Rabu, Agustus 16, 2017

Tampil Modis Dengan Kebaya Modern


Setelah lebaran Idul Fitri dan Idul Adha adalah saat-saat dimana banyak berdatangan undangan pernikahan. Baik itu dari keluarga, tetangga, kolega hingga teman. Sepertinya waktu-waktu tersebut jadi waktu favorit buat orang menikah, mungkin karena dengan pertimbangan sekaligus bisa bersilaturahim dengan semua orang dalam nuansa lebaran. Entahlah...

Tapi, disaat terima undangan pernikahan seperti ini kadang bikin galau juga. Kenapa? Karena itu berarti kita harus berpakaian yang pantas, menyesuaikan dengan acara. Nah, baju apa yang pantas dipakai seorang wanita ke acara pernikahan? Kebaya tentu saja!

Baca juga : #SannengTalks5 : 3 Must Have Fashion Items


Berkebaya modern dengan teman-teman di acara resepsi pernikahan

Kebaya adalah salah satu busana adat yang sarat dengan makna filosofis dari daerah kebaya itu berasal. Buat sebagian orang mungkin masih ingat penampilan neneknya jaman dulu yang selalu memakai kebaya. Terlihat begitu anggun dan feminin namun terkesan jadul.

Seiring dengan tumbuhnya trend fashion, kebaya mengalami proses transformasi yang tadinya sekedar busana sehari-hari di rumah, disulap menjadi busana yang mempesona atau disebut juga kebaya modern. Saat ini trend model kebaya modern terus mengalami perkembangan, tak heran lagi jika kini kebaya hadir dalam banyak ragam desain, dimana setiap desainnya menampilkan keunikan tersendiri. 

Bahan kebaya juga semakin beragam. Jika dulunya hanya terbatas pada kain chiffon/sifon dan brocade/brokat, kini aneka kain bisa juga dibikin model kebaya. Yuk kita pelajari jenis-jenis kain yang biasa digunakan untuk kebaya :

💮 Brokat
Kebaya yang menggunakan kain brokat akan terlihat lebih mewah dan elegan. Ada banyak jenis brokat, tapi yang lazim digunakan untuk kebaya adalah brokat Prancis yang memiliki kualitas cukup bagus.

💮 Satin
Satin merupakan salah satu jenis kain yang memiliki ciri khas permukaannya yang mengkilap dan licin. Hal ini dikarenakan kain ini dibuat dengan cara ditenun menggunakan teknik serat filamen.

💮 Organdi
Kain organdi memiliki bentuk yang lembut dan berkilau. Biasanya sangat tipis dan menerawang karena terbuat dari tenun sutra. Meskipun tidak dapat menyerap keringat, tapi banyak juga perancang ternama menggunakan kain ini untuk desainnya.

💮 Katun
Ciri umum dari kain katun yaitu mudah kusur, mudah menyerap keringat, rentan terhadap jamur serta bahan terasa dingin. Teksturnya yang lembut serta mudah menyerap keringat membuat kain katun sering digunakan dalam pembuatan kebaya, terutama kebaya encim.

💮 Sifon
Sifon mempunyai ciri khas yag hampir sama dengan satin, yang membedakan adalah bagian belakang dari kain ini tidak licin dan tidak mengkilap.

Baca juga : Chiffon For Work

💮 Taffeta
Ini adalah jenis kain dengan serat sintetis yang halus. Serat benang yang ada pada bahan ini jauh lebih kaku daripada bahan orgadi, dna harga untuk kain inni juga lebih mahal dibadingkan dengan organdi.

💮 Tulle
Ini adalah kain dengan bentuk seperti jala dengan lubang-lubang kecil. Disebut juga kain Tile. Kain seperti ini menggunakan kombinasi beberapa serat seperti rayon, nylon, dan sutra. 

💮 Beludru & Suede
Kain halus dan lembut terbuat dari bahan sintetis yang bertumpukan dengan serat lainnya seperti katun, nilon, polyester itulah kain beludru. banyak orang yang belum bisa membedakan antara kain bludru dan kain suede. Tampilan halus dan lembut yang sama namun beda asal dan kualitasnya. Bludru terbuat dari bahan sintetis yang berserat sedangkan suede terbuat dari kulit bagian dalam yang dibalik, untuk lebih membedakan lagi caranya dengan dibakar kalau bludru mudah terbakar dan hangus jadi abu kalau suede bahan yang sulit terbakar dan menimbulkan bau seperti bulu terbakar.

💮 Sutra
Di Sulawesi Selatan, sangat lazim orang membuat pakaian berbahan sutra. Harganya yang relatif mahal dan perawataannya yang tergolong agak susah, membuat pemakai sutra terlihat mewah dan berkelas.

Berikut ini beberapa foto saya dan teman-teman mengenakan kebaya modern dengan aneka bahan :
Ery dengan kebaya brokat + sarung sutra & Ina dengan kebaya organdi + sarung batik
  Ery dengan kebaya modern bahan sifon, sedangkan Alifah, Dinda & Puang Herda memakai brokat
Ery dengan brokat model panjang & Nilda dengan kebaya sifon berenda + sarung sutra

Sedangkan untuk motif dan aplikasi, ada 2 macam yang selalu menjadi favorit, yakni :

💟 Batik
Batik merupakan kain sakral bagi suku Jawa yang biasa digunakan untuk kalangan tertentu. Setiap motif batik mempunyai makna filosofi tersendiri. Motif batik bisa diaplikasikan pada kain apa saja, mulai dari katun hingga sutra. Ada 3 tekhnik membatik, yakni batik tulis, batik lukis dan batik cap. 

💟 Dobby
Kain dobby adalah kain bermotif yang dihasilkan dari proses tenun. Bahan baku untuk membuat kain dobby bisa menggunakan bahan dari serat kapas, nilon maupun sutera. Bahkan banyak kain dobby dihasilkan dari kombinasi ketiganya, Salah satu contoh adalah campuran antara katun dengan viscose sehingga akan menghasilkan kain dobby yang sangat cantik, pada bagian motif akan mengkilap seperti sutra karena efek benang viscose.


Ery dalam balutan baju dan sarung dobby

Adapun untuk model kebaya modern sekarang ini sudah banyak sekali bertebaran di internet. Kita mau model ada apa saja, tinggal browsing. Tapi biar gak lebih bingung, kamu bisa menemukan banyak koleksi kebaya modern di ZALORA Indonesia yang sesuai dengan gaya kamu.

Jadi, gak galau lagi kan saat terima undangan pernikahan atau apapun itu? 😉

Kembaran bareng Alifah

Eh iya... Ery ngadaian GIVEAWAY nih! Ikutan yuk 😉 hadiahnya menarik dan syaratnya pun gampang aja. Klik di postingan EMaronie Giveaway # 1



  
Posting Komentar