Minggu, Juli 09, 2017

Serius Nih Mau Jadi Blogger?


Siang itu, dengan bersemangat, saya menuju ke Aims' Cafe di Jalan Ratulangi, Makassar. Ada Kelas Menulis MAM alias Makkunraina Anging Mammiri yang diadakan setelah kurang lebih 2 bukan vakum karena kesibukan masing-masing anggotanya, hehe...

Gimana gak bersemangat saya untuk hadir, selain karena udah lumayan lama gak menimba ilmu, juga karena udah kangen banget sama teman-teman blogger yang lain, yang emang jarang ketemu kecuali saat Kelas Menulis. Tapi yang paling penting sih karena pematerinya dan tema yang dibawakan, yakni Mugniar dengan tema seperti judul tulisan ini, Serius Nih Mau Jadi Blogger?


Mugniar, yang akrab disapa Kak Niar, adalah salah satu blogger perempuan senior, bukan hanya ukuran se-Kota Makassar, tapi nasional lho! Beliau ngeblog sejak tahun 2006, yang mana tahun itu saya masih sibuk sebagau karyawan kantoran dan belum ngeh sama yang namanya blog 😛

Selain itu juga sudah menghasilkan beberapa terbitan buku. Sudah banyak pula pelatihan menulis yang beliau ikuti. Makanya gak heran kalo beliau menjabat sebagai pengurus di beberapa komunitas blogger dan penulis bahkan sebagai ketua presidium Ibu-Ibu Doyan Nulis Makassar.

Blog Kak Niar bisa kamu baca di www.mugniar.com

Kak Niar

Sesuai temanya "Serius Nih Mau Jadi Blogger?" Kak Niar membeberkan beberapa pertanyaan.

1. Apa alasan kita ngeblog?
Ada yang karena emang suka nulis, ada yang sekedar pengen curhat, ada yang ingin mendokumentasikan perjalanan hidupnya dan gak sedikit yang karena pengen dapat uang dari menulis blog.
Kalo saya sih awalnya karena mau menulis perjalanan hidan, semacam aktivitas keseharianku seperti apa dan gaya hidup masa kini, hingga akhirnya sekarang tujuan menulisku sudah makin meluas yakni ingin berpenghasilan dengan ngeblog 😊

2. Adakah manfaat yang didapat dari ngeblog?
Buanyak! Seperti menjadi "prasasti sejarah,",  keterampilan menulis semakin terasah, memperluas wawasan, memperbanyak teman, menginspirasi orang lain dan tentu saja menambah rezeki.

3. Harapannya ke depan ingin terus ngeblog untuk apa? 
Saya pribadi pengennya tulisan-tulisan saya ini jadi warisan buat anak cucu saya. Kelak mereka membacanya dan jadi tau perjalanan kehidupan saya seperti apa, khusunya dalam.hal pengembangan diri. Syukur-syukur jika bisa menginspirasi mereka.

4. Mau ngeblog sampai kapan?
Sampai kapan pun selama saya masih waras, tetap bisa aktif dan produktif. Ngeblog buat saya berarti seumur hidup dengan segala manfaat yang telah saya peroleh.

5. Serius nih jadi blogger?
Selama kita masih aktif ngeblog, maka kita adalah blogger. Serius tidaknya tentu tergantung dari bagaimana kita memperlakukan blog kita sendiri ☺

Peserta Kelas Menulis MAM
*pic by qiahladkiya.com

6. Lantas, beranikah kita menentukan target, misanya 1 Day 1 Blog post?
Hihih... Nah lho! Yang ngaku blogger bisa gak nih? Ada beberapa orang yang ngaku blogger tapi udah syukur bisa nulis 1X dalam sebulan. Malah ada yang sampai parah pale lupa password segala setiap kalo mau masuk ke akun blognya. Saking lamanya tuh blog dianggurin! Pfiuh... 😧
Saya sendiri bisa koq 1 day 1 blog post, tapi gak mau ngoyo. Yang penting target 1 minggu terbit 2 tulisan. Udah bagus banget kan tuh targetku? 😉

Namanya juga Kelas Menulis MAM, maka yang hadir tentunya perempuan semua. Kak Niar menjelaskan bahwa perempuan itu harus menulis agar atau untuk :

1. Menyuarakan kepentingannya.
2. Mengajari anak-anak untuk berani mengeluarkan pendapat.
3. Menjadi Ibu yang cerdas untuk membimbing anak-anak.
4. Menjadi peka terhadap perkembangan zaman.
5. Mengembangkan wawasan dirinya.
6. Mengembangkan wawasan perempuan lain.
7. Aktualisasi diri.
8. Sebagai penyeimbang dari sisi feminin.
9. Perempuan berhak bahagia.
10. Merasakan berbagai manfaat ngeblcom

Saya & Lia
*pic by qiahladkiya.com

Saat sesi tanya jawab saya pun bertanya. Karena karakter saya yang selalu to the point, gaya penulisan saya pun kadang singkat dan lugas. Saya suka baca tulisan Kak Niar atau Awie yang cukup panjang karena detail dan terperinci. Gimana tuh caranya bisa menulis dengan detail dan panjang lebar seperti itu?
Kak Niar menjawab bahwa tulisannya sering dilengkapi dengan data-data sehingga informasinya lengkap. Selain itu cara bertuturnya juga panjang dan terperinci.


Kurang lebih 1,5 jam Kak Niar berbagi ilmu kepada kami. Senangnya saya karena dapat ilmu baru lagi. 

Siang beranjak sore, saya pun pulang dengan niat yang mantap bahwa saya serius akan selamanya menjadi seorang BLOGGER dan bangga akan hal itu!

We're bloggers
*pic by qiahladkiya.com
Posting Komentar