Selasa, November 17, 2015

Lunch

Chicken Teriyaki Fried Rice & Iced Thai Tea di Black Canyon Coffee

Lunch atau makan siang merupakan rutinitas penting dalam kehidupan setiap manusia.
Sejak kecil, orang tua kita selalu menyuruh kita untuk makan siang dengan alasan "biar cepat besar" hahaa... Namanya juga anak kecil yaa, kita tentunya belum begitu tahu pentingnya makan siang.

Begitu pentingnya makan siang ini sehingga menjadi ritual wajib, tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia dengan menu sesuai kebiasaan negara masing-masing.



Chicken Barbeque with Waffle & Pancake & Fruit Punch di Pancious

Makan siang adalah makan tengah hari, antara jam 12 - 1 siang, bermanfaat untuk mengembalikan energi pada tubuh dan menaikkan kembali kadar gula darah ketika fokus dan konsentrasi mulai menurun. Selain itu, mengkonsumsi makan siang juga dapat menjaga proses metabolisme untuk tetap aktif, terutama jika anda mengkonsumsi porsi yang cukup serta menyiapkan camilan sehat. Sedangkan bagi para pekerja, makan siang dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja, karena saat makan siang, otak kembali melakukan relaksasi sejenak dari aktivitas bekerja.

Oxtail Soup & Iced Thai Tea di Movida Cafe

Bagaimana jika seseorang tidak makan siang? Lapar tentu saja! Hehee...
Kecuali buat mereka yang sedang diet atau mengurangi asupan kalori, jika melewatkan makan siang akan membuat anda tidak konsentrasi dan kehilangan fokus saat bekerja. Bahkan berat badan cenderung naik karena tanpa makan siang anda akan banyak jajan atau makan cemilan untuk mengenyangkan perut anda hingga waktu makan malam tiba.

Nasi Lemak Ikan Bilis & Teh Tarik di Kedai Kopi Papa Ong

Lantas menu apa saja yang cocok untuk makan siang? Mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk makan siang dapat membantu menjaga metabolisme untuk tetap aktif dan menjaga tubuh anda tetap sehat, tentunya yang memenuhi kebutuhan dasar 4 sehat 5 sempurna dengan tetap berpatokan pada piramida makanan atau yang dikenal dengan Tumpeng Gizi Seimbang, sehingga asupannya sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya asal makanan enak dan perut kenyang, jangan pula terlalu berlebihan karena akan membuat anda menjadi tidak produktif akibat mengantuk.

Spicy Chicken Rice Bowl & Passion Fruit Punch di Gastros Eatery

Lakukan makan siang anda dengan relax dan fokus tanpa diselingi dengan kegiatan lain. Kebiasaan makan sambil bekerja juga membuat  penyerapan nutrisi  makanan dalam tubuh menjadi terganggu. Mengunyah makanan dalam kondisi tak tenang atau stres  akan membuat enzim-enzim pencernaan tidak bisa bekerja baik. Jadi, manfaatkan waktu makan siang anda sebaik mungkin :)


Foto-foto di atas adalah menu makan siang dari beberapa resto dan cafe di Makassar. 
Kalo di Eropa seperti ini menu lunch nya dengan set lengkap : 

Frankfurt, Germany : Vegetable Salad (appetizer) Cream Cheese Salmon with Rice & Spinach (main course) Layer Apple Pie (dessert)

Volendam, Netherland : Bread Soup (appetizer), Fried Herring Fish, Potato & Salad (main course) Vanilla Ice Cream with Strawberry Sauce (dessert)

Luxembourg : Shrimp Soup (appetizer) Turkey Leg with French Fries (main course) Chocolate Mousse (dessert)

Selamat makan siang manteman!



*sumber :
http://www.rsi.co.id/artikel/artikel-umum/content/414-jangan-lewatkan-makan-siang
http://gayahidup99.blogspot.com/2013/10/mengapa-makan-siang-sangat-penting.html
Posting Komentar