Selasa, Agustus 19, 2014

Be Your Self!

Setiap orang pasti punya sosok yang dikaguminya.
Siapa saja... Entah itu dari lingkungan terdekatnya (keluarga, teman, pimpinan) ataupun orang yang tidak dikenalnya secara pribadi (public figure).

Hal ini wajar saja...
Sebab dengan mempunyai sosok yang dikagumi, akan memotivasi diri kita untuk berbuat lebih baik, seperti yang dilakukan oleh panutan kita tersebut.
Untuk itu sangat penting mengidolakan seseorang yang punya nilai lebih dengan segala hal yang positif yang dimilikinya atau yang telah dilakukannya.

Namun mengidolakan seseorang bukan berarti mengikutinya mentah-mentah.
Ini yang banyak terjadi... =D
Seseorang begitu mengagumi orang lain, mengikuti segala tingkah lakunya, gayanya, penampilannya hingga terkesan seperti "copy paste", walaupun itu terlihat "maksa".

Heyyy...jadilah dirimu sendiri!
Jangan sekedar jadi follower. Jadilah trend setter, jadi orang yang juga bisa memotivasi orang lain, atau jika tidak bisa, paling tidak jangan sekedar jadi foto copy idolamu.
Buatlah sesuatu sesuai diri kamu, gaya kamu, yang patron dasarnya bolehlah dari idola kamu itu tapi tidak menirunya secara mentah. 
Kasian kamunya lho...jika selalu hanya akan dianggap sebagai pengikut, cermin, tidak bisa berbuat apa-apa tanpa idola kamu itu.

Saya pun sebenarnya punya beberapa sosok idola yang saya kagumi. Tidak hanya 1 orang tapi banyak, karena banyak hal yang bisa membuat saya mengagumi seseorang. Mulai dari prestasinya, pencapaiannya, gayanya, kecantikannya, hingga kesederhanaanya. 
Tapi yang paling saya kagumi sih adalah orang-orang yang bisa hijrah alias move on alias berpindah atau berubah dari yang sebelumnya berprilaku negatif menjadi orang yang positif, taat beribadah dan selalu berusaha untuk memotivasi orang lain.
Namun hal ini tidak lantas membuat saya larut mengikutinya apalagi mengkultuskannya, karena saya yakin tidak ada orang yang sempurna, setiap orang pasti tetap saja ada salahnya.
Saya tetap menjadi diri saya sendiri, melakukan segala sesuatunya sesuai dengan kata hati saya dan berpenampilan tetap dengan gaya saya.




Buat yang masih suka ikut-ikutan, nih dia beberapa tips menjadi diri sendiri :

1. Kenali diri sendiri.
Dengan mengenali diri sendiri, sifat kita, kita akan lebih mudah dalam menentukan sikap jika menghadapi sesuatu. Seunik apapun diri kita menurut orang lain, itulah kelebihan kita dibandingkan yang lain.

2. Bangga pada diri sendiri.
Jangan pernah bangga karena mengidolakan seseorang atau karena kamu menjadi pengikut sesuatu. Tapi banggalah pada dirimu sendiri, atas segala yang telah kamu lakukan sesuai caramu sendiri, apalagi jika itu adalah pencapaian kesuksesan.

3. Punya prinsip.
Prinsip hidup pribadi itu penting. Kamu yang tentukan sendiri arah hidupmu, cara pandangmu terhadap sesuatu dan pencapaian apa yang akan kamu raih.
Prinsip hidupmu tidak ditentukan oleh idola kamu ataupun komunitas kamu.

4. Selalu percaya diri.
Rasa percaya diri merupakan nilai tambah buat orang-orang yang memilikinya. Rasa ini akan membangkitkan semangat hidup sehingga semua orang akan melihat kita mempunyai kelebihan dibandingkan orang lain.

So, be your self in your own ways :)






Posting Komentar