Minggu, Maret 26, 2017

5 Hari Pelatihan Keterampilan Kelompok Pemberdayaan Perempuan

Hello creative people!
Senangnya minggu lalu EMaronie Organizer berbagi ilmu lagi di acara Pelatihan Keterampilan Kelompok Pemberdayaan Perempuan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Makassar dengan tema Menciptakan Perempuan Yang Kreatif Dan Mandiri Melalui Pelatihan Keterampilan.


Selama 5 hari, tepatnya tanggal 15, 16, 17, 20 dan 21 Maret 2017, kami mengajar ilmu membuat Topiary dan Decoupage kepada kurang lebih 85 orang perempuan setiap harinya. Acaranya berlangsung di Hotel Arbor Biz Makassar yang terletak di KIMA Square, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.


Hari I - Rabu, 15 Maret 2017

Acara diawali dengan pembukaan oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, yang juga adalah istri Walikota Makassar, Bapak Ramdhan Pomanto. Ibu Indira memberi masukan yang sangat berharga buat kami untuk mengembangkan kreasi yang kami buat atau yang kami ajarkan kepada masyarakat dengan mengangkat ciri khas Kota Makassar.

Di hari pertama ini kami mengajar cara membuat Topiary dengan bentuk bunga Tulip. Seluruh peserta kelihatan antusias mengikuti pelatihan karena memang mereka belum pernah melihat bahkan membuat yang namanya Topiary. Gak heran kalo mereka pada berisik saat mengerjakan Topiary-nya, hihi.. Tapi yang kami suka dari kelas ini karena mereka semua kreatif, terutama dalam berkreasi membuat hiasan di vas.

Diakhir acara dipilih 10 hasil karya terbaik yang dinilai dari kerapian pengerjaan dan kreatifitasnya. Hadiahnya berupa vas bunga cantik.

Bersama Ketua TP PKK Kota Makassar
EMaronie Organizer X Ungatawwa
Kit Topiary
Peserta hari pertama

Hari II - Kamis, 16 Maret 2017

Hari ke-2 ini yang diajarkan masih sama yakni membuat Topiary. Kali ini kelasnya sedikit tenang. Para peserta senang sekali dapat ilmu baru, terutama bagaimana cara membuat pita menggunakan jari. Durasi pengerjaan Topiary pun tidak memakan waktu lama. Setelah peserta bersantap siang dilanjutkan dengan pemilihan 10 hasil karya terbaik seperti kemarin.

Mengajar peserta hari ke-2
Membuat pita dengan jari
Peserta & Topiary-nya
 
Hari III - Jumat, 17 Maret 2017

Di hari ke-3 Pelatihan Keterampilan kami mengajarkan cara membuat Jar Decoupage. Seluruh peserta baru tahu yang namanya seni Decoupage ini. Mereka malah mengira tissue yang tertempel di botol yang kami jadikan sebagai contoh adalah lukisan, hehe...

Kami pun memberi kejutan kepada 30 orang peserta yang bisa menyelesaukan dengan cepat jar decoupagenya dengan memberikan talenan untuk diberi decoupage.

Pelatihan kali ini dihadiri pula oleh 3 orang relawan IICW for PKBI yang berasal dari Finlandia. Mereka ingin tahu tentang kegiatan pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Makassar.

Relawan IICW
Peserta membuat decoupage di talenan
Kit Jar Decoupage
Peserta dengan karya terbaik


Hari IV - Senin, 20 Maret 2017

Masih mengajarkan tekhnik decoupage kepada ibu-ibu peserta Pelatihan Keterampilan Kelompok Pemberdayaan Perempuan. Tapi kali ini pesertanya lebih banyak, kurang lebih 100 orang sehingga ruangan menjadi sangat penuh. Setengah dari peserta pun sudah berusia lanjut, sekira 70 tahun ke atas, sehingga harus dibantu. Tapi terlihat dari semangat mereka saat belajar patut diacungi jempol!

Sama seperti hari-hari sebelumnya, di akhir acara dipilih karya
terbaik yang dinilai dari kerapian pengerjaan dan kreatifitasnya. Hadiahnya berupa cat acrylic untuk 8 botol terbaik dan hair dryer untuk 3 talenan terbaik.

Para pengajar
Peserta Pelatihan Keterampilan hari ke-4
Peserta sedang mengeringkan toples

Hari V - Selasa, 21 Maret 2017

Hari terakhir Pelatihan Keterampilan. Kembali kami mengajar Jar Decoupage. Kali ini pesertanys sudah pada jago bikin decoupage. Rapi dan kreatif. Tidak butuh waktu lama sehingga acara bisa ditutup lebih cepat.

Ery & Ibu Uli dari Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kota Makassar
Memberi materi Decoupage
Penyerahan hadiah saat penutupan Pelatihan Keterampilan

Baca juga : Buah Balut Coklat

Alhamdulillah....
Tugas 5 hari Pelatihan Keterampilan Kelompok Pemberdayaan Perempuan telah selesai. Terima kasih Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kota Makassar atas kepercayaannya kepada kami untuk mengajarkan ibu-ibu Kec.Tamalanrea & Biringkanaya cara membuat Topiary & Decoupage.

Buat yang juga pengen belajar atau mengajak kami mengajar di instasinya atau perusahaannya, bisa langsung menghubungi ERY lewat telfon/WA nomor 08114107711. Atau kalo pengen lihat hasil karya kami di Instagram @emaronie.organizer.

Posting Komentar