Sabtu, Desember 26, 2015

EMaronie Organizer


Sejak bulan Mei 2015 yang lalu, saya punya kegiatan baru. Yaitu mengelola sebuah event organizer yang saya beri nama EMaronie Organizer. Yes, semua pasti tau, EMaronie berasal dari nama saya, Eryvia Maronie.

Latar belakang lahirnya EMaronie Organizer ini (selanjutnya kita sebut saja EM yaa) sebenarnya udah saya ceritakan di postingan workshop pertama saya yang berjudul Kids Class Handycraft Workshop tapi gak apa yaa saya ulang lagi sedikit di sini ;)

Jadi berawal dari keprihatinan saya melihat anak-anak jaman sekarang yang mengisi masa liburan sekolahnya tidak lain hanya dengan nge-mall, selain itu mereka sudah kurang kreatif secara nyata karena lebih banyak memegang gadget dibanding peralatan, perkakas, atau benda-benda yang membuat mereka lebih kreatif secara nyata, khususnya dalam hal memanfaatkan kembali barang bekas yang ada di sekitar mereka (recycle). 

Pucuk dicinta, ulam pun tiba...
Disaat sedang iseng mengutak-atik pin cushionku yang belum rampung, hasil belajar saat meet up Kompakers Makassar minggu lalu, tiba-tiba ideku muncul! TING!!
"Kenapa gak bikin pelatihan kerajinan tangan seperti ini buat anak-anak yaa? Kan mumpung mereka lagi libur..."
Akhirnya saya pun menghubungi crafter untuk ngajar peserta workshop yang di tahap awal saya fokuskan dulu untuk anak-anak.

Sampai saat ini sudah banyak kerajinan tangan yang kami ajarkan ke anak-anak. Dan kami juga sudah bekerjasama dengan Trans Studio Mall Makassar untuk mengisi acara reguler yakni TSM Kids Club. Tidak hanya anak-anak, namun kini kami juga mengisi acara reguler khusus buat Ibu-ibu yakni TSM Smart Mom. Selain itu kami pernah pula mengisi acara di Mal Ratu Indah dan juga bekerjasama dengan event organizer lain, yaitu Yellow Project. Bahkan kami sudah pernah menghandle acara berskala cukup besar yang bekerjasama dengan Pemkot Makassar dibawah koordinasi Dinas Pariwisata & Ekonomi Kretif Kota Makassar. 


Bukan hanya di bidang kerajinan tangan saja yang akan kami kelola tapi dengan tagline "Educational Event Organizer" maka segala yang berhubungan dengan ilmu, pengetahuan, keahlian dan bakat masuk dalam ranah kerja EM. Ada beberapa rencana kerjasama untuk membuat talk show, mini seminar ataupun sharing session akan dijalankan ke depannya. Untuk yang sudah berjalan saat ini adalah story telling atau dongeng oleh Kak Heru, salah satu pendongeng yang ngetop di Kota Makassar, yang jadi pengisi acara di event TSM Kids Club.
Hampir semua workshop yang kami adakan diliput oleh media cetak ataupun online lokal, tapi yang paling sih koran Tribun Timur.




Mungkin ada yang bertanya, siapa-siapa saja sih yang ada dalam EM itu? Awalnya saya hanya berdua dengan Arie, adiknya Ika ipar saya. Kemudian Ika datang liburan dari Jkt, akhirnya ikut bantu juga menjalankan EO ini. 

Bersama Arie

Bersama Ika

Awal kami berkiprah banyak yang menganggap EM ini sebagai crafter atau komunitas para crafter, hohoho...salah besar!! Kami ini EO, yang menghandle acara, bukan crafter. Untuk acara handycraft workshop kami pernah bekerjasama dengan Dini dari MomenioEka dari Camane Craft dan A.Unga dari Ungatawwa Handmade.

Bersama Dini - Momenio

Bersama Eka - Camane Craft

Bersama A.Unga - Ungatawwa Handmade

EMaronie Organizer terbuka untuk siapa saja yang ingin kerjasama, baik perseorangan untuk acara ulang tahun, dll, atau EO yang ingin menjadikan kami sebagai partner atau sub EO, ataupun perusahaan, yayasan dan komunitas yang ingin acaranya dikelola oleh kami, khususnya yang mempunyai unsur pendidikan. Seperti yang pernah kami lakukan diantaranya dengan pihak Balqis Foundation yang meminta kami untuk mengajarkan 20 orang anak santri TPA yang mereka kelola.

Balqis Foundation Kids Activity

Harapan saya dalam menjalankan EO ini gak muluk-muluk sih... Hanya bertekad untuk membuat masyarakat menjadi lebih cerdas dalam berpikir dan berkreasi. Semoga bisa didukung sama semua pihak, biar kita bisa maju bersama. Aaamiiin 🙏

Untuk info selengkapnya tentang EMaronie Organizer, hubungi :
- ERY, 08114107711
- ARIE, 08114499989
Bisa juga melihat aktivitas kami di akun Instagram : @emaronie.organizer.
Posting Komentar