Minggu, September 24, 2017

Pasar Tiban : Persembahan Cinta Anne Avantie



"Saya tidak mau kekuatan magma inspirasi yang saya miliki ini kelak akan "meletus" dan mengubur diri saya sendiri. Saya ingin letusan magma kreatifitas diri saya "menyuburkan" lahan di sekitar saya. Saya ingin mereka maju bersama saya dan saya ingin pijakan langkah saya menuntun kaki mereka untuk menyusuri langkah yang sama."

Itulah Anne Avantie. Seorang designer kenamaan yang di balik nama besarnya selalu menginspirasi dengan kebaikan hatinya yang welas asih.

Hal ini dibuktikan pada kehadirannya di Makassar dalam rangkaian Pasar Tiban yang digelar pada tanggal 15 - 24 September 2017 di Trans Studio Mall. Anne Avantie sengaja memilih Makassar sebagai tempat berbagi inspirasi Karya dan Cinta karena banyaknya perhatian juga antusiasme masyarakat terhadap ragam karya Anne Avantie terletup di sini. Selain memamerkan karya sahabat UKM ke luar Pulau Jawa, juga ada banyak acara seru termasuk parade show nan epik juga beberapa talkshow inspiratif.


Rangkaian acara Pasar Tiban

Saya pun, sebagai seorang blogger, merasa sangat beruntung dan berbangga hati bisa dekat dengan Bunda Anne, sapaan akrab Anne Avantie. Diawali dari pertemuan kami di acara Coordination Meeting/Community Gathering yang diadakan oleh EO 3 Pro. Saat itu Bunda Anne sendiri yang mengetik nomor telfonnya di gadgetku. Dan selanjutnya kami sering berkomunikasi lewat aplikasi Whatssap, seputar event Pasar Tiban dan Pagelaran Tunggal yang diadakan di Makassar.

Pertemuan pertama dengan Anne Avantie di acara Community Gathering


Yuk kita bahas satu persatu acara yang saya ikuti dalam rangkaian kunjungan Anne Avantie di Makassar.

PASAR TIBAN 10
"Karya Anak Negeri"


Pada perayaan 27 tahun dirinya berkarya,  Anne Avantie memikirkan cara bagaimana agar nama dan karyanya selalu dikenal dan dikenang orang sepanjang masa. Maka muncullah ide membuat sebuah pameran atau penjualan berkonsep seperti pasar dengan mengajak serta pelaku UKM yang karyanya telah melalui seleksi mutu dan diberi label anneavantimall.com. Pasar ini disebut Pasar Tiban dengan tema Karya Anak Negeri. Diadakan sekali dalam sebulan dan untuk pelaksanaannya yang ke-10, Kota Makassar yang mendapat giliran, sesuai alasan Bunda Anne Avantie yang sudah saya tuliskan di atas.

Suasana vintage Pasar Tiban
Aneka batik di Pasar Tiban
Dekorasi dibuat a la Makassar

Pada acara pembukaan dihadiri oleh istri Walikota Makassar, Ibu Indira Ramdhan Pomanto, PKK Kota Makassar, juga beberapa komunitas termasuk blogger.

Pada sesi tanya jawab, saya pun bertanya apakah Bunda Anne Avantie berniat untuk mengeksplorasi kain dari Sulawesi Selatan atau Makassar pada khususnya untuk didesign dan dipopulerkan. Beliau pun menjawab bahwa keinginan untuk itu ada, dan di pagelaran tunggalnya beliau menampilkan sebuah kejutan untuk pengunjung.

Menghadiri pembukaan Pasar Tiban
Sesi tanya jawab di pembukaan Pasar Tiban
Blogger Makassar bersama Anne Avantie
Foto bareng Bunda Anne Avantie di acara pembukaan Pasar Tiban

"Kursi Roda Kasih"

Melalui acara Pasar Tiban 10 Peduli, Anne Avantie membagikan 100 kursi roda, tongkat tuna netra (TONET), dan kruk, serta 25 laptop bagi penyandang tuna netra, tuna rungu dan penderita kusta.

