Selasa, Maret 07, 2017

Workshop Smartphone Photography Oleh Ariana


Hola manteman! 
Senangnyaaa karena EMaronie Organizer udah sukses menggelar Workshop Smartphone Photography yang menghadirkan Ariana sebagai pemateri.

Siapa Ariana? Dia adalah pemilik akun Instagram @ariana_arriana yang punya follower sebanyak 76K karena fotonya emang selalu terlihat keren hingga akhirnya dia sering dipanggil untuk mengajarkan tekhnik foto menggunakan handphone/smartphone.


Berawal dari ketemuan bulanan bareng Yanti, teman kantorku dulu di MaRI dan TSM, kami ngobrolin soal foto-foto cantik yang ada di Instagram. Foto-foto cantik di sini maksudnya bukan orang lho yaa tapi foto yang cantik dari pengambilan, tekhnik editing, styling dan semacamnya. Karena foto yang cantik itulah maka seseorang atau si empunya akun Instagram lantas mendulang follower yang banyak, sehingga layak disebut sebagai selebgram.

Dari semua akun yang memposting foto-foto cantik, Yanti termasuk ngefans berat sama fotonya @ariana_arriana yang emang terlihat selalu keren. Pemilik akunnya yang bernama Ariana bahkan sudah sering dipanggil ke berbagai kota di Indonesia untuk ngajar tekhnik foto cantik menggunakan smartphone. 

Dengan maraknya media sosial saat ini, di mana setiap orang pengen eksis dengan segala cara termasuk dari foto yang diuploadnya. Banyaknya aplikasi foto yang bisa membantu memperindah foto juga memudahkan membuat foto terlihat cantik. Tapi masih banyak pula orang yang belum ngerti caranya tapi pengen belajar.

Workshopnya diadain di Potato Cafe Hotel Gahara Jl. Hertasning Makassar pada hari Sabtu tanggal 4 Maret 2017 mulai jam 2 siang. Adapun sponsor yang turut berpartisipasi di acara ini yakni Telkomsel, Browcyl, Wardah Beauty, Jasmine Boutique dan Bungawalie Salon Muslimah.

Sebanyak kurang lebih 35 orang peserta mengikuti workshop ini. Para peserta berasal dari berbagai kalangan, ada yang dari komunitas, pebisnis online hingga perorangan.

Jam 2 teng acara dimulai. Ariana terlebih dahulu memberikan materi lewat slide presentasi yang udah dia siapkan. Singkat sih presentasinya karena Ariana lebih banyak sharing pengalamannya. Dan sebenarnya kemampuan Ariana menghasilkan foto-foto yang cantik di mata kita itu bukan karena belajar khusus photography tapi berdasarkan pengalamannya dan ketepatannya menggunakan berbagai aplikasi editan foto.

Eyke ngeMC...as usual...hehe
 Ariana on stage
 
Presentasi Ariana

Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan, mulai tentang property yang digunakan sebagai objek foto, waktu foto yang tepat, bahkan ada pula yang bertanya bagaimana bisa Ariana menjaring begitu banyak follower di Instagram, hihi...

Setelah sesi tanya jawab, Ariana mengajak peserta untuk langsung praktek ilmu yang sudah dibagikan tadi lewat presentasi. Ada 5 spot foto yang kami sediakan terdiri dari 2 spot foto dengan objek property Telkomsel, 2 spot foto dengan objek property Browcyl, dan 1 spot foto bebas. Sebelum mulai belajar motret, Ariana bahkan mengajarkan peserta bagaimana cara styling yang bagus untuk property akan yang difoto. Peserta terlihat sangat antusias di sesi praktek ini. Segala jurus dikeluarkan, hehe... Angle foto diambil dari berbagai sudut.

Styling property foto
Mari belajar!

Selanjutnya Ariana me-review foto seluruh peserta yang udah upload di Instagram. Peserta pun seakan gak mau melewatkan kesempatan untuk bertanya lebih detail cara edit foto yang bikin foto tampak lebih apik. 

Bahwa foto itu harus ditentukan akan fokus menampilkan apa, property yang dipakai harus nyambung dengan fokus foto, dan editan itu gak boleh lebay. Ilmu-ilmu seperti itu yang dibagikan oleh Ariana kemarin.

Hasil karya foto sebagian peserta

Dalam workshop ini juga diadakan challenge foto berhadiah produk Telkomsel dan Browcyl untuk objek foto masing-masing sponsor tersebut. Hampir semua peserta nyetor foto sesuai hashtag untuk challenge hingga akhirnya terpilih masing-masing 5 orang pemenang yang dinilai langsung oleh Ariana.

Pemenang challenge foto TSEL4U
 Pemenang challenge foto BROWCYL

Akhirnyaaa semua peserta senang!!!
Dapat ilmu, dapat hadiah dan bisa selfie bareng Ariana :)

Para peserta foto bareng Ariana & EO

EMaronie Organizer juga gak lupa ucapin terima kasih buat seluruh peserta yang sudah berpartisipasi, buat Ariana yang sudah bagi-bagi ilmunya, dan terutama buat para sponsor hingga acara ini terlaksana dengan lancar.

Sampai ketemu di event selanjutnya ;)

Dibalik keseruan workshop, ada kami!

Posting Komentar