Senin, Agustus 21, 2017

#SannengTalks6 : Sehari Bersama Ery

Heyho manteman!
Ketemu lagi di postingan Sanneng Talks.
Kali ini pengen bahas daily life yakni kegiatan sehari-hari.

24 jam dalam 1 hari kamu ngapain aja sih?


So, mari ikuti keseharian saya...
Sehari bersama ERY 😊

Mungkin untuk saya banyak yang tanya tentang ini. Soalnya banyak juga yang kira saya selalu di berada di luar rumah setiap hari, padahal... belum cencuuu! Kadang juga seharian malah tinggal di rumah aja, gak ke mana-mana. Jadi, kegiatan saya sehari-hari gak tentu sih, kadang di rumah kadang juga di luar rumah. Seperti itcyuuu...

Baca juga 

Kalo pun saya harus keluar rumah, itu berarti ada yang emang harus saya kerjakan di luar rumah misalnya jemput Nadhif pulang sekolah, antar les, ke laundry, ngecek butik, meeting, menghadiri kegiatan blogger dan semacamnya. Gak pernah saya keluar rumah sekedar "jalan kosong" atau "nongki kosong". Itupun keluarnya gak lama, paling juga 3 jam dan seringnya bareng anak-anak.

Baca juga : Kami Dan Anak-Anak

Karena itu kalo ditanya 24 jam dalam 1 hari ngapain aja? Berarti saya harus bikin 2 activity nih, yang indoor dan outdoor #eh apa sih.. maksudnya, saat di rumah aja dan saat "harus" keluar rumah.

🏡  Saat Di Rumah Aja

Pagi setelah bangun tidur saya langsung ngedapur untuk bikin sarapan. Sarapannya cuman roti sih, gak pernah makanan berat. Lalu siapin baju kantornya Atu dan baju sekolahnya Nadhif. Setelah itu duduk manis sarapan bareng Atu dan Nadhif yang udah lengkap dengan pakaian masing-masing, sambil nonton siaran religi di televisi.

Mungkin ada yang nanya, "Mana Alifah dan Faizah?" Mereka belum bangun jam segitu! Hehe...

Selesai sarapan, Atu dan Nadhif berangkat ke kantor dan sekolah. Saya pun lanjut berbenah rumah. Mulai dari siram bunga, cuci pakaian dalam, menjemur, endebrei...endebrei... sesekali diselingi kegiatan ngecek atau posting sesuatu di sosial media.

Jam 9 adalah jam bangunnya Faizah. Dikasi sarapan roti dulu. Itu biasanya dia lakukan sambil nonton film kartun atau you tube di televisi. Setelah sarapan, minum vitamin, langsung mandi atau malah main lagi.

Faizah main di taman

Untuk urusan cuci piring, beresin tempat tidur dan menyapu itu tugasnya Alifah. Biasanya dia bangun jam 10 langsung deh kerjain semuanya setelah sarapan.

Baca juga : Breakfast

Berhubung saya gak bisa masak, jadinya saya langganan makanan catering rumahan aja. Biasanya jam 11.30 rantangnya dianterin, disaat kondisi rumah terutama dapur, sudah rapi. Pertama suapin Faizah dulu, tapi lebih sering sih dia makan sendiri tanpa disuapin, jadi kami makan bersama. Sudah makan, waktunya santai sejenak. Biasanya saya temenin Faizah nonton televisi sampai dia bobo siang, saya pun ikut tertidur. Tapi lebih sering sih saya gak tidur, lebih asyik ngerjain yang lain. Di waktu inilah biasa saya kerjain hobby saya, seperti ngeblog, ngecraft, foto-foto produk dan sebagainya.

Ngecraft di rumah

Saat jelang sore, segelas kopi atau teh tarik siap menemani saya lagi. Ini sambil ngobrol sama Alifah dan Nadhif atau sambil nonton televisi atau ngerjain sesuatu seperti melipat pakaian dalam yang udah kering. Tapi tentu saja ini saya lakukan setelah Faizah mandi sore dan udah wangi lagi.

Setelah Maghrib, baru deh siapin makan malam. Kalo makanan rantang udah habis sejak siang, berarti untuk makan malam mesti beli makanan atau sekalian makan di luar sekeluarga.

Jam 9 masuk kamar, ngobrol sama Atu sambil nonton, trus bobo. Atau kalo ada tulisan yang harus dipublish keesokan harinya ya diselesaiin malam hari. Udah deh.. gitu aja.

🚗  Saat Keluar Rumah

Kalo harus keluar rumah, aktifitasnya lain lagi. Saya tuh sukanya kalo janjian sama teman atau relasi, pilih waktunya siang hari pas jam makan siang. Kenapa? Biar gak perlu rantangan! Haha...😜

Aktivitas paginya sih tetap aja, mulai dari bikin sarapan trus beberes kerjaan rumah seperti mencuci pakaian dalam. Malah harus gerak cepat atau tidak dikerjakan sama sekali mencucinya, cuman beresin tempat tidur dan nyapu. Alifah dan Faizah juga mesti dibangunin lebih pagi.