Anne Avantie berbagi
*pic by evhykamaluddin.com
Pembagian kursi roda
*pic by @pratiwi_a

Program ini menjadi agenda rutin kerjasama antara Yayasan Anne Avantie dengan Dinas Sosial yang terkait. Dan kali ini berhasil merangkul banyak donatur seperti Sritex Peduli Kasih, Sequis Berbagi dan Pikko Group.

WORKSHOP
"Cinta Dalam Sepotong Baju"

Setiap hari di dalam area Pasar Tiban diadakan aneka acara yang salah satunya adalah workshop dengan mengundang berbagai komunitas sebagai peserta.

Sebelum workshop berlangsung, Pak Nanda selaku MC secara mendadak mengajak saya naik ke panggung untuk ngobrol. Mulai tentang aktifitas blogger, dunia fashion di Makassar hingga kesan saya tentang Anne Avantie yang saya jabarkan dalam 3 kata, yakni Welas Asih, Inspiratif dan Tangguh.


video

Ini dadakan lho!

Dalam workshop yang saya dan manteman blogger ikuti berisi tentang bagaimana kekuatan Personal Branding. "Penampilan menjadi brand seseorang. Ketika penampilanmu biasa saja, sedangkan kamu punya karya yang luar biasa maka karyamu pun akan terlihat biasa saja. Tampillah luar biasa, yang memiliki ke-khas-an." Demikian kalimat dari Anne Avantie yang tertanam banget di otak saya.

Setelah Bunda Anne berpanjang lebar berbagi pengalaman dalam prosesnya membangun personal brandingnya, selanjutnya beliau ajarin cara melilit kain secara ringkas dan kembali saya diminta untuk naik ke atas panggung sebagai model *hehe... laris manis 😁

video

Demo memakai kain

Keren banget cape buatan Anne Avantie ini

PAGELARAN TUNGGAL ANNE AVANTIE
"Inspirasi Karya & Cinta"

Untuk pertama kalinya, sebuah perhelatan fashion dari seorang designer terkenal se-Indonesia Raya akhirnya digelar di Makassar!

Sebagai bentuk rasa cintanya kepada para fans Avantie Heart (demikian sebutan untuk penggemarnya), Anne Avantie menghadirkan pagelaran tunggal bertajuk "Inspirasi Karya & Cinta". Diadakan di Four Points Hotel dengan menyebar 2000 undangan yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat Makassar. Acara dimulai pk.21.00 dan berakhir pada pk.23.30.

Menghadiri Pagelaran Tunggal Anne Avantie
Bareng manteman blogger

Saya dan manteman blogger senang banget bisa menyaksikan langsung acara ini, walaupun sebagian besar dari tidak bisa tinggal hibgga acara selesai karena sudah terlalu larut. Maklum emak-emak 😅

Pagelaran yang spektakuler ini menghadirkan Kimmy Jayanti sebagai model utama, serta Indy Barends, Indra Bekti dan Carend Delano sebagai MC.

*pic by @aisyahreyzz
*pic by @aisyahreyzz
*pic by @aisyahreyzz
Kimmy Jayanti
*pic by @aisyahreyzz
Indra Bekti & Indy Barends
*pic by @aisyahreyzz

💓

Baca juga : Fashion Warisan

Gelaran Pasar Tiban di Makassar memang telah usai. Tapi pasti akan selalu membekas di hati para pencinta fashion, termasuk saya.

Semoga acara seperti ini akan ada lagi nantinya dari designer kenamaan yang berbeda.

Untuk selanjutnya Bunda Anne Avantie akan menggelar Pasar Tiban di Kota Medan pada bulan November 2017. Semoga sukses selalu, Bunda. Kebaikan hatimu gak akan pernah saya lupakan.


"28 tahun yang bercahaya.
Seperempat abad lebih dalam kehidupan karier Anne Avantie adalah rentang waktu yang berisi warna yang lengkap.
Ia mengenal penderitaan, kebangkitan, suka cita, rasa syukur, dan pengabdian.
Sebuah perjalanan fashion yang sarat mozaik kehidupan."




Posting Komentar