Senin, September 14, 2015

Breakfast

Semangat Senin!
Pagi-pagi gini udah pada sarapan alias breakfast belum? Sarapan itu penting lho sebagai penunjang aktivitas keseharian.

Sarapannya Baby F 👶


Menurut Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, sarapan sehat belum sepenuhnya terpenuhi di Indonesia. Dia menyatakan, 7 dari 10 orang di Indonesia tidak tahu dan tidak terpenuhi sarapan sehat setiap harinya. 
Sarapan yang sehat harus mencukupi empat hal :

1. Jenisnya, terutama untuk makanan dan minuman. Harus yang rendah lemak dan tinggi protein.
2. Tercukupinya kebutuhan gizi paling tidak seperempat atau sekitar 15—30% dari kebutuhan harian. 3. Makanan harus aman dan terbebas dari berbagai pencemaran. 
4. Waktu. Waktu sarapan yang baik itu adalah sebelum kita belajar, sebelum kita bekerja dan sebelum jam 9. Kalau jam 10an itu bisa dikatakan snack, bukan lagi sarapan.
Nah lho!

Sedangkan untuk fungsi dan manfaat sarapan sebagai berikut :

1. Sumber energi.
Sarapan di pagi hari juga dapat membantu anda dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari. 
2. Mengontrol berat badan.
Kok bisa ? hal ini dikarenakan dengan mengisi perut di pagi hari maka ia dapat menekan nafsu makan anda di siang hari. Selain itu anda tidak makan “over” pada saat siang hari yang dapat merugikan dalam pola diet dan berat badan.
3. Mengembalikan metabolisme tubuh.
Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas namun jika, sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag.
4. Meningkatkan konsentrasi otak.
Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik.
5. Menjaga mood.
Hasil penelitian mengenai sarapan pagi banyak mengungkapkan bahwa mereka yang telah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan memiliki mood yang berbeda. Orang yang sarapan lebih baik moodnya dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan.
6. Kesehatan jangka panjang.
Manfaat sarapan pagi untuk jangka panjang juga tidak kalah hebatnya, ia merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung tubuh agar sehat sampai tua.
7. Baik untuk anak-anak
Sarapan pagi adalah awal persiapan otak anak untuk menerima pelajaran di sekolah, dengan sarapan pagi otak menjadi lebih fokus sehingga daya tangkap menjadi lebih optimal.

Dan berikut adalah jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan pagi :
  • Susu
  • Telur
  • Roti
  • Sayuran
  • Sedikit nasi

Kalo saya sih sukanya sarapan yang praktis kayak gini....😉


Breakfast on the bed

Sarapan susu, roti & cookies

Secangkir teh & kue soes

Susu coklat & Oreo cake

Ready to go dengan asupan Cappucino & roti bakar

Sarapan dengan kopi & jajanan pasar


*sumber :

Untuk melihat foto-foto cantik lainnya follow @e_maronie di Instagram









Posting Komentar