Senin, Juni 29, 2015

Wayang Kardus di Handycraft Holiday Class For Kids @ TSM sesi ke-3

Wayang adalah pertunjukan seni asli Indonesia dan sudah diakui oleh UNESCO sebagai  warisan mahakarya dunia dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).
Wayang berkembang di daerah Jawa dan Bali, juga di sebagian wilah Sumatera. 

Di acara Handycraft Holiday Class For Kids yang diadakan Trans Studio Mall bekerjasama dengan EMaronie Organizer kemarin, Minggu - 28 Juni 2015, materi yang diajarkan adalah membuat wayang dari kardus bekas. Masih tetap dengan materi recycle, yaitu mengolah kembali barang bekas yang ada di rumah, dalam hal ini kardus yang lebih tebal, seperti kardus sepatu/air mineral/mie instant.

Kak Eka mengajar cara membuat Wayang


Sebanyak 10 orang peserta serius mengikuti langkah-langkah pembuatannya. Mulai dari membuat sketsa di kardus, lalu menggunting, kemudian melubangi kardus untuk dipasangkan paku buku guna menyatukan badan dengan kaki/tangan. Setelah itu, proses mewarnai. Wayangnya dicat sesuai warna kesukaan anak. Ada juga yang tidak mewarnai wayangnya sama sekali, biar keliatan natural katanya, hihiii...😁 
Bentuk wayang setiap anak beda-beda karena mereka membuat sesuai karakter yang mereka mau. Seperti Nadhif yang membuat bentuk robot, Sasi bikin Minion, dan Fadhil yang bikin monster pohon.

Begini nih prosesnya :

Lagi pada serius nih...

Azriel & Sasi dengan Spongebob & Minionnya

Falisha mewarnai wayangnya

Dan ini dia hasilnya :

Vincent

Nadhif

Fadhil

Terlihat sekali anak-anak senang berkreasi. Orang tua pun bangga dengan hasil karya anaknya.
Apalagi ada hadiah 2 lembar voucher senilai @ Rp.50.000 dari Trans Studio Mall yang berhasil dimenangkan oleh Kiyya untuk wayangnya yang paling duluan selesai dan Vincent sebagai peserta yang paling pertama datang dan untuk wayangnya yang paling detail.

The Wayangs

EO, pengajar, peserta & wayangnya masing-masing


Untuk minggu depan, sebagai sesi terakhir dari Handycraft Holiday Class for Kids ini, masih tetap memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah, kita akan belajar membuat Snow Jar dari botol selai bekas. 

Mami Ery menjelaskan tentang workshop sesi terakhi

Sampai ketemu yaaa minggu depan di TSM!













Posting Komentar