Minggu, Februari 12, 2017

MOTEL MEXICOLA Yang Meriah


Kalo di Bali rasanya waktu sangat sempit sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk jalan-jalan :) Makanya saat ke Bali minggu lalu dengan pesawat sore, begitu tiba kami langsung cuzz ke daerah Seminyak. Rencananya pengen ke Woobar menikmati sunset.

Tiba di Seminyak, tepatnya di jalan Kayu Jati, rupanya jalanan lumayan macet, sedangkan matahari sebentar lagi terbenam. "Gak bakal dapat sunsetnya nih!" pikirku... Pas balik ke sebelah kanan, eh tuh dia Motel Mexicola! Pucuk dicinta ulam tiba... Emang rencana pengen.ke sini sejak kunjungan saya ke Bali bulan Maret 2016 lalu bareng Alifah tapi gak kesampean karena waktunya yang kurang. Akhirnya saya dan Atu turun di tengah jalan yang macet lalu nyebrang ke Motel Mexicola.


Mungkin buat kamu yang belum tau apa itu Motel Mexicola pikirnya itu adalah motel tempat nginap, tapi kamu salah saudara-saudara! Karena Motel Mexicola adalah sebuah cafe bergaya Mexico. Sejak berdirinya di tahun 2013, tempat ini langsung merebut perhatian para pencinta kuliner, khususnya Mexican Food, dan terutama para Instagramer. Dekorasi cafe yang semarak khas Mexico memang jadi daya tarik buat para suka foto-foto. Sudah banyak pula tulisan yang mengupas tentang Motel Mexicola ini, dan sekarang giliran saya yang menuliskannya sesuai pengalaman saat saya ke sana :D

Dari luar bangunan suasana meriah langsung terlihat dari cat warna-warni serta lampu-lampu yang dipasang hingga di atas pohon. Masuk ke dalam, kita akan disambut dengan meja penuh dengan lelehan lilin dan foto seorang Afro yang tergantung di dinding, yang entahlah siapa dia.. Kalo saya lihat sih meja dengan lilin itu persis seperti altar persembahan buat Mr.Afro itu, hehe.. Semerbak wangi dupa tercium di hidung. Agak menyengat tapi wangiiii... :) Musik khas Mexico juga terdengar riuh, bikin suasana makin terasa meriah.

Tampak depan
Altar persembahan? :D
Pintu masuk terlihat dari dalam
Mau masuk ke sisi kanan?
Atau masuk ke sisi kiri?

Dari area depan pintu ini kita bisa memilih berbelok ke kiri yang ada area outdoornya atau ke kanan lalu naik ke lantai 2. Tapi saya dan Atu memilih ke arah sebelah kiri. Kami langsung disambut oleh pelayan yang menunjukkan kursi yang bisa kami duduki, yakni di sebuah meja panjang bergabung dengan bule-bule. Padahal kami sih maunya di area outdoor tapi gak dibolehin karena cuman 2 orang. Akhirnya kami ditempatkan di kursi tepat di bar. Sepertinya para pelayanan sangat ketat dalam hal pengaturan kursi supaya setiap orang bisa duduk, makanya gak ada jarang antara kursi kami dengan bule-bule yang duduk di samping kiri kanan kami. Dan tampak para pelayanan kelihatan sok akrab banget sama pengunjung yang bule, kita yang turis domestik dicuekin! Hihii...

Baru juga duduk, kami langsung disodorin daftar menu. Wohooo...menunya berbahasa Spanyol! Arribaaa... Minumannya kebanyakan mengandung alkohol, demikian pula makanannya ada yang mengandung babi. Pelayan menyarankan kami untuk memilih jus buah atau cocktail tanpa alkohol. Saya pun memesan Jus Semangka yang merupakan campuran dari semangka, mint dan air kelapa. Sedangkan Atu pesan minuman hasil dari melirik ke bule di samping kanan kami, saya lupa namanya tapi isinya adalah campuran dari jus nenas dengan potongan buah naga dan kiwi serta daun mint. Untuk makanannya kami pesan Quesadilla De Queso, yaitu quesadilla bakar berisi keju mozarella yang disajikan dengan bumbu kacang merah yang di atasnya diberi cacahan bawang putih dan sambal khas Mexico, Pico de Gallo, yakni potongan cabai dan bawang merah. Yum! Harga menu Mexicola Mexicola menurutku lumayan terjangkau lah... minuman mulai dari harga Rp.50ribu dan makanan mulai dari Rp.39ribu. 

Ketika pesanan makanan dan minumanku datang, segera saya kembali duduk di depan bar. Minumannya OMG segaarrrrnyaaa, terutama punya Atu. Quesadillanya juga uenak banget karena keju mozarellanya meleleh waktu ditarik. Pantaslah harga dengan rasanya. Oya, berhubung porsi makanan di sini gede, jadi emang makannya mesti sharing. Bakal bassoro hebat kalo kamu makan sendiri, hehe... 

Jus Semangka
Quesadilla De Queso
Cobain minuman Atu yang segerrr
Wefie!


Waktunya berkeliling seluruh ruangan. Sesuai agama yanh dianut oleh mayoritas warga Mexico yakni Katolik, maka di Motel Mexicola ini gak heran kalo banyak tergantung foto atau patung Bunda Maria dan Jesus. Selain itu banyak juga foto orang-orang Mexico yang digantung dalam bingkai-bingkai kecil. Ada pula iklan dari tahun 60an yang turut meramaikan dinding.

Ada 4 area berbeda dari Motel Mexicola ini, yakni area outdoor yang berada di tengah, area bar, area sofa yang berada di dalam bilik terbuka, dan area sisi sebelah kanan yang terdiri dari 2 lantai.

Kalo kamu biasa nonton telenovela Mexico yang dulu banyak diputar di tv, nah seperti itulah suasananya. Hampir tidak ada dinding yang dicat polos sini, semua bermotif. Kalo pun ada, pasti warnanya gak putih, melainkan biru atau orange hehehe... Lantainya juga gitu, ada banyak motif keramik yang dipakai. Main tabrak aja motifnya tapi cantik. 

Kursi yang kami tempati di area bar juga unik. Seperti kursi di rumah Opa saya dulu, tahun 70a80anan. Kursi besi dengan pegangan bergaya ulir-uliran gitu. 
Kalo menurut saya sih Motel Mexicola ini punya konsep Vintage Mexico. 

Duduk di outdoor dengan background area 2 lantai
Outdoor
Hey handsome!
Suasana di sisi kiri cafe
Suasana di area bar sisi kanan cafe
Bilik ruang berkursi sofa

Sebelum beranjak pulang, saya dan Atu melipir ke toilet dulu. Ya amplop! Sign di depan toiletnya lucu banget... Untuk toilet cewek gambar buah pepaya yang sudah dibelah 2, untuk toilet cowok gambar pisang. Persis seperti kelamin! Haha... Di depan toilet ini ada dinding yang ditempelin lampu berbentuk ayam, gak perlu nunggu lama Atu langsung foto di bawah lampu itu, hihi...

Toilet cewek
Toilet cowok

Atu & lampu ayam

So, tunggu apalagi? Ke Bali sono! Trus cuzz ke Motel Mexicola! Eh tapi... siapin kamera kamu dalam kondisi batre yang full dan masih banyak memory penyimpanan foto biar bisa lebih total foto-fotonya ;)

Kami yang berbahagia #uhuk



MOTEL MEXICOLA
Jl. Kayu Jati no.9X
Seminyak - Bali
Posting Komentar