Jumat, Mei 20, 2016

Wisata Belanja Di Celebes Beauty Fashion Week


Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar saat ini sedang giat-giatnya mengembangkan pariwisata Kota Makassar dari segala sektor. Tidak hanya wisata alam dan kuliner tapi juga wisata belanja. Salah satunya dengan mengadakan pameran fashion lengkap dengan fashion show bertaraf nasional bahkan internasional. 

Acara bertajuk Celebes Beauty Fashion Week yang diadakan merupakan rangkaian acara dari Femme. Dalam acara ini Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar bekerjasama dengan event organizer 3 Pro. Untuk Femme sendiri tahun ini merupakan tahun ke -11 diadakannya. Sedangkan Celebes Beauty adalah untuk yang ke-2 kalinya.
Selama 5 hari berturut-turut para fashionista dan penggila belanja dapat menikmati sajian fashion show dari para designer ternama, diantaranya Ivan Gunawan, Poppy Dharsono, Chintami Atmanegara, Oky Setiana Dewi dan Luna Maya. Bahkan designer lokal pun mendapat tempat di panggung yang sama untuk unjuk gigi memperagakan busana karya mereka, seperti Ida Noer Harris dan Appi Sayuti.


Seharusnya pada acara pembukaan Celebes Beauty Fashion Week saya hadir karena sudah dapat undangan bareng teman-teman blogger, tapi sayang banget terlewatkan karena harus menghadiri acara Gala Dinner Maritage Indonesia yang juga tak kalah pentingnya. Saya pun akhirnya berkesempatan hadir di hari ke-2 dan ke-5 dari perhelatan akbar ini. 

Pada hari ke-2 Celebes Beauty diisi dengan fashion show dari Malik Mustaram, Misan, dan Sikie Purnomo. Jam 7 teng saya sudah ada di Four Points Hotel, tempat diadakannya acara ini, tapi ternyata fashion shownya baru mulai jam 7.30. Saya pun menggunakan waktu luang untuk jalan-jalan melihat area pameran. Ada kurang lebih 100 tenant dengan beragam produk jualan, mulai dari aksesoris, baju, hingga sepatu.

Pamerannya terdiri dari 3 area. 2 area untuk fashion dan aksesoris dan 1 area khusus untuk kosmetik. Selain itu ada 2 panggung, yang besar untuk fashion show dan yang kecil untuk sesi talk show yang biasa diadakan oleh produsen brand kosmetik yang juga ikut ambil bagian dalam event ini.

Area pameran

Area kosmetik

Fashion show oleh Misan

Fashion show oleh Malik Mustaram

Di hari ke-5 yang merupakan hari terakhir perhelatan Femme - Celebes Beauty Fashion Week 2016 pada hari Minggu tanggal 15 Mei 2016, saya kembali datang untuk menghadiri acara penutupannya. Pengunjung terlihat semakin ramai. Tenant peserta pameran mulai banting harga dengan mendiskon barang jualannya hingga mencapai 70%.

Di panggung utama acara penutupan digelar dengan menghadirkan busana karya Anne Avantie bertema Untukmu Indonesia. Area fashion show sudah dipenuhi tamu undangan, termasuk kami para blogger Anging Mammiri. Acara diawali dengan pidato-pidato kata sambutan dari Chairwoman Femme, Ibu Icha A.Z.Lili; Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar, Ibu Ir.Hj.Rusmayani Madjid; Wakil Gubernur Prop. Sulawesi Selatan, Bp.H.Agus Arifin Nu'mang.

Dalam sambutannya, Ibu Rusmayani Madjid mengatakan bahwa event yang diadakan kali ini merupakan wisata belanja yang terbukti mendatangkan banyak wisatawan khususnya dari kawasan timur Indonesia. Sesuai yang disampaikan pula oleh Ibu Icha A.Z.Lili bahwa Femme 2016 ini mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun lalu. Itu pertanda bahwa semakin banyak orang yang datang ke event ini, tentu saja semakin besar perputaran transaksi yang dilakukan oleh pengunjung tersebut.

Rusmayani Madjid, Kadis Parekraf Kota Makassar

Icha A.Z.Lili, Chairwoman Femme

Sebagai acara puncak pada malam itu yakni fashion show Untukmu Indonesia persembahan Anne Avantie, designer papan atas yang turut mengharumkan nama Indonesia dengan kain kebaya bercorak batik yang sangat mewah. Para model berlenggak-lenggok mengikuti irama sambil sesekali mengibaskan selendang ataupun roknya yang panjang menjuntai. Atmosfir tradisional Indonesia nan megah sangat terasa dan itu yang membuat para tamu terpana menyaksikan busana-busana yang ditampilkan.

Di akhir acara, pihak 3 Pro selaku event organizer menyerahkan penghargaan sebagai wujud terima kasih kepada pihak-pihak yang berperan besar atas terselenggaranya event ini. Mulai dari jajaran pemerintah propinsi dan kota hingga para sponsor.

Fashion show busana Anne Avantie

Penyerahan penghargaan

Dengan kesuksesan event ini, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifun Nu'mang memberikan pujian kepada Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar karena telah mendorong pelaku industri fashion untuk masuk ke Kota Makassar.

Semoga saja tahun depan event Femme - Celebes Beauty Fashion Week diadakan kembali dengan perhelatan yang lebih akbar dan mengedepankan potensi daerah, seperti sutra untuk tampilkan dengan mengajak serta lebih banyak designer-designer berbakat asal Kota Makassar

Designer berbakat Makassar, Appi Sayuti 
*pic courtesy Appi Sayuti

Bareng teman-teman di acara Celebes Beauty Fashion Week
Posting Komentar