Senin, Oktober 03, 2016

WEEKEND CREATIVE ~ Sulam Pita


Weekend Creative kembali terselenggara lagi. Kali ini mengambil tempat di Jasmine Boutique & Workshop. Yes! Akhirnya Jasmine berfungsi sesuai namanya, dengan mengusung kata "workshop" di belakangnya, tempat ini memang dipersiapkan untuk penyelenggaraan workshop khusus yang diadakan oleh EMaronie Organizer.


Workshop kali ini adalah belajar membuat Sulam Pita, yang bahkan saya sendiri pun hingga kini masih gak nyangka bisa menghasilkan 1 karya Sulam Pita yang cantik setelah ikut workshop ini! Hehehe...
Tadinya saya pikir membuat Sulam Pita itu adalah pekerjaan yang rumit dan membosankan. Ternyata pikiran saya salah, saudara-saudara! :D Asal kita tau tekhniknya beserta triknya biar gak bosan, pasti ngerjainnya bakal menyenangkan :)



Workshop Sulam Pita ini diajar oleh A.Unga dari Ungatawwa Handmade yang memang jago dalam hal beginian. Kit untuk workshop dipersiapkan dengan aneka warna pita berukuran lebar 1cm. Sebagai medianya digunakan kain linen. Sebenarnya bisa juga kain blacu atau kanvas, tergantung kebutuhan aja sih.

Bahan & alat Sulam Pita

Awalnya kita bikin pola gambar dulu di atas kain linen. Gambarnya terserah apa saja tapi kebanyak memilih gambar bunga yang cantik. Setelah itu kita tentukan warna apa yang akan dipakai untuk masing-masing bagian dari gambar. Selanjutnya mulai deh kita menyulam menggunakan benang besar khusus untuk sulam pita mengikuti pola yang sudah kita gambar. Ada tekhnik sulam yang berbeda-beda untuk setiap gambar, seperti batang, daun dan bunga, sehingga menghasilkan bentuk yang kita inginkan.

Menggambar pola

A.Unga mengajar telhnik Sulam Pita

Semua peserta semangat menyulam. Saya yang tidak sabaran dan cepat bosan dalam mengerjakan sesuatu yang membutuhkan ketelitian dan konsentrasi mulai merasa jenuh sewaktu menyulam batang karena lumayan banyak, hehee... Oleh A.Unga dikasi triknya deh, yakni kerjain yang lain lagi, bisa bunganya atau daunnya supaya gak bosan. Setelah itu kembali lagi kerja batangnya. Demikian seterusnya sampai selesai.

Semangat menyulam hingga selesai

Hasil karya Sulam Pita seluruh peserta

Dan benar saja! Setelah dikerja selama kurang lebih 1 jam akhirnya Sulam Pitaku pun selesai tanpa rasa jenuh.
Malah saya sendiri pun masih gak percaya bisa menghasilkan karya Sulam Pita secantik ini, apalagi setelah dibingkai. 
Aah.. jadi ketagihan pengen bikin Sulam Pita dengan bentuk lainnya :)

Sulam Pita karyaku :)

Yang pengen belajar bareng kami silahkan hubungi EMaronie Organizer di :
Tlp/SMS/WA : 0811-410-7711
LINE : emaronie

Posting Komentar