Sabtu, Mei 27, 2017

Kopi Punya Cerita



"Setiap hal yang punya rasa, akan selalu punya nyawa.
Setiap penikmat kopi pasti akan menemukan diri mereka dgn minum kopi."

Demikian kata Ben dalam acara Kopi Punya Cerita, di Trans Studio Mall, hari Kamis tanggal 25 Mei 2017 lalu.

Ben adalah tokoh yang diperankan Chicco Jerikho dalam film Filosofi Kopi. Kalo kamu udah nonton filmnya pasti udah tau karakter Ben dalam film itu. Film yang diangkat dari novel berjudul sama, karya Dewi Dee Lestari ini bercerita tentang 2 orang sahabat, Ben dan Jody yang sama-sama terobsesi dengan kopi sehingga mereka pun membuka kedai Filosofi Kopi.

Setelah 2 tahun, akhirnya film Filosofi Kopi 2 akan tayang. Dan kehadiran mereka di Trans Studio Mall sore itu dalam rangka promo film yang akan tayang tersebut. Selain Chicco Jerikho, juga hadir Rio Dewanto, yang dalam film berperan sebagai Jody, sahabat Ben.

Oleh Manajemen Trans Studio Mall, saya diundang sebagai blogger untuk menghadiri acara Bincang-bincang Kopi Punya Cerita bareng Ben dan Jody. Dan karena undangan berlaku untuk 2 orang blogger, maka saya lantas mikir kalo orang yang paling pas untuk hadir adalah Daeng Ipul, blogger senior yang emang pencinta kopi. Kenapa saya tau? Karena udah banyak tulisan dia yang mengulas tentang kopi.

Iklan acara

Acara Bincang-bincang Kopi Punya Cerita ini diadakan di Captain Coffee, sebuah kedai kopi yang terletak di Lower Ground Trans Studio Mall. Di undangan tertera acara dimulai jam 4 sore dan saya datang agak telat hehe.. Tepat jam 4.30 Rio Dewanto dan Chicco Jerikho muncul di tempat acara dan area sekitar pun menjadi semakin ramai dengan para pengunjung yang heboh melihat 2 aktor ganteng tersebut ada di depan mata mereka.

Acara dibuka dengan cerita Rio dan Chicco tentang film Filosofi Kopi 2 yang akan tayang tanggal 13 Juni 2017. Jika di film Filosofi Kopi memperkenalkan kopi2 di Indonesia dan kehidupan barista, maka di film Filosofi Kopi 2 cerita tentang kopi lebih dalam lg, termasuk pada proses penanaman kopi. Dan yang istimewa dari film Filosofi Kopi 2 karena Makassar dan Toraja termasuk menjadi lokasi syutingnya.

Rio Dewanto & Chicco Jerikho
Jody & Ben

Saat sesi tanya jawab dibuka, saya pun gak mau ketinggalan momen. Saya bertanya apakah film Filosofi Kopi 2 ini masih berdasarkan cerita dalam bukunya Dewi Lestari? Karena setau saya di film Filosofi Kopi seluruh cerita dalam buku sudah selesai diceritakan. Dan pertanyaan saya ini dijawab secara bergantian oleh Chicco dan Rio. Chicco memaparkan bahwa film Filosofi Kopi 2 adalah hasil interaktif dengan penonton melalui website www.filosofikopi.com, dimana penonton memberikan masukan ide cerita, termasuk seperti apa pengembangan karakter dan penampilan Ben dan Jody dalam film tersebut. Rio menambahkan bahwa peran Dewi Lestari dalam film ini masih tetap ada, yaitu dalam memberikan supervisi, karena biar bagaimana pun awal film ini ada berdasarkan novel Filosofi Kopi.

Saya nanya apa hayooo???
Wefie!

Seperti yang kita tahu, setelah sukses dengan buku dan film, ada pula cafe Filosofi Kopi yang berdiri di daerah Melawai, Jakarta. Cafe yang juga menjadi lokasi syuting film Filosofi Kopi ini adalah milik Rio Dewanto dan Chicco Jerikho. Dari review-review yang saya baca di internet, cafe ini terbilang sangat sukses. Adikku, Sherief, bahkan lumayan sering ke sana. Pada sesi tanya jawab ada yang bertanya, kapan cafe Filosofi Kopi buka di Makassar? Rio menjawab bahwa mereka membuka system franchise, dan sebenarnya sudah ada 2 pengusaha asal Makassar yang berminat untuk membeli franchisenya. Bahkan Rio sudah pernah datang ke Makassar untuk site visit, melihat lokasi yang akan diperuntukkan membuka cafe Filosofi Kopi tersebut, namun sepertinya mereka belum mencapai kesepakatan.

