Minggu, Desember 11, 2016

Bertemu Nuniek Tirta Di Acara Ngopi Bareng Tiket


Saya adalah orang yang selalu senang kalo bisa ketemu dengan public figure atau orang-orang yang bisa menginsipirasi. Lebih senang lagi jika bisa kenalan dan akrab biar bisa ketularan suksesnya, hihi... Dan orang sukses yang saya temui minggu lalu adalah Nuniek Tirta. Tepatnya di acara Ngopi Bareng Tiket yang diadakan oleh Tiket.com, Nuniek hadir sebagai host atau pemandu acara.

Siapa Nuniek Tirta? 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya karena bisa jadi kurang familiar dengan namanya atau mungkin belum pernah dengar sama sekali.
Padahal nama Nuniek Tirta sempat jadi viral lho di dunia maya.

Saya kenal Nuniek dari grup WhatsApp yang terdiri dari para blogger buzzer #UsiaCantik. Dari grup inilah saya tau kalo Nuniek termasuk selebgram dengan jumlah follower sebanyak 14,1K, belum lagi blognya yang juga banyak pembaca, hingga bagaimana sampai Nuniek membuat heboh para nitizen!

Nuniek, yang punya blog bernama www.nuniek.com, adalah pendiri Indonesia Lifestyle Digital Influencer Group. Dia menjadi perbincangan ketika di Instagramnya mencantumkan harga-harga busana yang dikenakannya yang berharga murah meriah tapi tetap keren dipakai. Bayangin aja... blusnya ada yang hanya seharga Rp.50.000 lho! Padahal Nuniek adalah istri dari Natali Ardianto, seorang tekhnolog muda yang juga merupakan co-founder dan salah satu Direktur di Tiket.com. Prinsip Nuniek adalah "bukan soal harganya, tapi soal berapa nilainya ketika kamu memakainya". Mantaaapp (y) 

Beberapa berita di media online tentang Nuniek Tirta
Blog Nuniek Tirta

Lanjut cerita tentang pertemuan saya dan Nuniek Tirta. 
Acara Blogger Gathering yang digelar oleh Tiket.com itu diselenggarakan di Hotel Melia Jl.Mappanyukki Makassar. Dengan sharing session bertema Magnitize + Monitize, How To Attract Brand And Monitize Your Blog yang menghadirkan pembicara Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Communication Officer Tiket.com dan Mugniar Marakarma, Blogger asal Makassar. Sedangkan Nuniek Tirta selaku moderator. 

Flyer acara Ngopi Bareng Tiket
Para pembicara di acara Ngopi Bareng Tiket

Banyak hal yang Nuniek paparkan. Dimulai dari bagaimana awalnya hingga dia menjadi seorang blogger. Pertama ngeblog di tahun 2002, bahkan hingga membentuk komunitas Blogbugs Community, bertemu calon suami dan menikah tapi lalu berhenti ngeblog karena kesibukan. Kemudian di tahun 2010 Nuniek ngeblog lagi. Ketika itu Nuniek sudah resign dari perusahaan tempatnya bekerja dan hanya mengurus rumah tangga. Kesuksesan suami lantas memicunya untuk berbuat sesuatu yang bisa dilihat orang, istilahnya "ini lho gue... gue juga ada lho!" Maka Nuniek pun menulis di blog kisah hidupnya dalam 3 tulisan semacam trilogi. Tulisan yang pertama berkisah tentang masa lalunya dan apa saja yang sudah diraih. Tulisan kedua tentang hidupnya sekarang. Dan tulisan yang terakhir tentang impiannya di masa mendatang. Sejak itu mulai banyak yang kembali melirik blognya.

Membangun Personal Branding kata Nuniek itu perlu dan penting bagi seorang blogger. Dengan personal branding, orang atau perusahaan akan melihat kita sebagai pribadi bukan sebagai yang mewakili media atau komunitas. Bagaimana caranya membangun personal branding? Salah satunya adalah Get Awarness. Buat orang tahu bahwa kita itu ada. Nuniek mengatakan bahwa agar terus diingat orang maka kita harus melakukan pendekatan human level pada saat bertemu orang. Yaitu memperlakukan orang sebagaimana kita ingin diperlakukan, seperti menanyakan kabarnya dan berbincang hal-hal yang disukainya. Dengan begitu orang akan nyaman berada di dekat kita.


Rajin mengikuti acara yang dibuat khusus untuk blogger adalah salah cara untuk get awareness. Dari sini orang akan tahu keberadaan kita sebagai seorang blogger. Salah satu tipsnya saat hadir di acara seperti ini adalah ajak narasumber yang terkenal untuk foto bareng. Selanjutnya ketika sudah menulis di blog, share foto tersebut dengan menandai nama (tag) narasumber itu  beserta link tulisan kita di semua media sosial yang kita punya sehingga akan ada banyak orang yang membaca tulisan kita termasuk follower narasumber tadi.

Selain itu bergabung di komunitas blogger akan semakin mengukuhkan kita sebagai seorang blogger, memperluas jaringan dan tentu saja akan mendapat banyak tambahan ilmu. 

Foto bareng Nuniek Tirta & komunitas Blogger Anging Mammiri dari Kelas Menulis MAM


Konsisten menulis juga salah satu kunci keberhasilan seorang blogger. Jika blog kita sudah banyak pembaca maka mereka tentu selalu menunggu postingan tulisan kita selanjutnya. Share hal positif yang bisa menginspirasi atau yang menambah wawasan maupun informasi buat pembaca. Ide tulisan bisa didapat dari mana saja, termasuk kejadian sehari-hari.

Ketika akhirnya blog kita sudah banyak dilirik oleh perusahaan atau instansi, berarti blog kita sudah menjadi salah satu sumber penghasilan. Maka kita harus mengelolanya secara profesional, mulai dari memakai domain berbayar (bukan blog gratisan) yang populer, banyak dipakai di seluruh dunia dan mudah diingat seperti .com atau .net, hingga membuat Rate Card.

Apa itu Rate Card? Daftar harga yang kita berikan kepada klien, yang berisi data blog kita seperti jumlah traffic, Google Analistic, Alexa Rank dan lain-lain. Intinya lewat Rate Card ini kita menjual segala prestasi dari blog kita. 


Dari pertemuan saya dengan Nuniek Tirta hari itu saya bisa mengambil kesimpulan bahwa untuk menjadi seorang blogger profesional dan terkenal pun butuh proses. Dan setiap proses itu harus kita jalani dan nikmati sebagai sebuah sebuah pengalaman berharga.

Senang sekali saya bisa mendapatkan ilmu dan tips ngeblog dari Nuniek Tirta di acara ini. Semoga saya pun bisa menjadi blogger profesional seperti Nuniek :)

Bersama Nuniek Tirta
Foto bareng pembicara & seluruh peserta acara

*pic courtesy Lia Djabir & Zilqiah Angraini

Posting Komentar