Selasa, Agustus 08, 2017

Yuk Berbagi Di Gerakan Buku Untuk Indonesia


Tidak ada yang menyangkal kalau buku adalah sumber pengetahuan. Dengan membaca buku maka akan membuka jendela dunia, menambah wawasan dan pengetahuan. Sejak kecil saya paling senang membaca novel, beranjak dewasa mulai baca buku motivasi dan makin ke sini sukanya buku-buku keagamaan. Buku yang paling berkesan buat saya hingga saat ini adalah La Tahzan karya Dr. Aidh al-Qarni, menurut saya inilah buku motivasi terbaik karena ditulis dalam syair yang indah dan religius. Karena kesukaan saya membaca inilah yang akhirnya menjadikan saya sebagai blogger sekarang ini ☺

Tapi sangat disayangkan, Lembaga United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) merilis hasil survei terhadap minat baca di 61 negara dan hasilnya minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001% atau menempati terendah kedua dari 61 negara yang disurvei.

BCA sebagai bank terbesar di Indonesia peduli terhadap hal ini. BCA berkomitmen untuk menumbuhkan kembali minat membaca di seluruh pelosok Indonesia dengan mengadakan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia sejak bulan Maret 2017 lalu, yang menawarkan paket donasi kepada masyarakat luas untuk kemudian dikonversikan menjadi buku dan disalurkan ke beberapa daerah di Indonesia.

Sebagai rangkaian peringatan HUT ke-60 BCA, acara di Makassar diisi dengan Fun Walk, Aksi Berbagi dan Talk Show #BukuUntukIndonesia. Acara diadakan di Lapangan Karebosi Makassar pada hari Minggu tanggal 22 Juli 2017. Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo melepas sekaligus ikut serta dalam Fun Walk yang diadakan lalu dilanjutkan dengan pelepasan balon sebagai tanda sosialisasi program "Buka Rekening Bertaburan Hadiah" yang berlangsung selama bulan Mei - September 2017, dimana masyarakat yang membuka rekening tabungan dalam periode tersebut bisa membawa pulang hadiah berupa 1 unit mobil Toyota Sienta dan 30 unit TV LED Samsung.

Gubernur Sulsel berbincang santai dengan Andy F. Noya dan pimpinan BCA
Suasana pelepasan balon

Baca juga : BCA Ngobrol Bareng Blogger

Slogan HUT ke-60 BCA yakni Menjadi Lebih Baik dengan 3 pilar utamanya : Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik dan Berbagi Lebih Baik. Adapun aksi berbagi #BukuUntukIndonesia berupa penyerahan secara simbolis kepada 11 Kepala Sekolah se-Kota Makassar, yaitu :

1. SDN. Balang Baru
2. SDN. KIP Bara-baraya II
3. SDN. Inpres Borong
4. SDN. No.11 Bontojai
5. SDN. Barombong No.3
6. SDN/Inpres BTN Pemda
7. SDN. Labuang Baji II
8. SDN. Mamajang I 
9. SD. Inpres Gontang
10. SD. Inpres Lanraki
11. SDN. 178 Inpres Lamangkia

Penyerahan buku oleh oleh Kepala Kantor Wilayah IV BCA Frengky Chandra Kusuma
*pic by winarni.com
Para penerima donasi buku dari BCA
*pic by liadjabir.com

Penyerahan buku dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah IV BCA Frengky Chandra Kusuma, Kepala BCA KCU Makassar Widy Tarmizi dan Kepala BCA KCU Panakkukang Anggraeni Tedjokusumo. Masing-masih sekolah mendapatkan 200 buah buku yang sesuai dengan usia anak sekolah dasar dan diharapkan dapat menciptakan generasi muda penerus bangsa yang cerdas, berkualitas dan berakhlak mulia.

Lalu, acara edukatif yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua yang hadir di Lapangan Karebosi pagi itu adalah talkshow dengan narasumber Duta Baca Indonesia, Andy F. Noya yang ngetop dengan acaranya di Metro TV "Kick Andy". Andy didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah IV BCA Frengky Chandra Kusuma dan Vice President Kerjasama Transaksi Perbankan BCA Liza L. Widyasari.

Talk show Andy F. Noya

Andy mengatakan bahwa jika ke Makassar ia serasa pulang kampung karena pernah tinggal di Makassar pada tahun 1960an. Andy sempat bersekolah di TK Nusantara yang letaknya tidak jauh dari Lapangan Karebosi, tempat acara pagi itu berlangsung. Ia banyak bercerita nostalgia masa kecilnya di Kota Makassar yang sangat menyenangkan, termasuk tentang neneknya yang sering membacakannya dongeng Si Tudung Merah dalam bahasa Belanda. Andy menyarankan kepada para orang tua untuk rajin membacakan dongeng atau buku cerita kepada anak sejak usia dini karena sangat bermanfaat untuk membangkitkan minat baca pada anak. Menurutnya, minat baca masyarakat Indonesia yang dikatakan rendah tidak sepenuhnya benar, karena di pelosok daerah sebenarnya banyak yang  ingin membaca tapi sulit  mendapatkan buku. Kenapa? Karena akses ke daerah mereka yang  susah dijangkau. Untuk itulah Andy mengingatkan kepada semua yang hadir bahwa kita semua harus peduli agar seluruh rakyat Indonesia bisa cerdas melalui buku. Hal ini bukan hanya tugas pemerintah semata.

Blogger Makassar selfie bareng Andy F. Noya

Ada pun program donasi yang dikonversikan menjadi buku, menurut Pak Frengky, Kota Makassar menempati urutan pertama sebagai donasi terbesar. Selain di Makassar, BCA juga sebelumnya telah mengadakan Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia di Lampung pada tanggal 21 Juli yang lalu. Pada tanggal 25 Juli nanti, Aksi Berbagi ini juga akan serempak diadakan di 3 kota dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Ketiga kota tersebut adalah Garut mewakili Jawa, Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur. Kemudian penyerahan akan dilakukan di Aceh mewakili Sumatera dan Singkawang mewakili Kalimantan. Penyerahan selanjutnya buku-buku akan didistribusikan ke sekolah-sekolah lain di berbagai daerah di Indonesia.

Berbicara tentang BCA, ternyata Andy F. Noya adalah bintang iklan pertama kartu ATM BCA lho! Itulah mengapa Andy selalu setia menjadi nasabah BCA sejak dulu. Andy menghimbau kepada para orang tua agar mengajari anak menabung, termasuk mengelola sendiri keuangan mereka agar sejak dini anak bisa mengerti nilai uang dan bertanggung jawab dalam menggunakannya. Ibu Liza pun menambahkan bahwa untuk bertransaksi di BCA sekarang sudah sangat mudah dengan adanya aplikasi-aplikasi seperti Halo BCA, SMS Banking, BCA Mobile dan sebagainya.

Di akhir acara, diadakan pengundian door prize buat para peserta Fun Walk yang telah setia menunggu sejak tadi. Mulai dari kipas angin, TV LED, mesin cuci, kulkas hingga sepeda diberikan kepada peserta yang nomor undiannya beruntung.

Pengundian hadiah door prize

Acara perayaan HUT ke-60 BCA ini benar-benar meriah, tidak hanya menghibur tapi juga mengedukasi dengan talk show oleh Andy F. Noya dan sangat bermanfaat bagi 11 sekolah penerima donasi #BukuUntukIndonesia.

Yuk, ikut berbagi #BukuUntukIndonesia demi kecerdasan anak bangsa! Klik linknya www.bukuuntukindonesia.com


Blogger Makassar di acara BCA Berbagi #BukuUntukIndonesia




Posting Komentar