Usai sesi tanya jawab, Chicco dan Rio lantas masuk ke dalam serving area Captain Coffee. Chicco melakukan atraksi meracik kopi. Para pengunjung makin heboh dan meringsek ke depan bar Captain Coffee. Chicco yang sejak kecil sudah mengenal kopi karena bapaknya adalah peminum kopi memang terlihat piawai sebagai barista. Sesuai dengan katanya 

"Ketika menjadi barista itu harus dihayati, harus ada rasa. Bikin kopi itu seperti meditasi."

Kemudian terhidanglah segelas kopi lengkap dengan latte art-nya. Sayang sekali saya gak dapat kesempatan untuk foto hasil kopi buatan Chicco itu, saking padatnya pengunjung di sekitar area bar Captain Coffee.

Ben meracik kopi didampingi oleh Jody

Setelah acara Bincang-bincang Kopi Punya Cerita selesai, Chicco dan Rio kemudian dibawa ke kantor Manajemen Trans Studio Mall. Wah kesempatan nih buat foto bareng, pikirku... Tapi saya langsung teringat Dg.Ipul, sedari tadi saya belum lihat penampakannya! Hihi... Ketika saya telfon, rupanya Dg.Ipul baru tiba di TSM. Saya pun memintanya untuk langsung menuju ke kantor Manajemen TSM. Gak lama kemudian Dg.Ipul pun nongol. Lalu, teman-teman dari Manajemen TSM lantas mempersilahkan kami untuk ketemu sama Rio dan Chicco.

Ketika akhirnya bertemu, 2 artis ini malah heboh lihat Faizah. Mereka langsung menyambut dengan setengah berteriak "Eh...siapa ini? Lucunyaaa" Rio bahkan sampai jongkok untuk mencium Faizah. Aah.. senangnya Maminya Faizah! Haha... Alifah juga gak mau ketinggalan donk, dia lantas membuat video boomerang bareng Chicco, hehe... Kesan pertama, mereka begitu humble dan komunikatif.


Dg.Ipul pun gak menyia-nyiakan kesempatan untuk ngobrol panjang lebar tentang kopi. Pertama dengan Chicco Jerikho, karena Rio Dewanto harus di-make up untuk sesi pemotretan. Mereka ngobrolin kopi, mulai dari kopi Toraja hingga lokasi syuting film Filosofi Kopi 2 di Toraja dan di Makassar yang bertempat di Toko Ujung, milik salah seorang teman kami yang juga blogger.

Lalu Rio Dewanto kembali bergabung bersama kami. Obrolan Dg.Ipul kembali berlanjut dan gantian Chicco Jerikho yang harus di-make up. Kali ini obrolan Dg.Ipul dengan Rio membahas tentang Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao Indonesia yang berada di Jember, tentang orang-orang Indonesia yang sudah mulai melek kopi dan mengkonsumsi kopi-kopi terbaik Indonesia hingga impian Rio bahwa suatu saat nanti hasil alam Indonesia yang terbaik lainnya seperti teh dan kakao juga bisa dikonsumsi oleh penduduk negeri ini, bukan hanya kopi.

Dg.Ipul ngobrol bareng Chicco Jerikho
 Obrolan makin seru ketika Rio Dewanto bergabung
Obrolin kopi nih...

Baca juga : Ko Pi Kerja

Cukup lama obrolan berlangsung, hingga akhirnya Rio Dewanto pun dipanggil oleh pihak Manajemen untuk melalukan sesi pemotretan. Akhirnya kami pun harus berpisah. Oya tulisan Dg.Ipul hasil dari obrolan ini bisa kamu baca dalam tulisannya berjudul Film Dan Kopi

Satu pesan yang saya tangkap dari pertemuan saya dengan Chicco Jerikho dan Rio Dewanto, selain sifat humble dan sikap komunikatifnya adalah betapa mereka berdua fokus dengan apa yang mereka kerjakan dalam proyek Filosofi Kopi ini. Tidak sekedar sebagai aktor, tapi juga mendalami segala hal tentang kopi dan ikut mengangkat kopi lokal untuk dinikmati di negeri sendiri. Salut!

Dan aaah... saya pun gak sabar pengen segera nonton penanyangan film Filosofi Kopi 2 tanggal 13 Juni 2017 nanti! 

Chicco Jerikho
Rio Dewanto



Posting Komentar