Sabtu, April 30, 2016

Belajar (Lagi) Ejaan Yang Disempurnakan


Di antara kita banyak yang bisa nulis. Karya tulisnya pun bagus-bagus, bahkan ada yang dalam tulisannya bisa membuat kita larut, seakan-akan kitalah yang ada dalam tulisan itu. 
Tapi.... ada beberapa dari tulisan itu yang walaupun isinya bagus namun cukup mengganggu jika dibaca, terutama pada pakem EYD yang digunakannya.

EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan telah kita pelajari sejak masih duduk di bangku SD. Bagaimana penulisan huruf kapital, huruf miring, tanda baca, awalan, akhiran dan lain-lain semuanya tentu sudah kita tuntaskan. Tapi seiring berjalannya waktu, beberapa ilmu yang sudah kita dapat itu bisa terlupa atau mungkin juga karena kita terbiasa membaca tulisan yang seadanya, tidak mengikuti EYD, sehingga akhirnya kita pun menganggap itulah yang benar padahal belum tentu benar bahkan bisa saja salah.

Akhirnya di Kelas Menulis MAM (Makkunraina Anging Mammiri) yang diadakan pada hari Rabu tanggal 27 April 2016 yang lalu, kami belajar lagi tentang EYD. Diajar oleh Mansyur Rahim, seorang blogger yang lebih dikenal dengan nama Kak Lebug karena nama blognya www.lelakibugis.net hehehe...

Suasana belajar

Serius tapi santai

Bagaikan flashback ke masa sekolah, kami diajarkan lagi bagaimana cara menulis yang benar sesuai EYD. Suasana belajar seperti halnya kelas-kelas sebelumnya, terasa santai tapi tetap serius. 
Di antara para peserta, ada peserta termuda yakni Alifah, hehehe... Ya, Alifah yang memang berbakat menulis saya ikut sertakan juga dalam Kelas Menulis MAM ini. Dengan harapan semoga setelah mengikuti kelas menulis bakatnya semakin terasa dan termotivasi untuk memublikasikan karya tulisnya.

Alifah, peserta termuda

Di akhir belajar, Kak Lebug memberikan PR buat kami, yakni membuat tulisan menggunakan format EYD yang tepat. Dan tulisan ini sebagai setoran PR saya.
Semoga sesuai dengan yang kami pelajari di Kelas Menulis MAM kemarin ya kak... :)

Kelas Menulis MAM bersama Kak LeBug

Oya, tak lupa terima kasih saya buat Qiah atas foto-fotonya yang keren (y)


Ini bertanya atau mengajarin gurunya ya? =))

Posting Komentar