Minggu, Juli 24, 2016

Komunikasi


Betapa pentingnya komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik. Dia yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik biasanya adalah orang dengan kepribadian yang tertutup dengan lingkungan sekitar bahkan kadang ada yang cenderung kasar terhadap orang lain.


Orang yang seperti ini biasanya tidak punya hubungan dekat dengan sekitarnya termasuk dengan keluarganya karena akan selalu terjadi miskomunikasi.

Apa yang membuat seseorang tidak bisa berkomunikasi dengan baik? Biasanya dipengaruhi oleh lingkungan awal dia berkembang, dalam hal ini keluarga. Apakah dia dibesarkan dari keluarga yang pendiam, jarang berdiskusi, saling tertutup, hubungan antara orang tua dengan anak tidak dekat atau sering berkata kasar satu sama lain. Hal ini yang akhirnya terbawa hingga dia dewasa dimana sudah saatnya terlibat dengan lingkungan yang lebih luas.

Yang paling parah ketika dia sudah berkeluarga, harus mendidik anak-anaknya. Bisa jadi pola yang sama akan kembali terulang. Syukur-syukur jika dia menemukan pendamping hidup yang bisa mengimbanginya, yang mampu berkomunikasi dengan baik, terbuka dan berwawasan luas, sehingga generasi penerusnya bisa menjadi lebih baik dari dirinya.



Bagaimana supaya bisa berkomunikasi dengan baik? 
Dengan membuka diri, banyak bergaul (khususnya dengan orang-orang yang berilmu), menambah wawasan dan mau mendengarkan orang lain. Karena komunikasi bukan hanya tentang berbicara tapi juga mendengarkan. 




#SharingIsCaring


Posting Komentar