- Kuas
- Sponge
- Gunting
- Jarum
- Benang
- Lem tembak (lem lilin)



Cara membuat :

✂ Jar Decoupage

1. Gunting gambar di kertas decoupage yang telah disesuaikan dengan ukuran toples.

2. Kupas lembaran kertas decoupage hingga tersisa bagian gambar.


3. Balur lem di toples sesuai dengan letak dan ukuran kertas decoupage yang akan ditempel.

4. Tempel kertas decoupage di toples yang telah dibaluri lem. Gunakan sponge dengan cara ditepuk-tepuk. Setelah itu diamkan hingga mengering. Lakukan kembali hingga 2 kali.


5. Setelah lem mengering, beri vernish/clear di seluruh permukaan toples menggunakan kuas, baik di atas kertas decoupage maupun di area yang tidak tertutupi kertas decoupage. Keringkan sejenak lalu lakukan kembali hingga 2-3 kali.


✂ Pin Cushion

1. Gunting bulat kain perca sesuai ukuran tutup toples, dengan dilebihkan kurang lebih 2cm. Setelah sampai di ujing, biarkan benang dan jarumnya tergantung.

2. Jahit pinggiran kain perca.

3. Masukkan dacron secukupnya. Lalu serut benang dan jahit tutup di bagian bawah kain.


4. Lem permukaan tutup botol toples lalu tempelkan kain perca berisi dacron yang telah dibuat.


5. Beri pita atau tali rami di pinggirnya agar terlihat rapi.


Posting Komentar