Rabu, November 18, 2015

15 Tahun MaRI

MaRI Colorful Anniversary *pic courtesy Mila Suaib

Tanggal 18 November 2015 Mal Ratu Indah menginjak usia ke-15. Sebagai mal yang pertama berdiri di Makassar, kehadiran Mal Ratu Indah (MaRI) selama 15 tahun adalah kurun waktu yang cukup panjang untuk eksistensi sebuah mal atau pusat perbelanjaan. Tidak dapat dipungkiri, sebagian warga Makassar mengenal yang namanya mal yaa dari MaRI ini. Setiap orang, khususnya warga Makassar tentunya punya kenangan tersendiri di MaRI. Termasuk juga saya...

Mal yang diresmikan di tahun 1999 ini dikelola oleh manajemen PT. Kalla Inti Karsa. Salah satu anak perusahaan Kalla Group, sebuah holding company yang besar di Makassar milik Wapres RI, Bp.Jusuf Kalla. MaRI sudah mengalami peremajaan dari segi interior dan eksterior. Dari yang pada awalnya berkonsep mediteranian dengan kubah dan dominasi warna tosca, kini MaRI tampil lebih mewah, elegan dan minimalis dengan dominasi warna hitam dan putih. Pusat perbelanjaan dengan konsep family mall ini terdiri dari 4 lantai dengan jumlah tenant kurang lebih 200 mulai dari lokal, nasional hingga internasional. 

Sebagai orang yang pernah terlibat langsung dalam pengelolaan MaRI, saya tentunya sangat bangga.
Bergabung di bulan Maret 2002 hingga resign di bulan November 2009, diawali dengan menangani tenant atau penyewa dengan jabatan Tenant Relation Officer lalu tampil di depan publik sebagai Public Relations Executive merupakan tantangan dalam dunia karier saya, apalagi waktu itu MaRI merupakan satu-satunya mal di Makassar.

Saking lamanya saya bekerja di MaRI, saya baru tau dari beberapa orang kalo dulu tuh saya disebut Ery MaRI hahhaa.. :))
7 tahun sebagai karyawan, hubungan dengan rekan sekerja sudah sangat dekat, bahkan beberapa orang menjadi sahabat yang sudah seperti saudara buat saya. Hubungan seperti ini bukan saya saja yang rasakan, tapi hampir semua karyawan. Karena memang suasana kerja yang tercipta dalam lingkup Kalla Group, khususnya PT. Kalla Inti Karsa, sangat kekeluargaan namun tetap dalam koridor profesional. Gak heran kalo sebagian besar karyawan bisa bertahan lama bekerja di perusahaan itu.

Banyak pengalaman yang saya dapat sebagai karyawan. Yang paling berkesan adalah sewaktu Bpk.JK, yang saat itu sedang kampanye atas pencalonannya sebagai Calon Presiden RI di tahun 2009 berkunjung ke MaRI, dan beliau kami sajikan makan siang di Black Canyon Coffee. Saya sebagai PR bertugas mendampingi Ibu Mufidah JK, istri Bpk.JK. Senangnya saya bisa duduk semeja dengan pasutri yang menjadi panutan kami itu. Kami hanya berempat, Bpk.JK, Ibu Mufidah, Bpk.Richard Abraham (ketika itu Deputy GM) dan saya selaku PR. Tapi sayang banget...moment itu gak diabadikan lewat foto :( 

Lewat tulisan ini saya pengen bernostalgia dengan postingan sebagian foto-foto saat masih berstatus karyawan di MaRI. Yukkk..flashback ;)

Bersama Bpk.JK 

Bersama petinggi2 MaRI

Tenant Gathering 2009

Acara 17 Agustusan

Selalu bertugas sebagai MC, baik acara intern ataupun upacara

Mengisi acara Kocok-Kocok SCTV

Outbound di Bantimurung


Perayaan ulang tahun MaRI ke-9

Bareng staffku, para Customer Relation


Salah satu iklan yang saya buat semasa jadi PR

Selfie di depan bedug besar dekor Ramadhan

Gak hanya ngeMC, kadang juga saya nyanyi di acara2 MaRI :D

Salah satu foto yang dimuat di Harian Fajar dalam artikel PR Mal Di Makassar

Walopun sudah berstatus mantan karyawan, sampai sekarang saya masih sering berkunjung ke MaRI. Bukan hanya sebagai customer yang shopping di mal, tapi juga untuk sekedar bersilaturahim dengan teman-teman sesama karyawan. Tidak hanya ketemu di MaRI, juga di luar MaRI dalam berbagai acara.

Reunian di kondangan. Ki-ka : Ery, Tuthenk, Ibu Faki, Ina, Mila & Yanti

Lunch bareng Ola & Ina

Event MaRI Piknik

Dekor wall mural 3D di MaRI

Karena lamanya masa kerja saya di MaRI dan banyaknya ilmu serta pengalaman yang saya peroleh di sana, bahkan gak lebya kalo dibilang saya sekarang adalah akumulasi dari masa lalu saya, terutama di MaRI. Makanya MaRI selalu dekat di hatiku :)
Semoga MaRI selalu jaya di usianya yang ke-15 ini dan untuk seterusnya. Selalu jadi yang terdepan dan terus berinovasi sebagai pusat perbelanjaan yang ramah pengunjung. Dirgahayu MaRI!!! :*




Posting Komentar