Selasa, Mei 03, 2016

Alkisah by Rio Motret

Melestarikan budaya bangsa bisa dilakukan dengan cara apa saja. Termasuk lewat seni fotografi. Dan itu yang dilakukan oleh Rio Wibowo atau yang lebih dikenal dengan nama Rio Motret.

Rio Motret

Berawal dari keprihatinan Rio karena dongeng-dongeng dari luar negeri lebih disukai oleh anak bangsa dari generasi ke generasi maka sebagai bentuk apresiasinya terhadap budaya bangsa Rio pun mengangkat 17 cerita rakyat Indonesia dalam bentuk foto yang melibatkan 100 orang, mulai dari selebriti, designer, pengarah gaya, penata rias dan para pekerja. Para selebriti itu antara lain Ayu Ting-ting sebagai Srikandi, Syahrini sebagai Roro Jonggrang, Titi Dj sebagai Dayang Sumbi, Raffi Ahmad sebagai Sangkuriang, Chiko Jeriko sebagai Arjuna, dan Ivan Gunawan sebagai Buto Ijo.



Foto Drupadi & Lima Pandawa 

Proses pemotretan yang berlangsung sejak bulan Juni hingaa Juli 2015 ini akhirnya pertama kali dipamerkan di Jakarta pada saat hari kemerdekaan dilanjutkan ke beberapa kota besar hingga akhirnya digelar pula di Makassar.
Mengambil lokasi di Trans Studio Mall, pamerannya berlangsung mulai tanggal 28 April sampai 8 Mei 2016. Dan pada acara pembukaan pamerannya kemarin, saya termasuk salah satu yang dapat menghadirinya dan duduk di front row :)
Acara yang dibuka oleh Walikota Makassar ini dihibur oleh penampilan Ayu Ting-ting dan Regina Ivanova serta Dave Hendrik selaku MC.

Tabuhan gendang sebagai tanda pembukaan pameran foto Alkisah by Rio Motret

Dave Hendrik

Ayu Ting-ting

Regina Ivanov

Karya foto yang ditampilkan adalah Si Pitung dari Betawi, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, Sangkurian dari Jawa Barat, Timun Mas dari Jawa Tengah, Jaka Tarub & 7 Bidadari dari Jawa Tengah, Roro Jonggrang dari Yogyakarta, Bawang Merah & Bawang Putih dari Yogyakarta, Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, Asal Mula Banyuwangi dari Jawa Timur, Ande-ande Lumut dari Jawa Timur, Calon Arang dari Jawa Timur, Rara Mendut dari Jawa Timur, Keong Mas dari Jawa Timur, Sabai Nan Aluih dari Sumatera Barat, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Danau Toba dari Sumatera Utara, dan Drupadi & Lima Pandawa dari kisah Mahabharata.

Tapi sayang banget... di antara semua foto yang ditampilkan, sebagian besar cerita rakyat berasal dari tanah Jawa. Tidak ada dari Sulawesi Selatan. Padahal kita punya mahakarya I Lagaligo, ada pula kisah cinta Datumuseng & Maipa Deapati, dan masih banyak lagi jika digali.
Semoga saja proyek ini masih ada kelanjutannya sehingga budaya dan cerita rakyat dari semua daerah di Indonesia bisa terpublikasikan lewat foto-foto cantiknya Rio Motret ;)

Bareng teman-teman menghadiri pembukaan Alkisah

Atu, Baby F & Alifah di depan foto Cindelaras

Suasana pameran

Pameran Alkisah di TSM

#respect buat karya anak bangsa Indonesia.
Saksikan pameran foto-foto keren inih ingga tanggal 8 Mei nanti di Trans Studio Mall Makassar.

Posting Komentar