Rabu, Juni 15, 2016

Workshop Food Photography

Salah satu hobi saya yaitu fotografi, khususnya food photography alias foto-foto makanan sebelum dimakan hihiii... Tapi untuk sekarang sih sekedar hobi aja, syukur-syukur nantinya bisa meningkat ke taraf fotografer profesional, aamiin.

Itulah makanya begitu ada info kalo bakal ada workshop food photography oleh Fuji Film dan Jiewa Vieri, saya langsung tertarik untuk ikut dan langsung daftar! Bukan soal ilmunya, tapi karena siapa dulu yang ngajar.. Jiewa Vieri! Beliau adalah seorang food photographer dan kurator foto kuliner yang sudah sejak lama saya ikuti akun Instagram nya, yaitu @inijie dan @hobikopi. Semua fotonya selalu terlihat keren, nyaris tanpa cela menurutku.



Ternyata salah satu kuncinya, bukan hanya pada styling fotonya tapi pada kamera yang digunakan, yaitu Fuji Film, yang sekarang banyak mengeluarkan kamera berjenis mirrorless. Bedanya DSLR dengan Fuji Film yakni lebih fokus dan lebih tajam karena Fuji  menggunakan High Quality Color Reproduction.

Ada 10 point penting yang disampaikan oleh Jiewa yang akrab disapa Koko Jie. Mau tau? Mau tau? Mau tau? Hehe... penasaran pastinya yaaa :p tapi yang akan saya share di sini yang sebagian aja ya, soalnya ikut workshopnya berbayar sih.. sayang kalo ilmunya dibagi begitu saja! Hahaha :D
Dan ini dia sebagian pemaparan Koko Jie :

Presentasi Jiewa Vieri

Banyak orang yang berfikir kalo motret dengan kamera A hasilnya akan bagus atau dengan kamera B akan terlihat lebih cantik, dan sebagainya. Padahal sebenarnya menurut Chase Jarvis, seorang fotografer terkenal, kamera yang terbaik adalah yang ada di tanganmu. Artinya semua foto bisa bagus bukan tergantung dari kameranya tapi dari siapa yang memegang kamera itu. Dengan menguasai kamera yang kita punya tentu hasil foto akan lebih bagus. Untuk itu dalam memotret jita harus tau juga ilmunya dan ilmu fotografi harus diupgrade setiap saat.

The best camera is ...

Dalam memotret kita harus menguasai kamera kita, baik itu kamera beneran ataupun kamera dari hp yang sekarang ini banyak orang gunakan untuk memotret cantik. Koko Jie juga memberikan tips foto yang bagus dari kamera sederhana :
- Untuk kamera hp gunakan mode close up.
- Untuk kamera pocket gunakan mode Macro atau yang bergambar bunga tulip. 
Membaca buku manual dari setiap kamera yang kita punya adalah penting untuk mengetahui menu serta kelebihan dari kamera kita

Cellphone tips

Yang menurut saya paling lucu adalah saat Koko Jie menyampaikan pada presentasinya "Don't ever put it on the floor" jadi sering banget Koko Jie melihat di akun-akun Instagram banyak yang jualan makan tapi tidak tahu bagaimana mempresentasikan makanan itu. Yanh paling parah adalah kalo makanan itu ditaro di lantai lalu difoto untuk dijual. Wah fatal! Namanya juga menjuak sesuatu, tampilannya harus semenarik mungkin dan bukan disajikan di lantai.

Makanan jangan taruh di lantai ya, hehe...

Sebenarnya masih banyak yang dishare oleh Koko Jie, termasuk jangan terlalu banyak menggunakan aksesoris dalam pemotretan makanan jika kita ingin agar orang lebih fokus melihat makanan itu, menggunakan alas putih untuk foto makanan biar terlihat lebih bersih dan terfokus, serta tidak menggunakan flash kamera untuk memotret objek makanan.

Setelah presentasi dari Jiewa Vieri, kami langsung disilahkan untuk praktek. Memotret makann dan minuman yang disajikan dengan pencahayaan yang sudah disiapkan oleh Makassar Foto selaku panitia. Semua peserta lantas berebutan di depan objek untuk mendapatkan angle terbaik dengan hasil yang maksimal.

Awalnya sih kami yang datang hanya berbekal kamera di handphone agak minder dengan sesi praktek ini, soalnya semua yang foto pada pegang kamera yang keren-keren, baik DSLR maupun mirrorless. Tapi akhirnya saya pun memberanikan diri langsung PD aja untuk praktek. Soalnya sayang ilmunya kalo gak langsung dieksekusi hehe...

Sesi praktek

Berebut angle bagus

Dan inilah hasil praktekku...

Difoto dengan kamera dari handphone Samsung Note 5 lalu diedit menggunakan aplikasi Snapseed dengan hanya dicrop kemudian brightness dan contrassnya ditambah. Hasilnya lumayan lah ya :)

Diakhir acara, seperti biasa saya tidak melewatkan sesi selfie bareng Jiewa Vieri dan berfoto bersama teman-teman dari Kompakers Makassar.

Foto bareng @inijie dan manteman Kompakers Makassar

Wefie Ery & Koko Jie

Posting Komentar