Senin, Oktober 24, 2016

Batu Cave Malaysia


Pada tahun 2015 lalu layar televisi Indonesia dihiasi dengan penayangan serial kolosal Mahabrata. Saya dan keluarga termasuk penggemar film ini. Film yang diadaptasi dari naskah panjang Mahabrata ditayangkan hingga ratusan seri dan kita jadi tau banyak kisah legenda dari India dengan latar belakang budaya Hindu itu.

Maka sewaktu liburan MY Trip di awal bulan Oktober 2016 lalu, mengunjungi Batu Cave jadi salah satu tujuan saya. Batu Cave adalah gua yang disucikan oleh umat Hindu yang bermukim di Malaysia dan menjadi pusat kegiatan keagamaan yakni Thaipusam. Sebenarnya yang jadi daya tarik buat saya pengen sana karena pengen foto di depan patung besar bercat emas yang tadinya saya kira itu patung Khrisna, dan ternyata saya salah sodara-sodara! Hehe... *sotta


Nadhif dengan latar belakang Batu Cave

Gua yang terbentuk di gunung kapur itu terjadi karena pergeseran alam ribuan tahun yang lalu. Terletak di distrik Gombak, 13km di sebelah utara kota Kuala Lumpur gak butuh waktu lama dari Pudu Plaza Hotel tempatku menginap untuk sampai di tempat ini. Tempat ini unik menurutku karena berupa gunung kapur yang ada di tengah kota, sedangkan di Sulawesi Selatan gunung kapur adanya di Kabupaten Maros dan Pangkep yang jauh dari Kota Makassar.

Dari kejauhan patung emas itu terlihat jelas. Saat tiba di lokasi, area parkirnya luasss banget! Gak heran karena selain banyak umat Hindu yang datang beribadah, juga banyak wisatawan yang berdatangan, ingin menyaksikan langsung patung emas ini. Di sinilah baru saya tahu kalau patung itu bukan Dewa Khrisna melainkan patung Dewa Murugan atau yang bernama lain Dewa Kertikēya, dewa perang sebagai pelindung negeri Tamil dengan bersenjatakan tombak. Patung ini diresmikan pada tahun 2006 dan merupakan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia yakni 42,7 meter.

Di belakang patung inilah gunung kapur dengan gua-gua tempat peribadatan itu. Tapi untuk masuk ke sana kita harus menaiki dulu tangga sebanyak 200 anak tangga! Hohoho... No, thank you! Ada 2 gua tempat peribadatan di dalam gunung kapur itu, yakni Dark Cave dan Main Cave dengan luas 170 meter yang menjadi pusat ibadah di Batu Cave ini.

Faizah di depan patung Dewa Murugan

Saya dan keluarga hanya menikmati sesi foto di depan patung Dewa Murugan. Di pelataran tempat kami foto ada banyak burung Merpati yang terbang bebas dan bisa kita beri makan. Faizah sampai histeris mengejar burung-burung Merpati itu, hehee.. Kata driver kami sih kadang ada juga monyet yang bebas berkeliaran di situ, tapi sayang waktu kami ke sana gak ada satu pun monyet yang keluar. Di area pelataran ini banyak juga toko-toko yang menjual souvenir dan makanan.

Faizah mengejar burung Merpati
Nadhif kasi makan burung Merpati

Saat akan kembali ke mobil, saya baru lihat ada patung Hanoman yang agak jauh jaraknya dengan patung Dewa Murugan itu. Rupanya di dekat patung Hanoman itu ada juga kuil Ramayana yang banyak dikunjungi orang untuk berfoto. Tapi karena jauh banget dari tempat driver memarkir mobil, alhasil saya cuman bisa foto dari kejauhan.. hiks :(

Patung Hanoman di kejauhan

Untung pada saat ke Batu Cave ini saya memilih di pagi hari sekitar jam 10, jadi cuaca tidak begitu terik dan pengunjung pun belum begitu ramai sehingga bebas berfoto tanpa gangguan.

Oya, ada tips nih buat kamu yang suka traveling :

1. Cari tahu banyak informasi tentang tempat atau objek wisata yang akan kamu datangi. Jangan sampai kamu melewatkan spot penting atau menarik dari sebuah tempat.

2. Pilih waktu kunjungan yang tidak terlalu ramai seperti pagi hari dan pada saat cuaca sedang bersahabat.

3. Saat membeli souvenir di satu objek wisata sebaiknya pilih yang khas saja, seperti jika di Batu Cave beli miniatur patung Dewa Murugan karena biasanya tidak ada dijual di tempat lain. Sedangkan untuk souvenir negara misalnya Malaysia dengan gambar Twin Tower belinya di luar objek wisata saja, seperti di Petaling Street atau kawasan Bukit Bintang yang harganya jauh lebih murah.

4. Seperti tips di tulisan saya Traveling Tanpa Saltum sebaiknya tentukan dress code perharinya, baik warna, motif maupun modelnya, jika perlu sesuaikan juga dengan tempat yang dikunjungi supaya foto-foto kamu terlihat lebih cantik ;)

Sekeluarga di depan patung Dewa Murugan

Posting Komentar