Minggu, Mei 15, 2016

Maritage Indonesia "Makassar Yuukkk..."


Pada hari Rabu tanggal 11 Mei 2016 yang lalu, Pemerintah Kota Makassar, dalam hal ini Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, menggelar sebuah Gala Dinner untuk para peserta Maritage Indonesia yang sedang melakukan kunjungan wisata di Kota Makassar.

Maritage adalah Multicultural Art And Heritage For International Development atau Maritage International, adalah wadah global untuk mitra multisektoral dalam upaya berbagi nilai seni warisan budaya yang dapat berkontribusi pada pengembangan masyarakat. Di Indonesia sendiri, Maritage Indonesia berdiri di bulan Agustus 2013 dengan berbagai kegiatan yang dilakukan, salah satunya adalah Wisata Budaya dengan tujuan memperkenalkan budaya nusantara yang kaya. Tahun ini Wisata Budaya yang digelar bertema "Makassar yuukkk..."
Ya, Makasar sebagai pintu gerbang Indonesia Timur merupakan kota yang kaya akan beragam budaya dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin signifikan menjadi tujuan Maritage Indonesia untuk berwisata. Selain wisata budaya, para peserta trip juga akan menikmati wisata kuliner dan wisata belanja di kota ini.
Bersamaan dengan kehadiran peserta Maritage Indonesia di Kota Makassar juga sedang berlangsung pameran fashion terbesar di kawasan timur Indonesia yakni Femme dengan gelaran Celebes Beauty yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar dan 3 Pro. Sehingga acara ini juga menjadi salah satu yang didatangi oleh peserta trip.

Nah, seperti yang sudah saya tuliskan di awal tadi, acara Gala Dinner yang digelar oleh Pemerintah Kota Makassar juga mengundang kami, para blogger yang tergabung dalam Blogger Anging Mammiri. Wah....senangnya! Artinya kami bisa ikut malam malam bareng para sosialita itu dengan pelayanan berkelas bintang 5 sambil nenikmati aneka sajian kesenian daerah. Acaranya diadakan di Fort Rotterdam yang disulap bak restauran outdoor bertema "Dinner Under The Stars".

Para peserta Maritage Indonesia diiringi Tarian Gandrang Bulo

Para peserta Maritage Indonesia tiba di tempat acara pada pk.19.30 diiringi dengan tarian Gandrang Bulo dan disambut oleh istri Walikota Makassar, Ibu Indira Yusuf Ismail. Kurang lebih 50 orang sosialita dari ibukota tampak berbusana khas daerah Sulawesi Selatan yakni Baju Bodo dan Lipa' Sa'be, walaupun hanya berupa busana modifikasi. Diantara para sosialita tersebut ada Sarita, mantan model yang juga main di film AADC2; Chossy Latu, perancang busana; serta Dhanny Dahlan yang juga model top 80an yang merupakan Ketua Panitia dari acara Wisata Budaya ini.

Dalam acara Gala Dinner ini, ditampilkan pula kesenian alat petik tradisional, Sinriliq,  yang bertutur tentang sejarah Kota Makassar dalam bahasa Makassar dan Indonesia. 
Selain itu ada pula musik tradisional yang lengkap dengan gendang dan pui-pui.
Suasana semakin meriah ketika puluhan menari menarikan Tarian 4 Etnis dan Tari Pa'raga di atas panggung.

Sinriliq

Musik tradisional

Tarian 4 Etnis & Pa'raga

Menu yang disajikan malam itu adalah makanan khas Kota Makkasar. Mulai dari kue-kue tradisional yang bercita rasa manis, sesuai dengan filosofinya bahwa orang Makassar selalu bersikap manis terhadap siapa saja, ada pula kue Putu Cangkir yang dibuatkan booth khusus sehingga para tamu bisa melihat langsung cara pembuatannya. Selain itu ada Nyuk-Nyang (Bakso) khas Makassar, Mie Kering, Pallubasa hingga Ikan Bakar. 

Booth Putu Cangkir

Dalam kata sambutannya, Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto menyambut baik kedatangan para peserta Maritage Indonesia dan menyampaikan mengenai acara Festival F8 (Food, Flower, Fashion, Film, Fiction Writer, Fussion Jazz, Folk & Fine Art) yang akan diselenggraakan pada tanggal 8 Sepetember 2016 yang akan datang, yang tentunya akan sangat menarik untuk disaksikan oleh para wisatawan. 
Peserta Maritage Indonesia yang terdiri dari kalangan sosialita menengah ke atas tentunya berpeluang sebagai sarana promosi di kalangan mereka untuk berkunjung ke Kota Makassar.
Setelah kata sambutan, dilanjutkan dengan penukaran cenderamata antara Pemerintah Kota Makassar dengan Maritage Indonesia.

Bp.Walikota memberikan kata sambutan

Penyerahan Cenderamata

Dari acara ini terlihat jelas upaya pemerintah dalam menarik para wisatawan. 
Disinilah tugas Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar untuk semakin meningkatkan kualitas pariwisata Kota Makassar.
Dan kami para blogger siap untuk bersinergi dengan Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar untuk membantu mempromosikan potensi wisata kota ini lewat tulisan.

Sukses Kota Makassar (y)

Foto bareng Blogger Anging Mammiri

Posting Komentar