Senin, November 07, 2016

Ko Pi Kerja

Ketika hadir di acara pembukaan kembali (Grand Re-Opening) Peeple Coffee - Working Space minggu lalu, saya kembali terusik dengan sebuah kata dalam tanda pagar (tagar/hashtag), yaitu #kopikerja. Bukan terusik dalam artian terganggu, tapi koq kata itu jadi seperti selalu ada dalam otak saya untuk dipikirin, heheee... Kata ini buat saya bisa disebut dalam kalimat :

1. "Kopi Kerja" 
atau...
2. "Ko Pi Kerja".

Kedua kalimat tersebut bertulisan sama, diucapkan dalam nada yang hampir sama, tapi tentu saja punya makna berbeda.



Sebagai orang yang awam dalam ilmu Bahasa Indonesia baku, ini analisa saya...
Kalimat "Kopi Kerja" bermakna kopi untuk bekerja. Dengan kopi sebagai objek dan kerja sebagai keterangan kalimat. Sehinga artinya kopi untuk kerja atau kopi yang dinikmati sambil kerja. Sedangkan "Ko Pi Kerja" adalah kalimat dalam logat Makassar yang berarti "kau pergi kerja" atau bermaksud memerintah seseorang untuk pergi bekerja.


Saya pribadi suka mengartikan kata #kopikerja dalam kalimat "Ko Pi Kerja" itu. Karena terasa ada pemicu semangat untuk aktif dari kalimat itu. Kerja adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari nafkah. Tapi banyak yang beranggapan bahwa kerja itu biasanya dilakukan di kantor, atau paling tidak di luar rumah lah... Lantas apa memang harus seperti itu?

Sebagai seorang yang dulunya bekerja kantoran selama kurang lebih 16 tahun, saya malah menemukan passion saya setelah resign dan bekerja dari rumah. Mengurus rumah tangga, mengerjakan bisnis dan menekuni hobi, itu yang saya kerjakan saat ini. Semuanya tentu saja dari rumah. Jadi, bisa tetap dekat dengan keluarga, menghasilkan materi dari pekerjaan yang mengandalkan akses internet, serta jiwa pun selalu hepi dengan berhobi.

Ngopi? Tentu saja saya juga suka, terutama buat sarapan dan sore hari. Seperti sekarang ini, saya sedang menekuni hobi saya yang kadang juga jadi pekerjaan, yaitu ngeblog, sambil menikmati segelas kopi. Inilah yang disebut #kopikerja :)


Posting Komentar