Rabu, Mei 25, 2016

Prenagen Pregnancy Educational Journey

Bulan Mei adalah benar-benar bulan yang cukup sibuk untuk hobby saya sebagai blogger. Ada beberapa undangan, baik dari perusahaan dan instansi pemerintahan untuk menghadiri acara atau kegiatan yang selanjutnya harus dituangkan dalam tulisan di blog ini. Alhamdulillah yaa... hehehe.

Termasuk acara yang saya hadiri kemarin, diadakan oleh Prenagen bertajuk Prenagen Pregnancy Education Journey yang diperuntukkan bagi para calon orang tua. Diadakan di Grand Clarion Hotel & Convention hari Minggu tanggal 22 Mei 2016 mulai jam 7 pagi sampai jam 1 siang.



Tadinya saya mikir, koq pagi banget yaa acaranya?... Saya pun datang jam 8, telat 1 jam dari undangan. Ternyata di tempat acara sudah ramai dengan para ibu-ibu, dan juga ada terlihat beberapa lelaki yang menemani istrinya. Rupanya rangkaian acaranya memang dimulai jam 7 pagi karena ada beberapa sesi dari Education Center berupa kelas edukasi dan konsultasi gratis, mulai dari Kelas Persiapan Kehamilan, Kelas Hamil, Kelas Menyusui dan Kelas Nutrisi Sehat. Selain itu ada pula booth penjualan, photo booth dan kids playground.

Kelas Pra Kehamilan

Kelas Kehamilan

Kelas Menyusui

Kelas Nutrisi Sehat

Booth penjualan 

Photo booth

Playground

Jam 10 teng pintu ballroom akhirnya terbuka, pertanda Interaktif Talkshow bertema "Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil!" segera dimulai. Para peserta yang sudah sedari tadi menunggu langsung meringsek masuk tanpa perlu dipersilahkan, hehee...
Talkshow ini menghadirkan dr.Boy Abidin, SpOG (K) - Ginekolog, Roslina Verauli - Psikolog Keluarga, Irene F.Mongkar - Praktisi Stimulasi Anak, dan Mona Ratuliu - Praktisi Parenting dan Artis selaku moderator.

Diawali dengan penjelasan dr. Boy Abidin, SpOG (K) tentang periode emas atau golden period, yakni 1000 hari pertama kehidupan, mulai dari terjadinya pembuahan di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun, atau hitungannya terdiri dari 270 hari (9 bulan) selama masa kehamilan ibu dan 730 hari (2 tahun) kehidupan sejak bayi dilahirkan. Masa ini adalah waktu yang kritis, yang jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka dapat menyebabkan kerusakan yang bersifat permanen.

Malnutrizi atau kurang gizi adalah penyebab kematian 2,6 juta anak setiap tahunnya di seluruh dunia. Untuk itu para orang tua harus tahu 6 prinsip utama pencegahan malnutrisi pada ibu dan anak :
1. Suplementasi asam folat dan zat besi. Karena anemia defisiensi besi merupakan gangguan nutrisi paling sering ditemui di dunia.
2. Pemberian ASI hingga 2 tahun.
3. Makanan MPASI, jika ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisi anak.
4. Suplementasi Vitamin A. Karena kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerusakan organ penglihatan maupun diare.
5. Pemberian Zinc untuk diare. Karena zinc membantu pemulihan diare serta mengurangi resiko diare berulang lagi.
6. Hidup bersih dengan memperhatikan air, sanitasi dan kebersihan.

Dari segi psikologis, Rosalina Verauli sebagai psikolog keluarga berpendapat bahwa 1000 hari pertama ada berbagai pengaruh yang memerlukan reaksi yang baik dari sang ibu dan kerjasama yang baik dari sang ayah. Hal yang seringkalo dilupakan adalah betapa besar peran suami pada masa kehamilan. Karena kebahagiaan calon orang tua juga sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan keselamatan proses kelahiran.

Roslina Verauli

Selain itu, selama 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil faktor yang tak kalah penting adalah memberi stimulasi. Hal ini diungkapkan oleh pakar stimulasi anak, Irene F. Mongkar. Evaluasi kemampuan dasar Si Kecil merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui kondisi apakah kondisi dan fungsi kerja sistem sarafnya sudah sempurna sesuai yang semestinya. Teruslah berikan stimulasi agar Si Kecil tumbuh menjadi manusia seutuhnya yang bahagia, percaya diri dan penuh imajinasi.

Irene F.Mongkar

Senang banget saya bisa hadir di acara yang penuh manfaat ini. Banyak ilmu yang didapat. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kampanye "Prenagen Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat" di tahun 2016 dan bentuk apresiasi kepada jutaan ibu hamil yang sudah memilih Prenagen. Selain itu juga sebagai bentuk kepedulian Prenagen dalam menyadarkan para calon orang tua bahwa pentingnya nutrisi dan stimulasi di awal 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil.

Rangkaian produk Prenagen dengan formula Prenapro dirancang khusus dengan varian terlengkap untuk setiap tahap kehamilan, mulai dari persiapan kehamilan, mulai dari persiapan kehamilan, hamil dengan mual dan muntah, hamil hingga menyusui. Prenangen sebagai ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui ingin selalu menjadi sahabat terbaik, menemani para calon orang tua dalam menjalankan perannya dan memberikan edukasi secara berkelanjutan. 

Foto bareng Mona Ratuliu

Foto bareng Roslina Verauli

Bareng teman2 blogger MAM
Posting Komentar