Sabtu, Desember 17, 2016

Link Building. Apa Sih Itu?


Hari Rabu tanggal 14 Desember 2016 waktunya belajar ngeblog lagi :)
Dan ini merupakan Kelas Menulis yang ke-7 kalinya diadakan oleh grup Makkunraina Anging Mammiri komunitas blogger Anging Mammiri. Kelasnya digelar di Peeple Coffee - Working Space dengan pemateri Nanie, seorang blogger Makassar dengan nama blog www.nanie.me yang baru-baru ini terpilih sebagai Blogger Terpuji di ulang tahun ke-10 komunitas blogger Anging Mammiri.



Link Building adalah membangun link di blog kita merujuk ke artikel tertentu, apakah itu masih di dalam blog kita sendiri (internal linking) ataupun ke luar dari blog kita (external linking). Ada 5 istilah blog dalam link building, yaitu :

1. Link, seperti yang sudah dijelaskan tadi.

2. Internal Link, penunjuk ke tulisan yang masih di dalam blog kita.

3. External Link, penunjuk ke tulisan yang ada di luar blog kita (blog lain/artikel, dan sebagainya). Ada 2 macam dari external link ini, yakni :
- Dofollow, jika link its ditelusuri oleh mesin pencari (google).
- Unfollow, link yang tidal ditelusuri ole mesin pencari. Untuk ini ada format yang harus ditulis atau diklik (jika memang sudah tersedia seperti di Blogspot) pada link tersebut, yakni rel=nofollow.

4. Backlink, tulisan dari orang atau dari blog lain yang merujuk ke blog kita.

5. Broken Links, link yang rusak. Bisa jadi karena tulisan yang dirujuk oleh link tersebut sudah dihapus atau terjadi kesalahan penulisan link. Jika ada bank broken links di blog kita maka akan mempengaruhi kualitas blog kita. Untuk itu broken links harus dihapus. 

Dalam tema ini juga kami diberikan tips bagaimana membangun Internal Link dan External Link, beserta tipsnya. Ada pula Do & Don't dari Backlink. Serta bagaimana cara mengecek Broken Links, yaitu dengan 2 cara :
1. Melalui situs www.brokenlinkcheck.com dengan cara edit manual.
2. Melalui aplikasi Plugin Broken Link Checker dimana kita akan mendapat notifikasi dan dengan edit massal.

Yang paling penting diingat bahwa link itu mempengaruhi struktur website/blog kita. Dimana struktur yang baik blog yang baik itu dyngan adanya 1 tulisan yang menjadi andalan (masterpiece) kemudian dibuatkan link ke tulisan yang lainnya. Tapi harus diingat, dalam membangun link harus ke halaman yang relevan dengan tulisan andalan tersebut.

Senangnya saya bisa hadir di Kelas Menulis kali ini yang termasuk kelas istimewa. Kenapa istimewa? Selain pesertanya yang makin banyak, juga karena hadir seorang peserta asal Spanyol, Mrs. Magdalena Silva Hidalgo berusia 50an tahun, yang baru ngeblog selada 2 tahun ini sejak dia tinggal di Makassar. Isi blognya tentang kehidupannya selama tinggal di Indonesia. Terbukti kan, bahwa ngeblog itu tidak mengenal usia. Yang ada hanya keinginan untuk belajar hal baru dan berbagi dengan orang lain lewat tulisan.

Intip foto-fotonya saat Kelas Menulis MAM sesi ke-7 yuk....

Nanie saat memberikan materi
*pic by Alfu
Nunu (Ketua Komunitas Anging Mammiri) & Nanie (pemateri)
Ki-ka : Kak Novie, Ery, Kak Abby, Mrs.Magda & Nunu
Suasana Kelas Menulis
*pic by Qiah
Ekspresiku saat mengikuti Kelas Menulis
*pic by Qiah & Alfu
Teman-teman Makkunraina Anging Mammiri

Posting Komentar