Senin, Januari 23, 2017

Memandang Alam Dari THE LODGE Maribaya


"Memandang alam dari atas bukit
Sejauh pandang kulepaskan
Sungai nampak berliku
Sawah hijau membentang
Bagai permadani di kaki langit
Gunung menjulang
Berpayung awan
Oh..indah pemandangan"

Masih ingat kan dengan lagu Memandang Alam yang biasa kita nyanyikan sekolah masa TK dulu? Kalau masih ingat, silahkan dibaca sambil nyanyi, hehe... Karena lagu itu yang tiba-tiba saja melintas di pikiranku untuk disenandungkan waktu saya berkunjung ke The Lodge.


The Lodge Earthbound Aventure adalah tempat wisata alam dengan pemandangan hutan pinus. Jika kamu pernah melihat foto kekinian orang yang tampak sedang duduk di atas pohon dengan hamparan pohon pinus di bawahnya, nah! Di sinilah tempatnya. 

Sebenarnya lokasi ini sudah sejak tahun 2006 dimanfaatkan oleh para pencinta alam sebagai tempat camping yang sifatnya private, hingga akhirnya pada bulan Januari 2016 tempat ini dibuka untuk umum setelah pembangunan di beberapa bagian.

Berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung, The Lodge ini cukup mudah diakses. Salah satunya melalui Dago Giri dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dari Chara Hotel di Jalan Gatot Subroto, Bandung. Selain itu bisa juga lewat Punclut atau Setiabudi.

Tiba di Jalan Cibodas - Bukit Tunggul ada belokan ke kanan dengan signage The Lodge di ujung jalan. Sebenarnya mobil bisa langsung belok ke situ dan lurus saja menuju kawasan The Lodge, tapi sebelum belok kami sudah diarahkan oleh beberapa orang yang sepertinya masyarakat sekitar untuk belok ke kiri, parkir di lahan yang luas. Ada banyak mobil laimnya sudah terparkir di sini sebelum kami. Rupanya dari sini kami diarahkan untuk naik angkot gratis yang disediakan oleh pihak The Lodge karena di dalam area parkiran The Lodge sudah penuh. 

Jalanan menuju ke The Lodge
 Naik angkot masuk ke kawasan The Lodge


Tiket masuk The Lodge Rp.35ribu/orang. Di dalam kawasan The Lodge Akses untuk masuk ke dalam yakni bertangga-tangga sehingga harus hati-hati jangan sampai salah injak anak tangga. Apalagi saat lagi ramai pengunjung biasanya orang berdesak-desakan di tangga ini. Walaupun matahari bersinar cukup menyengat tapi untung saja udara di The Lodge ini cukup sejuk. 

Senangnya anak-anakku
Faizah : "Mau foto sama Puku-puku"
Alifah di depan patung kayu

Ada beberapa wahana permainan yang juga jadi spot foto, yakni :

1. Sky Tree, duduk atau berdiri di atas pohon. 

Ika di Sky Tree (Okt'16)
*pic from Ika

 2. Sky Swing, berayun di atas pohon. 

Ika di Sky Swing (Okt'16)
*pic from Ika

3. Sky Bike, bersepeda di atas tali. 

Kelihatan gak orang yang lagi bersepeda itu?

Hasil foto di sini akan terlihat begitu dramatis karena kita berada di ketinggian dengan pemandangan pohon Pinus di bagian bawah. Tiket untuk permainan ini semua sama yakni Rp.15ribu/permainan. Kami waktu ke sana gak sempat naik di semua wahana soalnya antriannya itu lho! Gak kukuuuu.... :D 

Sesuai fungsi awal dari The Lodge, ada juga area perkemahan yang disebut glamping alias glamour camping di area khusus yang tertutup untuk umum, kecuali bagi penyewa. Fasilitas lengkap sudah disediakan seperti kasur dan selimut, bahkan termasuk aliran listrik. Tendanya pun ekslusif dan unik berbentuk seperti bawang. Tapi sayang banget saya gak sempat ke area glamping ini makanya foto dan informasinya pinjam dari blog jendelakeluarga.com *makasih yaa mbak :)

Area Glamping
*pic courtesy jendelakeluarga.com

Kalo laper dan haus di The Lodge ini jangan khawatir. Ada 2 tempat makan yang bisa kamu pilih, yakni Dapur Hawu yang menyediakan menu makanan lengkap dan The Pines Cafe dengan menu kopi dan aneka kue. Selain itu ada juga beberapa booth kecil yang menjual jajanan seperti cilok, surabi dan lain-lain. Kami juga membeli air kelapa muda yang dijual di dekat Sky Swing seharga Rp.20ribu/1 butir kelapa.

Area penjual cemilan
The Pines Cafe

Fasilitas umum seperti toilet dan mushollah juga tersedia. Hanya saja toiletnya kurang jumlahnya dibanding jumlah pengunjung terutama saat lagi rame. Sehingga antrian di toilet juga cukup panjang, ditambah aroma yang tidak sedap.

Kami tidak terlalu lama di The Lodge ini, setelah puas foto-foto di berbagai tempat kami keluar deh dari area The Lodge. Dan ternyata di luar pemandangannya juga tak kalah kerennya. Kalo gitu, foto lagi aaah.... 

Nice view
Posting Komentar