Senin, Maret 27, 2017

Workshop Paper Bag Bagi Ibu Rumah Tangga


Setelah 5 hari mengajar marathon di acara Pelatihan Keterampilan Kelompok Pemberdayaan Perempuan yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar, maka pada tanggal 24 Maret 2017 EMaronie Organizer kembali mengajar di acara Peningkatan Peran Dan Kualitas Bagi Ibu Rumah Tangga yang juga diadakan oleh dinas yang sama.

Acara diadakan di Hotel Sarison Makassar mulai jam 9 pagi hingga 4 sore yang terdiri dari 2 sesi kelas. Sebanyak 130 orang ibu-ibu mengikuti workshop cara membuat paper bag atau kantong kertas. Ada 2 macam paper bag yang kami ajarkan, di kelas pertama paper bag dengan aplikasi kain dan di kelas kedua belajar membuat paper bag dari kertas kado.
Baca juga : Belajar Membuat Cross Stitch

Acara pembukaan
 Memberi materi untuk kelas pertama
Memberi materi untuk kelas kedua

Paper Bag Aplikasi Kain

Kit Paper Bag Aplikasi Kain

Kelas ini berlangsung mulai pukul 10 pagi hingga 1 siang. Para peserta diajarkan tekhnik membuat paper bag yang sederhana. Sebagai pemanis diberi aplikasi kain biar tampak lebih mewah. Kain yang kami gunakan adalah kain sutra bermotif lontara. Paper bagnya terbuat dari karton berwarna hitam sehingga tampak kontras dengan kainnya. Setiap peserta mendapat 1 buah kit lengkap berisi alat dan bahan yang digunakan. 

Banyak ibu-ibu kreatif di kelas ini. Kami hanya memberi contoh dan mereka pun berkreasi sesuai kreatifitas masing-masing.

Peserta kelas pertama
Hasil paper bag aplikasi kain

 Paper Bag Dari Kertas Kado

Kit Paper Bag Kertas Kado

Di kelas kedua ini kami mengajar tekhnik membuat paper bag yang beda dengan kelas pertama, karena paper bagnya menggunakan kertas kado yang tentu saja lebih tipis dari karton sehingga harus dilapisi dengan karton tebal. Selanjutnya hiasannya dibuat dari sisa potongan kertasnya.

Para peserta sangat bersemangat belajar sehingga waktu pengerjaan bisa selesai dalam 1 jam. Selain itu kreatifitas mereka gak kalah dengan peserta di kelas pertama tadi. Walaupun hiasan hanya terbuat dari sisa potongan tapi hasilnya tetap cantik.

Peserta kelas kedua
Hasil paper bag kertas kado


Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti kita hanya berdiam diri di rumah menunggu suami pulang kantor dan mengharap penghasilan dari suami, tapi kita juga harus berkualitas dengan selalu menambah wawasan dan keterampilan agar bisa mandiri, khususnya bisa mempunyai penghasilan sendiri dengan keterampilan yang kita miliki.

Semoga ilmu yang kami bagikan kepada ibu-ibu peserta workshop ini bermanfaat dan bisa dikembangkan lebih lanjut ;)

Bersama Ibu Uli dari DPPPA dan sebagian peserta

Buat anda yang juga ingin belajar seperti ibu-ibu ini, silahkan langsung menghubungi EMaronie Organizer di telfon/WA 0811-410-7711
Untuk melihat foto-foto kegiatan kami, follow akun Instagram @emaronie.organizer.

Posting Komentar