Senin, Februari 22, 2016

Kantong Berkancing

Menurut saya, untuk melakukan sesuatu itu tidak ditentukan oleh bakat. Karena banyak yang bilang "saya gak berbakat memasak" atau "musik bukan bakatku". Tapi yang benar adalah segala sesuatunya bisa kita lakukan asal ada niat dan kemauan untuk belajar melakukannya dan mengerjakannya hingga selesai.
Dan itu yang saya lakukan!
Saya yang gak tau menjahit akhirnya mau belajar jahit walopun sederhana. Dan saya berhasil membuat Kantong Berkancing alias Button Pocket hasil belajar di acara TSM Smart Mom yang diselenggarakan oleh EMaronie Organizer bekerjasama dengan Trans Studio Mall hari Minggu tanggal 21 Februari 2016 kemarin.

Kantong Berkancing buatanku


Salah satu alasan saya membuat EMaronie Organizer ini ya karena itu... Saya juga ingin belajar membuat sesuatu, seperti handycraft atau handmade. Makanya di sela-sela kerempongan handle acara, dokumentasi dan sebagainya, saya pun ikut bikin seperti yang peserta bikin.
Kan kita juga pengen pintar, hehehe...


Kantong berkancing ini sebenarnya sudah pernah kami ajarkan sebelumnya waktu di acara Workshop Pengembangan Kemasan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar. Waktu itu pesertanya adalah ibu-ibu dari kelurahan dan kecamatan se Kota Makassar, selain itu juga ada beberapa siswa dari SMK.

Bahan yang digunakan sangat sederhana, yaitu kain katun, kain linen, kancing, karet, benang dan tentu saja gunting. Untuk kain katunnya kita bisa manfaatkan baju atau. Seprei yang sudah tidak terpakai.

Bahan & alat

A.Unga mengajar para peserta

Sebanyak 9 orang peserta belajar bersama kami. Yang ngajar A.Unga dari Ungatawwa Handmade. Ada yang memang sudah biasa menjahit tapi lebih banyak yang baru belajar seperti saya. Rupanya menjahit itu ada juga jenis-jenis tusukannya. Kali ini jenis jahitannya tikam jejak atau biasa juga disebut tusuk balik.

Peserta serius menjahit

Serius tapi santai nih :)

Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam untuk menyelesaikan Kantong Berkancing. Buat yang baru belajar menjahit seperti saya, menghasilkan sesuatu dari tangan sendiri itu udah bikin senang bangetttt, hehee... 

Terma kasih yaa buat seluruh peserta yang sudah berpartisipasi di acara ini. Semoga ilmu yang kami bagikan bermanfaat. Sampai ketemu di workshop selanjutnya! 

Pamer Kantong Berkancing buatan masing-masing





Posting Komentar