Sabtu, September 09, 2017

5 Destinasi Wisata Edukasi di Manado

*pic from dolandolen.com
edited by EM

Mungkin di antara manteman tidak banyak yang tau kalo saya ini punya darah Manado, Sulawesi Utara. Oma saya, Maminya Papiku, berasal dari sana, tepatnya Kabupaten Tomohon.

Tapi selama 40 tahun jadi orang Manado saya belum pernah sekalipun berkunjung ke sana. Rasanya pengen deh sesekali liburan ke sana. Ketemu dan menjalin tali silaturahim dengan sanak keluarga dari Oma,  skaligus juga liburan dan berdarmawisata ke daerah yang memang belum pernah sama sekali saya lihat.

Manado memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini tidak hanya menawarkan atraksi ekowisata saja seperti di Taman Laut Bunaken, tetapi juga menyajikan beragam wisata edukasi untuk keluarga. Dari hasil penelusuran saya tentang destinasi wisata di Manado, ada yang cukup menarik yakni wisata edukasi. Nah bawah ini saya udah catat nih daftar wisata edukasi di Manado yang nantinya akan saya kunjungi bareng anak-anak kalo ke sana (Insya Allah. Aaamiiin 🙏)

Baca juga : Explore Makassar

Klenteng Ban Hin Kiong
*sumber : seputarsulut.com

1. Mengunjungi Kelenteng Tertua di Sulawesi Utara

Kelenteng Ban Hin Kiong merupakan kelenteng tertua di Sulawesi Utara. Di sini, Anda dapat melihat ornamen khas kelenteng dengan dominasi warna merah dan kuning. Tidak hanya bisa melihat keindahan arsitekturnya, Anda juga akan belajar indahnya keberagaman dan toleransi yang tinggi. Pasalnya, bangunan kelenteng ini berdekatan dengan masjid dan gereja.

2. Belajar Sejarah di Museum Negeri Sulawesi Utara

Wisata edukasi lainnya yang patut dikunjungi bersama keluarga adalah Museum Negeri Sulawesi Utara. Peragaannya sangat lengkap, mulai dari arkeologi, etnografi, hingga seni rupa. Di sini kita bisa mengenal segala hal yang berkaitan dengan alam, sejarah, manusia, dan budaya di Sulawesi Utara. Ah, saya suka sejarah!

3. Tugu Perang Dunia II

Kota Manado juga dikenal sebagai salah satu daerah penganut agama Nasrani terbesar di Indonesia, sehingga gak jarang turis berkunjung dalam rangka ibadah. Kalau berkunjung ke Gereja Sentral Masehi Injil (Minahasa), kita akan melihat Tugu Perang Dunia II. Tempat tugu berdiri ini dulunya merupakan tempat Gereja Manado Besar yang hancur pada saat Perang Dunia II.

4. Belajar Budaya Minahasa di Waruga Sawangan

Waruga Sawangan merupakan taman pemakaman yang sangat tua, tempat peristirahatan terakhir leluhur suku Minahasa. Yang menarik, jenazah bukan dikuburkan dalam tanah, melainkan dimasukkan ke dalam batu ukir (waruga) dengan posisi duduk mencium lutut. Hmm, seperti di Londa Toraja ya?

Konon, aksesori yang terdapat pada waruga menandakan status sosial jenazah semasa hidupnya. Pahatan pada batu menjelaskan berapa jasad yang tersimpan dalam waruga dan mata pencahariannya kala masih hidup.

Meskipun kuburan ini sangat kuno, tetapi kita tidak akan menemukan kesan seram di sini. Situs ini justru sangat menarik dikunjungi karena akan menambah wawasan tentang keragaman budaya di Indonesia. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi situs warisan dunia UNESCO ini adalah siang menjelang sore hari. Waruga Sawangan berada sekitar 20 km dari pusat Kota Manado atau memakan waktu 40 menit saja dengan kendaraan.

5. Belajar Konservasi Koral dari Laut Manado

Jika berkunjung ke Manado, rasanya kurang lengkap kalau belum melihat keindahan bawah lautnya yang terkenal itu. Pulau Bunaken menjadi salah satu destinasi wisata edukasi keluarga untuk belajar tentang terumbu karang dan taman lautnya.

Sebelum menyeberang ke Pulau Bunaken, kita juga bisa melakukan snorkeling atau diving di teluk di sebelah barat daya Kota Manado. Uniknya, di sekitar Teluk Manado, kita bisa mengikuti kursus menyelam profesional dan mengadopsi koral sebagai bagian dari konservasi.

Baca juga : Traveling Saat Hamil? Siapa Takut!


Masih banyak tempat wisata di Manado yang bisa dikunjungi bersama keluarga selain lima wisata edukasi tersebut. Tinggal siapin bujet dan akomodasinya nih. Buat saya sih itu soal gampang! Airy Rooms adalah jawabannya.

Airy Rooms mudah ditemukan karena tersebar di berbagai titik, termasuk titik wisata di Manado. Kita bisa melihat lokasi dan ketersediaan kamar melalui situs web atau aplikasi Airy Rooms. Pembayarannya bisa dilakukan dengan kartu kredit, transfer bank, atau melalui gerai Indomaret terdekat.


Silakan cek sendiri 7 kenyamanan yang dijamin oleh Airy Rooms. Setiap kamar Airy Rooms pasti dilengkapi AC, TV layar datar, WiFi, air minum, tempat tidur bersih, kamar mandi dengan shower air hangat dan perlengkapan mandi. Jika dibandingkan, fasilitasnya mirip dengan hotel mewah, bukan?





Posting Komentar