Sabtu, Desember 12, 2015

Faizah's 1st Time Flight

Liburan Faizah ke Bali pada  tanggal 4-6 Desember lalu adalah untuk yang pertama kalinya naik pesawat, dengan jam penerbangan pk.6.30 pagi. Dari jam 4 subuh kami sudah siap-siap. Faizah masih ngantuk. Bahkan pakaian pun dalam keadaan masih tidur. Tiba di airport jam 6 teng, Faizah masih keliatan ngantuk sambil duduk diam di atas strollernya. Belum lincah, hehee...

Sebelum berangkat, saya udah tanya-tanya ke Ika, iparku, yang udah punya pengalaman terbang bareng Khansa. Biar saya jadi punya gambaran gimana mengatasi bayi selama penerbangan. Harapanku sih gak apa kalo Faizah banyak goyang, mau lari ke sana ke mari, asal tidak rewel dan nangis. Itu aja! Soalnya kalo di pesawat trus dengan bayi nangis, penumpang lainnya pasti terganggu.

Masih ngantuk berats nih...

Kami naik pesawat Garuda. Berangkatnya on time. Masuk pesawat means the show is just about to begin, hehee... Faizah masih anteng di pangkuanku. Pramugari datang bawa selimut dan diapers sambil bertanya "bu, butuh selimut?", "makasih mbak, gak usah... Saya bawa koq" jawabku. Tapi pramugarinya tetap menyimpan selimut itu di bawah kursi depanku "gak apa bu, ini saya taro di sini aja ya, siapa tau ibu butuh" katanya.
Gak lama kemudian pramugari lain datang bawa seat belt, "bu, ini seat belt untuk adek. Sini saya bantu pasangin". Seat belt dipasang di perut Faizah, dia mulai keliatan gelisah karena ada yang menghalangi geraknya. Akhirnya saya buka karena belum take off.
Lalu datang lagi pramugari yang bawa selimut tadi, tapi kali ini bawa semacam souvenir yang ternyata isinya tas lengkap dengan diapers dan mainan.

Sebelum mulai take off, terdengarlah pengumuman utk pasang seat belt dan sebagainya. Dengan gaya pura-pura berbisik sambil ketakutan, saya bilang ke Faizah "tuh, sudah mau berangkat..ayo pasang dulu seat beltnya, nanti pilotnya marah kalo ndak pasang seat belt". Dia pun nurut.Saat pesawat mulai take off, saya keluarkan semua mainan yang udah saya siapin dalam tas biar dia ada kesibukan. Sambil saya putarkan film anak-anak dari layar monitor yang ada di depan kursi. Mulai bosan lagi... Akhirnya dia minta turun dari pangkuan. Hmm, mulai deh...

Pertama dia ke kursi belakang, trus lari ke kursi depan. Sampai duduk di kursi penumpang lain. Saya sih ngikutin aja. Gak juga melarang apalagi ditarik-tarik karena pasti dia bakal berontak.

Duduk di kursi orang nih...

Waktu snack dibagiin, mulai reseh lagi dia... alhasil waktu saya mau seruput kopi, tanganku disenggol...tumpah deh! Hiks... tapi untung tumpahnya gak banyak, hanya basahin lengan bajuku saja.
Akhirnya pesawat tiba di Bali on time jam 8. Alhamdulillah perjalanan 1,5 jam lancarrrr....

Ketika tiba di Bali

Selama di Bali Faizah senang banget... ceria, gak pernah rewel dan selalu lincah.

Potato Head Beach Club

Beachwalk Mall

Sun Island Hotel

Tiba waktunya pulang kembali ke Makassar, kami berangkat dengan pesawat Garuda penerbangan jam 8 pagi. Jam 6 kami sudah bersiap-siap, tapi Faizah yang selalu saya persiapkan belakangan. Sebelum ke airport kami sempatkan untuk sarapan dulu di hotel. Faizah juga kami biarkan main-main, berlarian seperti biasa... Jam 7 kami pun berangkat ke airport karena jarak dari hotel ke airport memang cukup dekat dan kalo pagi jalanan gak macet lah.. jadi gak terburu-buru.

Di airport, teman-teman yang lain udah ada dan mereka dengan anak masing-masing. Senanglah Faizah punya banyak teman main di airport. Gak cuman berlarian, tapi juga guling-gulingan di karpet hehee... Tiba waktunya masuk ke pesawat, kami baru naik setelah panggilan terakhir karena antrian yang panjang bo!

Bareng Ibu Maya & teman-teman

Dapat teman baru di airport

Guling-gulingan di karpet

Di pesawat, pramugari kasi seat belt buat Faizah. Tapi sayang...kali ini beda banget pelayanannya dengan waktu berangkat kemarin yang ditawarin selimut dan dapat mainan. Pelayanan pramugarinya pun kurang ramah.
Syukurnya, di perjalanan pulang ini Faizah lebih tenang dibanding waktu pertama kali naik pesawat. Sebelum take off kami sempat foto-foto dulu sambil saya perdengarkan musik. Setltelah itu dia hanya duduk hingga akhirnya tertidur. Setelah sajian snack diantar baru deh dia terbangun...

Selfie with Faizah

Senang dengar musik dari headphone

Dari pengalaman first flight nya Faizah saya jadi pengen kasi tips buat buibu yang juga mungkin bingung untuk bawa bayinya terbang...

1. Persiapkan bayi/anak paling akhir. Kalo dia masih tidur sebelum berangkat, jangan dibangunkan paksa. Kalo perlu pakein baju biar dia sambil tidur

2. Saat di airport, sebelum masuk pesawat, biar anak bermain sesukanya. Cukup diawasi, jangan dilarang kecuali kalo sudah terlihat membahayakan. Dengan bermain maka energinya akan terkuras, harapannya biar dia capek dan tertidur selama di pesawat.

3. Ketika ada panggailan untuk naik ke pesawat, gak usah terburu-buru. Tunggu sampai panggilan terakhir baru naik. Karena jika kita lama menunggu di pesawat sampai take off, bayi/anak akan bosan.

4. Saat di pesawat, taro kapas di telinga bayi/anak. Tapi kalo Faizah sih pasti dicopot kapasnya. Jadinya memanfaatkan headphone dari pesawat untuk nutup telinga. Sekalian diperdengarkan musik-musik ceria biar bayi/anak senang.

5. Jika di pesawat bayi/anak berlarian, biarkan saja. Karena jika kita larang atau kita tarik dan paksa untuk duduk tenang di kursinya pasti akan berontak. Asal tidak mengganggu penumpang lain.

6. Ini yang parah... Kalo bayi/anak nangis! Usahakan agar mereka tenang karena penumpang lain pasti akan terganggu mendengar tangis bayi. Langsung susuin atau berikan mainan yang menarik perhatiannya yang sudah kita persiapkan dari rumah dan disimpan di tas yang mudah dijangkau.

7. Salah satu yang penting adalah pakaian. Pakein bayi/anak baju yang tertutup (seperti lengan panjang dan celana panjang) tapi tetap nyaman dan tidak ribet buat mereka bergerak. Jangan lupa siapin topi dan selimut. Saya sih lebih suka bawa phasmina yang lebar yang tidak terlalu berat.

8. Siapin juga cemilan yang mereka suka sebagai bekal selama perjalanan atau sebagai pengalih perhatian saat mereka rewel.

Happy flight with your kiddos, moms! :*