Minggu, Juni 26, 2016

How To Write Creative Content Blog

Di dunia blog, khususnya di kalangan para blogger Kota Makassar, nama Vita Masli bukan merupakan nama yang baru. Vita sudah berkiprah sejak lama dengan tulisan-tulisannya yang enak dibaca dan sangat menarik dengan isi yang tidak membosankan dan visual yang keren. Gak heran kalo akhirnya Vita yang jadi pemateri di Kelas Menulis MAM bertema How To Write Creative Content Blog.



Kelas Menulis MAM ini diadakan tanggal 17 Juni 2016 sekaligus juga untuk bersilaturahim sambil buka puasa bareng manteman Makkunraina Anging Mammiri. Yang hadir ada 9 orang blogger perempuan dengan tema blog yang berbeda-beda, ada yang life style, curhat percintaan, arsitek, hingga yang baru mau belajar ngeblog pun turut hadir di Kelas Menulis ini.

Kelas Menulis dimulai jam 3 sore. Vita memaparkan materinya dengan santai, bahkan lebih banyak sharing pengalamannya sebagai blogger. Diawali dengan perkenalan dan tanya-tanya soal tema blog masing-masing, termasuk alasan kita nulis blog karena apa. Beragam jawaban yang muncul tapi akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa dengan menulis blog kita mau supaya ada yang membacanya. Nah, bagaimana cara menarik orang agar mereka mau membaca tulisan blog kita? Itulah pentingnya konten blog yang kreatif.

Seperti apa sih konten kreatif itu? Yakni blog yang tidak hanya berisi teks tapi juga sudah melebar dengan berisi gambar, foto, film, suara bahkan cerita pendek. 

Slide by Vita Masli
Karena kita semua pasti tau bahwa manusia itu lebih cepat menangkap pesan yang disampaikan lewat gambar dibanding hanya sekedar teks yang kadang melelahkan mata. Apalagi di era tekhnologi sekarang ini dimana orang mencari informasi bukan lagi terbatas pada media cetak tapi juga dari gadget yang mereka genggam sehari-hari. 

Slide by Vita Masli
Selain itu perlu diperhatikan juga tampilan blog kita. Mulai dari desainnya, huruf yang kita gunakan, warna yang ditampilkan dan sebagainya, agar tidak membosankan buat pembaca karena pembaca pun ingin dimengerti (cie... hihi). Tapi yang paling penting dari semua itu adalah kita menulis sesuai dengan style kita sendiri. Tidak sekedar copy paste punya orang lain. Karena orisinalitas sebuah karya akan menjadi ciri khas dari setiap penulis.

Slide by Vita Masli
Lantas, bagaimana caranya membuat konten kreatif itu? Buat saya sih, dalam melakukan sesuatu tidak hanya membutuhkan bakat tapi yang paling utama adalah kemauan untuk melakukan sesuatu. Banyak yang bilang "saya tidak bisa bikin seperti itu" atau "saya tidak kreatif bikin visual" padahal bisa jadi orang itu belum mencoba sama sekali. Jadi intinya adalah belajar. Dibutuhkan latihan berkali-kali untuk bisa mendapatkan konten kreatif yang benar-benar bagus.

Slide by Vita Masli
Kelas Menulis kali ini menarik banget menurutku. Selain karena materinya bermanfaat banget, juga karena dalam satu ruangan itu adalah perempuan semua, sehingga obrolan yang muncul seperti layaknya "girls talk" heheee....

Yuk intip foto-foto kami ;)

Vita Masli sebagai pemateri
Selfie!
Suasana Kelas Menulis MAM
*pic by Zilqiah Angraini


Makkunraina Anging Mammiri
*pic by Zilqiah Angraini
Posting Komentar