Ready to go

Jam 10 atau 11 itu jadwal standarku untuk keluar rumah. Biasanya kalo keluar rumah udah ada list mau ke mana aja. List ini gak jarang harus saya tulis tangan dan simpan di dashboard mobil lho! Hehe.. Biar ingat harus ke mana aja dan rute perjalanannya gak muter-muter.

Tapi hampir setiap kali saya keluar, tujuan pertama singgah dulu di butik buat ngecek barang dan buku kas. Lalu ke laundry. Trus cuzzz ke tempat tujuan yang lebih seringnya sih di mal atau cafe. Ya seperti yang saya tulis tadi, ya arisan, ya ikut pertemuan blogger, ya ketemuan teman bahas bisnis atau apalah sambil makan siang.

Arisan bareng teman SMP

Jam 15.30 waktunya Nadhif pulang sekolah berarti saya harus cepat-cepat menjemput. Tapi biasa juga dia langsung lanjut main futsal sampai jam 17.30.

Kalo sore harinya ada di luar rumah berarti ngopi sorenya ya di luar. Tapi saya batasin pulang ke rumah sebelum Maghrib. Biasanya kalo sampe sore di luar itu karena urusannya masih lanjut seperti ngantar Nadhif les renang dan sebagainya.

Untuk makan malam biasanya saya gak keluar rumah lagi kalo udah keluar di siang hari, cukup pesan aja lewat GoFood atau beli martabak dan sate depan rumah. Soalnya kalo siang udah keluar rumah, malam udah capek banget bo! Pengennya istirahat aja.

Well, itu sih kegiatan keseharianku. Saya emang gak pake asisten, semua saya kerjakan sendiri. Walopun kadang terasa melelahkan tapi kalo dijalani dengan ikhlas yaa akhirnya dirasa enjoy aja.

Baca juga : Jadi Mami Gak Boleh Sakit!

Saya juga punya TIPS nih biar kegiatan sehari-hari gak keteteran :

Kegiatan Dalam Rumah

1. Kerjasama seluruh anggota keluarga itu penting!
Adakan pembagian tugas, seperti siapa yang harus cuci piring, menyapu, membuang sampah, siram tanaman, bahkan hingga mengunci semua pintu setiap malam.

2. Dahulukan pekerjaan yang lebih penting. 
Emang sih semua terasa penting untuk dikerjakan, tapi kalo kondisi gak memungkinkan ya kerjakan yang lebih penting dulu. Misalnya harus cepat-cepat keluar rumah karena ada meeting, artinya pekerjaan rumah harus dipending dulu.

Kegiatan Dharma Wanita yang harus dihadiri pagi hari

3. Delegasikan pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh orang lain atau ahlinya.
Pekerjaan seperti mencuci kamar mandi atau memperbaiki antena televisi bisalah panggil orang lain untuk mengerjakannya.

4. Sisipkan waktu untuk diri sendiri
Gak jarang dalam sehari kita bekerja tanpa henti dan akhirnya kelelahan. STOP! Berhenti sejenak. Selingi dengan kegiatan yang menyenangkan buat diri sendiri seperti duduk minum syrup segar sambil ngecek sosial media.

Kegiatan Luar Rumah

1. Catat tujuan dan rute
Sebelum keluar rumah sebaiknya lakukan ini biar gak kebingungan saat sudah di jalan.

Catatan tujuan dan ruteku

2. Manfaatkan tekhnologi
Gunakan aplikasi Google Maps atau Waze di jalan biar gak nyasar atau kejebak macet.

3. Gunakan waktu di luar rumah secara maksimal
Saat kita harus keluar rumah sebaiknya semua kegiatan yang harus dikerjakan di luar rumah langsung diborong semua. Misalnya harus ke laundry, ke bank, mengirim paket, belanja bulanan dan sebagainya, kerjakan dalam 1 hari supaya besok gak perlu keluar rumah lagi.

4. Tentukan durasi berada di luar rumah
Misalnya kita keluar rumah jam 10 pagi dan harus pulang jam 3 sore, hal ini biar semua urusan di luar rumah selesai dengan cepat dan gak ada waktu yang terbuang sia-sia hanya karena obrolan bareng teman gak tamat-tamat. Setelah semua urusan selesai sebaiknya langsung pulang.

TIPSnya mungkin asal aja ya, tapi buat saya yang sudah menerapkannya bermanfaat banget. Jadinya semua bisa saya kerjakan dengan santai.

Kalo semua urusan udah selesai, kita bisa santai kayak di pantai...

Kalo kamu sendiri, gimana kegiatan keseharianmu? Cerita donk di kolom komentar... 😉

Eh iya... Ery ngadaian GIVEAWAY nih! Ikutan yuk, hadiahnya menarik dan syaratnya pun gampang aja. Klik di postingan EMaronie Giveaway # 1




Posting Komentar