Sabtu, Oktober 22, 2016

Kerajaan Coklat di Malaysia


Siapa sih yang gak suka makan coklat? Semua orang pasti suka. Saat traveling, coklat menjadi ole-ole favorit buat keluarga dan teman-teman di tanah air. Mungkin pikiran kamu itu kalo liburan ke Eropa, khususnya Belgia dan Belanda, eits... jangan salah! Bahkan saat liburan di negara tetangga sekalipun yakni Malaysia.

Malaysia menempati urutan paling atas di kawasan Asia sebagai produsen coklat terbaik dunia. Menempati urutan ke-5 sebagai produsen coklat terbaik dunia makanya gak heran kalo di Malaysia ada Kerajaan Coklat. 

Hah? Kerajaan Coklat? Yang bener aja!
Mungkin itu yang ada dalam benak kalian, hehe...

Tapi emang bener, di Malaysia, tepatnya di Kuala Lumpur ada Kerajaan Coklat alias Chocolate Kingdom. Chocolate Kingdom ini adalah salah satu toko coklat terbesar di Malaysia dengan menjual produk coklat merk Beryl's yang berdiri sejak tahun 1995. 

Chocolate Kingdom

Saat liburan MY Trip bareng keluarga yang saya lakukan di awal bulan Oktober 2016 kemarin, mengunjungi Chocolate Kingdom adalah salah satu tujuan dalam itinerary yang saya tentukan sendiri. Kenapa ke Chocolate Kingdom? Karena tempat ini sudah pernah saya datangi sebelumnya waktu kunjungan saya ke Malaysia bareng ibu-ibu Dharma Wanita Bappeda Kota Makassar tahun 2007 lalu dan coklatnya emang enak walaupun harganya tergolong agak mahal.

Tiba di Chocolate Kingdom, seperti biasa suasananya ramai dengan turis yang kebanyakan berasal dari Cina. Mereka berdatangan dengan bus yang hampir menutupi jalan masuk area Chocolate Kingdom yang memang tidak terlalu besar. Chocolate Kingdom ini terletak di Jalan Imbi Kuala Lumpur menempati sebuah bangunan kuno berbentuk rumah dengan ukuran yang tidak begitu luas untuk ukuran istana bagi sebuah "kerajaan". Di depan masih berdiri dengan kokoh gerbang bertuliskan "Butik Coklat - Chocolate Kingdom". Di teras ada patung sapi dan coklat yang jadi spot foto favorit para pengunjung, termasuk Faizah :) 


Patung coklat
Moo....
Masuk ke dalam ruangan, para turis Cina sedang mendengarkan pemandu dari Chocolate Kingdom yang sedang menjelaskan tentang proses pengolahan biji coklat hingga menjadi coklat yang bisa dimakan. Di ruangan depan ini memang terdapat mesin pembuatan coklat yang selalu didemonstrasikan setiap kali ada rombongan turis yang datang. Sayang banget karena dilarang memotret dalam ruangan, saya pun terpaksa foto secara sembunyi-sembunyi, heheee...

Di sudut ruangan sudah ada petugas yang memegang baki berisi potongan-potongan kecil coklat sebagai tester. Kami pun langsung mengikuti langkah sang petugas ke tempat rak coklat. Di rak area kedua ini khusus coklat dengan penawaran spesial yakni beli 5 gratis 1 dengan harga perbungkusnya RM47 atau sekitar Rp.150.000,- Lumayan mahal memang karena dalam ukuran besar. 1 kantong berisi kurang lebih 75 biji coklat. Aneka rasa yang bisa dipilih yakni Tiramisu isi kacang Almond, Coklat Green Tea, Choco Mint dan Coklat Putih isi Strawberry.

Masuk ke dalam ruangan berikutnya tempat aneka coklat dalam kemasan unik. Ada coklat yang dibungkus dengan boneka, bunga hingga pulpen berbentuk lucu. Ada pula coklat isi durian yang jadi best seller. Lumayan mahal juga harganya yakni RM30 atau sekitar Rp.96.000 dengan isi yang hanya 9pcs tapi emang sih rasanya juara! Ketika coklatnya digigit, durian yang ada di tengah langsung lumer... hmmm...

Ruangan penuh coklat

Di ruangan berikutnya ada gerai penjualan ice chocolate dan kue-kue berbahan dasar coklat. Di sudut ruangan ada coklat rasa cabai. Aada testernya juga seperti coklat lainnya tapi nggak ah... saya udah pernah coba waktu datang tahun 2007 lalu dan menurutku rasanya aneh! Hihii... *padahal gak tahan pedes tuh :p 

Gerai Iced Chocolate

Ruangan dalam Chocolate Kingdom ini bentuknya seperti memutar. Ada 1 pintu masuk dan 1 pintu keluar. Meja kasir letaknya tepat sebelum pintu keluar. Mereka tidak hanya menerima pembayaran dalam mata uang Ringgit tapi juga Rupiah. Jadi buat kamu yang mau beli coklat tapi belum sempat ke money changer atau emang Ringgitnya udah abis, siap-siap aja keluarin Rupiahnya, hehee...



Beryl' Chocolate Kingdom
38, Jalan Utara, Off Jalan Imbi, 55100
Kuala Lumpur, Malaysia
Jam ops : Senin - Sabtu jam 09.00 - 18.00 waktu Malaysia
Posting Komentar