Senin, Juli 10, 2017

#SannengTalks3 : Senandung Ceribel Yang Sumbang

Selamat Hari Senin, manteman!
Waktunya Sanneng Talks kembali tayang.

Kamu pasti tau donk sama girl band Cherry Belle yang ngetop dengan lagunya "you are beautiful, beautiful, beautiful...". Semua yang baca pasti langsung ikutan nyanyi, ya kan? 

Sedangkan kalo CERIBEL, ada yang tau gak? Hehe... ini sih sekedar istilah. Akronim dari CERIta BELakang alias ngomongin orang.


Di antara kamu pasti pernah ngalamin kejadian diceribel sama orang, baik teman bahkan mungkin keluarga sendiri. Atau jangan-jangan malah kamu juga pelaku ceribel? Hiihii.. ayooo ngaku! Saya sih ngaku, kadang juga sering keceplosan ceribel 

Tapi kalo kita jadi korban, emang gak enak rasanya begitu kita tau diceribel sama orang, apalagi kalo yang dicerita itu sesuatu yang negatif dan gak benar faktanya. Gosip gitu lah... Tentu saja bikin kita marah. Eh, tentu bakal lebih marah lagi kalo yang diceribel adalah tentang rahasia kita. Bener gak?


Buat saya yang berkepribadian tegas, cenderung tempramental, gak suka neko-neko dan lebih suka bicara di depan, langsung dan to the point, ketika tau ada yang ceribelin saya dan itu gak benar, sudah pasti akan saya datangin orangnya dan mengkonfrontir ceritanya. Ada beberapa pengalaman saya tentang ceribel ini dan seringnya sih jadi korban. Maklum, artis #eh  tapi gak usahlah dibahas di sini.

Ilustrasi adegan ceribel, hihi 😆

Well, semakin ke sini, semakin usia bertambah, sedikit demi sedikit saya jadi sadar diri juga sih. Belajar dari pengalaman, mengamati kejadian di sekitar, memetik hikmah dari setiap peristiwa, bisa membuat pola pikir kita lebih sehat dan mendewasakan diri.


So, dari hal itu ada beberapa TIPS a la ERY kalo kamu dengar ada yang ceritain kamu di belakang :

♤ Cuekin aja
Ini tentu saja langkah paling ampuh. Kalo cerita tentang kamu itu gak benar, ya cuek aja. Tetap melangkah, gak usah peduli sama ceribel.


♤ Pastikan sumbernya terpercaya
Yang sampein informasi kalo ada orang yang ceritain negatif tentang kamu di belakang itu perlu juga kamu tau karakternya. Apa informasinya bisa dipercaya? Jangan-jangan dia juga "Drama Queen" yang suka menambah-nambahin cerita? Atau malah dia juga gak suka sama kamu.


♤ Konfrontasi cerita tersebut
Temui si pelaku ceribel itu, tapi jangan langsung melabrak. Tanyakan dulu baik-baik apa benar dia pernah ceritain kamu di belakang? Kalo perlu kamu sebutkan sumber informasinya dari siapa, lebih bagus lagi kalo si penyampai cerita itu ikut dalam pertemuan itu supaya semua bisa jadi jelas.


♤ Ambil keputusan
Saatnya kamu memutuskan mana teman yang bisa dipercaya, mana yang tidak. Kalo ternyata beneran ada yang ceribelin kamu, apa kamu masih mau temenan sama dia? Buat saya sih, it's a big NO!


♤ Jangan jadi pelaku ceribel
Perlakukan orang sebagaimana kamu mau diperlakukan. Kalo kamu udah tau betapa gak dienaknya dicerita di belakang, maka jangan lakukan hal itu ke orang lain. It's fair, isn't it?

Jangan ceribel biar pertemanan awet


Baca juga : Sirik Tanda Tak Mampu

Semoga TIPS dari Ery ini bisa bermanfaat ya buat kamu terapkan untuk menghadapi ceribel. Walopun sebenarnya juga tergantung dari diri kita. Jangan berbuat hal-hal yang neko-neko yang bisa memancing orang untuk bercerita di belakang kita, karena kita gak akan pernah bisa menahan mulut orang lain untuk tidak berkomentar.

Peace, love & happy, manteman! ☺


Posting Komentar